Comscore Tracker

5 Fakta Tristan Da Cunha, Tempat Paling Terpencil di Dunia

Berminat berkunjung kemari?

Dunia selalu menyimpan berjuta-juta misteri di dalamnya. Entah dari aspek sejarah atau tempat-tempat misterius. Contohnya saja tentang pulau-pulau terpencil yang jauh dari perkotaan dan tidak tersentuh era modernisasi.

Pulau-pulau terpencil itu ada yang masih berpenghuni ada pula yang tidak. Salah satunya adalah pulau bernama Tristan da Cunha. Pulau yang satu ini merupakan tempat paling terpencil di dunia yang masih dihuni manusia.

Berikut, beberapa fakta menarik tentang pulau kecil ini yang harus kamu ketahui

1. Pulau berpenghuni paling terpencil di dunia

5 Fakta Tristan Da Cunha, Tempat Paling Terpencil di DuniaInstagram.com/Roscosmosofficial

Di tengah bentangan lautan yang luas, siapa yang menyangka ada kehidupan di sebuah pulau kecil seperti Tristan da Cunha. Letak pulau ini sekitar 2.300 km dari Afrika Selatan dan 3.300 km dari Amerika Selatan. Sebuah jarak yang tidak bisa dikatakan dekat. Bahkan dengan pulau terdekat, Saint Helena pun jaraknya mencapai 2.400 km.

Bagi para pelancong, bukanlah hal yang mudah untuk berkunjung ke pulau ini. Untuk bisa menikmati panorama dan melihat langsung kehidupan di sana butuh waktu yang sangat lama. 

2. Nama 'Tristan da Cunha' diambil dari nama penjelajah dari Portugis

5 Fakta Tristan Da Cunha, Tempat Paling Terpencil di DuniaInstagram.com/triplegend

Nama 'Tristan da cunha' diambil dari nama penemu pulau itu sendiri, yaitu Tristao da Cunha. Menurut cerita, dia merupakan salah seorang penjelajah dari Portugis yang melakukan pelayaran di tengah ombak dan bagai ganas sehingga memaksanya untuk singgah di sebuah pulau dan lantas menyematkan namanya di pulau tersebut.

Ratusan tahun setelah itu, orang-orang mulai menghuni pulau kecil tersebut. Memanfaatkan kekayaan laut, kehidupan di pulau tersebut pun dimulai.

3. Hanya bisa dikunjungi lewat jalur laut

5 Fakta Tristan Da Cunha, Tempat Paling Terpencil di DuniaInstagram.com/Natgeopristeneseas

Saking terpencilnya, Tristan da Cunha tidak memiliki bandara atau akses jalan lainnya. Untuk mengunjungi pulau ini hanya bisa dilakukan melalui jalur laut. Itupun hanya satu kali dalam setahun.

Menempuh perjalanan ribuan kilometer tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Terkadang kapal-kapal nelayan bahkan tidak bisa sampai ke pulau ini.

Baca Juga: 7 Fakta Poin Nemo, Titik yang Paling Jauh dari Semua Daratan di Bumi

4. Hanya dihuni oleh 200-an warga

5 Fakta Tristan Da Cunha, Tempat Paling Terpencil di DuniaInstagram.com/tvahaber

Bukan sesuatu yang mengherankan apabila Tristan da Cunha hanya dihuni oleh ratusan orang. Jika berkunjung ke pulau ini, kamu mungkin hanya akan bertemu dengan orang yang itu-itu saja.

Bahkan kabarnya, karena populasi penduduk yang sedikit, tak jarang terjadi pernikahan sesama saudara sehingga menimbulkan penyakit genetik.

5. Masih tersedia toko-toko untuk memenuhi kebutuhan

5 Fakta Tristan Da Cunha, Tempat Paling Terpencil di DuniaInstagram.com/Loursjackyribault

Walau terpencil, Tristan da Cunha sedikit lebih modern. Di sana, masih tersedia toko-toko kecil, sekolah, satu buah supermarket, dan satu dokter untuk menunjang kehidupan.

Tristan da Cunha juga punya ciri khas sendiri dengan makanan lautnya. Di sana tidak ada buah-buahan atau juga sayuran. Sehingga penduduk setempat benar-benar menggantungkan hidupnya pada lautan.

Itulah beberapa fakta tentang Tristan da Cunha, pulau paling terpencil di dunia yang masih dihuni. Sebagai manusia, sudah selayaknya kita menjaga kelestarian alam sekitar, ya! 

Baca Juga: 7 Fakta Poin Nemo, Titik yang Paling Jauh dari Semua Daratan di Bumi

Deidara Oneechan Photo Verified Writer Deidara Oneechan

Pelajar, penulis amatir, dan novelis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya