Comscore Tracker

7 Destinasi Wisata di Budapest, Kota Paling Bersejarah di Hungaria

Banyak bangunan kuno yang menakjubkan

Budapest merupakan ibu kota Hungaria yang juga menjadi kota paling bersejarah di Hongaria. Budapest memiliki luas sekitar 525 km² dan menjadikannya sebagai kota terbesar di Hungaria.

Budapest sendiri merupakan salah satu kota di Eropa yang terdaftar dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Terdapat beragam tempat-tempat bersejarah yang menjadikan Budapest memiliki daya tarik tersendiri.

Sebenarnya kota ini terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Buda dan Pest. Kota ini terbagi menjadi dua karena dipisahkan oleh Sungai Danube. Wilayah Buda berada di sebelah barat Sungai Danube, sedangkan wilayah Pest berada disebelah timur Sungai Danube. Inilah tujuh destinasi wisata di Budapest, Hungaria.

1. Fisherman's bastion

7 Destinasi Wisata di Budapest, Kota Paling Bersejarah di HungariaFisherman's Bastion (instagram.com/vacansoleil_nl)

Fisherman's Bastion merupakan benteng yang dibangun pada tahun 1895 sampai 1902, yang diarsiteki oleh Frigyes Schulek. Terdapat tujuh menara yang menggambarkan suku yang mendirikan negara Hongaria pada tahun 895.

Benteng ini berfungsi sebagai menara pengintai untuk melihat pemandangan Kota Budapest dari ketinggian. Pemandangan yang disuguhkan adalah Sungai Danube, Pulau Mergaret dan bangunan-bangunan klasik di Kota Budapest.

2. Buda castle

7 Destinasi Wisata di Budapest, Kota Paling Bersejarah di HungariaBuda Castle (instagram.com/peterseljan)

Buda Castel merupakan kompleks istana bersejarah bagi raja-raja Hungaria yang dibangun pada abad ke-13. Istana ini menjadi kediaman pertama bagi para raja Hungaria, dan raja pertama yang mendiami istana ini adalah raja Bela IV.

Istana ini dibangun untuk melindungi Hongaria dari bangsa Mongol dan Tartar. Sejak abad ke-13 berdiri, istana ini pernah mengalami beberapa kerusakan mulai dari Dinasti Ottoman sampai kerusakan paling parah yaitu pada Perang Dunia II.

3. Hősök tere

7 Destinasi Wisata di Budapest, Kota Paling Bersejarah di HungariaHősök Tere (instagram.com/mondomaucio)

Hősök Tere atau lebih dikenal dengan sebutan alun-alun pahlawan merupakan alun-alun utama di Budapest yang dibangun pada tahun 1896. Alun-alun ini dibangun dengan tujuan untuk memperingati 1.000 tahun berdirinya negara Hungaria.

Terdapat monumen utama dan beberapa patung para raja dan pahlawan negara Hungaria. Monumen utama memiliki tinggi sekitar 36 m dan diatasnya terdapat patung yang memegang mahkota.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Harus Mengunjungi Hungaria Sekali Seumur Hidup

4. Budapest city park

7 Destinasi Wisata di Budapest, Kota Paling Bersejarah di HungariaBudapest City Park (instagram.com/liget_budapest)

Budapest City Park terletak di pusat kota Budapest, tepatnya berada di sebelah kiri alun-alun pahlawan. Taman ini merupakan taman kota pertama di Hungaria dengan total luas 300 hektare.

Taman kota Budapest memiliki beberapa tempat yang unik diantaranya, pemandian Széchenyi, kebun binatang Budapest, taman hiburan serta Kastil Vajdahunyad yang bersejarah. Taman ini mempunyai danau yang memiliki fasilitas penyewaan perahu dayung.

5. Széchenyi chain bridge

7 Destinasi Wisata di Budapest, Kota Paling Bersejarah di HungariaSzéchenyi Chain Bridge (instagram.com/cheapflights)

Szénchenyi Chain Bridge merupakan jembatan rantai yang menyeberangi Sungai Danube. Jembatan ini menghubungkan antara wilayah bagian barat dan timur kota Budapest. Jembatan ini dibangun pada tahun 1839 dan diresmikan pada tahun 1840.

Pencetus gagasan jembatan ini adalah Istvan Széchenyi yang dirancang oleh William Tierny Clark dan dibangun oleh Adam Clark. Jembatan ini merupakan jembatan paling bersejarah di Budapest. Terdapat empat patung singa yang berada di sisi kiri dan kanan jembatan.

6. Central market hall

7 Destinasi Wisata di Budapest, Kota Paling Bersejarah di HungariaCentral Market Hall (instagram.com/chriscenaikotravels)

Central Market Hall merupakan pasar dalam ruangan terbesar dan tertua di Budapest. Pasar ini dibangun pada tahun 1897. Ide untuk membangun pasar ini muncul dari wali kota pertama Budapest, yaitu Károly Kamermayer.

Pasar ini menjadi tempat perbelanjaan utama bagi para wisatawan baik lokal maupun asing, karena memiliki daya tarik tersendiri. Selain bersih pasar ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti ATM, toilet, hingga wifi.

Pasar ini memiliki tiga lantai, di lantai satu terdapat banyak pedagang buah dan sayur, dilantai dua, didominasi oleh pedagang suvenir, dan dilantai tiga terdapat banyak penjual makanan ringan. Pasar ini buka pada hari senin sampai sabtu.

7. Citadella

7 Destinasi Wisata di Budapest, Kota Paling Bersejarah di HungariaCitadella (instagram.com/globetottlers)

Citadella merupakan benteng yang terletak di atas Bukit Gallért yang menghadap ke Sungai Danube. Benteng ini dibangun pada tahun 1854 oleh Habsburg, seorang penguasa dari Austria.

Benteng ini dilengkapi dengan 60 meriam, selain itu terdapat bungker peninggalan Perang Dunia II. Benteng yang berada di kawasan Bukit Gallért ini memiliki bangunan bersejarah lain di sekitarnya, seperti Monumen Liberty, Gereja, dan Monumen Gallért.

Itulah tadi tujuh destinasi wisata di Budapest, Hungaria. Ketujuh tempat tersebut memiliki beragam kisah-kisah unik yang tentunya sangat menarik perhatian. Bisa jadi referensi liburan kamu nih!

Baca Juga: 5 Tempat Pemandian Air Panas Paling Terkenal di Hungaria, Bikin Fresh!

Zaffy Febryan Photo Verified Writer Zaffy Febryan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya