Comscore Tracker

6 Tempat Liburan Paling Menarik di Gorontalo, Nyesel Gak Kesana!

Sekali-kali libur ke Gorontalo

Gorontalo dari dulu menyimpan sejumlah keindahan yang jarang diketahui orang. Tak ayal, pemerintah disini menyebut daerah Gorontalo dengan julukan The Hidden Paradise atau surga yang tersembunyi.

Untunglah beberapa tahun terakhir, Gorontalo mulai naik daun di mata para wisatawan baik lokal maupun luar negeri. Cerita dan pesona yang ditawarkan sejumlah lokasi wisatalah yang berhasil menarik minat mereka untuk berkunjung.

Nah, apakah kamu jadi penasaran dengan Gorontalo? Penasaran dengan alasan kenapa para wisatawan datang berkunjung ke sini? Daripada bingung sendiri, mendingan langsung aja kamu cek 6 tempat wisata yang ada di Gorontalo berikut ini. Dijamin deh kamu jadi pengen segera liburan!

1. Wisata laut Olele.

6 Tempat Liburan Paling Menarik di Gorontalo, Nyesel Gak Kesana!instagram.com/tazaknatasha

Sebagai salah satu lokasi wisata andalan Gorontalo, taman laut Olele benar-benar menyimpan surga bawah laut yang memesona. Disini kamu bisa menyaksikan taman terumbu karang yang masih terjaga serta gerombolan ikan kecil yang menari-nari disekitarnya.

Kamu bahkan tak perlu menyelam ke dasar samudera untuk menikmati semua keindahan itu. Cukup melakukan snorkeling di sekitar bibir pantai, dan kamu sudah bisa menikmati pesona Taman Wisata Laut Olele yang sesungguhnya.

Lokasi wisata Olele terletak di daerah kawasan pesisir Bone yang berdekatan langsung dengan pusat Kota Gorontalo.

2. Teluk Tomini.

6 Tempat Liburan Paling Menarik di Gorontalo, Nyesel Gak Kesana!instagram.com/sumurdiladang

Jika kamu tengah mencari destinasi wisata yang populer di Gorontalo, maka jawabannya tak lain ialah Teluk Tomini. Ini disebabkan karena lokasinya yang berdekatan dengan bandara Djalaluddin Gorontalo. Saking populernya, Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti bahkan pernah lho mengadakan acara nasional di lokasi ini.

Meskipun ramai dikunjungi, kemolekan terumbu karang Teluk Tomini tetaplah terjaga dan memesona mata wisatawan yang berkunjung. Belum lagi pemandangan pasir putih yang dijamin ampuh mengusir stress dari pikiran siapapun yang memandanginya.

Dari pusat kota, kamu bisa mengunjungi Teluk Tomini dengan menyeberangi laut selama 15 sampai 20 menit menggunakan kapal. Dengan begini, kamu juga bisa menyempatkan waktu beberapa menit melihat pemandangan laut Gorontalo.

3. Pulo Cinta.

6 Tempat Liburan Paling Menarik di Gorontalo, Nyesel Gak Kesana!Instagram.com/_shashishu_

Ini dia lokasi wisata Gorontalo yang lagi hits belakangan ini. Karena wujud resortnya, Pulo Cinta seringkali dijuluki Maldives van Gorontalo. Meskipun bukan tempat liburan artis Hollywood, keindahan yang ditawarkan Pulo Cinta tak kalah jauh lho dengan apa yang disuguhkan Maldives. Pulau yang terletak di Teluk Tomini ini terdiri atas 15 cottage yang didesain dengan indah dan menyerupai bentuk love jika kamu lihat dari atas.

Oleh sebab itu, pulau ini dinamakan Pulo Cinta dan sering dijadikan lokasi favorit bulan madu oleh pasangan yang baru nikah. Menurut cerita penduduk disini, lokasi Pulo Cinta dahulunya merupakan tempat pertemuan rahasia antara pangeran Gorontalo dengan putri saudagar dari Belanda.

Nah bagi kamu yang berencana menghabiskan liburan di sini, disarankan untuk menyiapkan budget yang cukup. Soalnya untuk menginap satu malam saja, harganya bisa mencapai 3 sampai 5 juta lho. Meski tergolong cukup mahal, harga itu sudah pasti worth banget dengan apa yang kamu dapat.

4. Bukit Layang.

6 Tempat Liburan Paling Menarik di Gorontalo, Nyesel Gak Kesana!beautiful-indonesia.umm.ac.id

Terletak di ketinggian, destinasi wisata Bukit Layang sudah tentu menarik untuk dikunjungi. Disini kamu bisa melihat pemandangan pegunungan hijau dan keindahan Kota Gorontalo dari atas bukit.

Bagi kamu yang ingin berkunjung, Bukit Layang Gorontalo terletak di sekitar pusat Kota Gorontalo. Tepatnya di Kecamatan Hulonthalangi.

5. Desa Torosiaje.

6 Tempat Liburan Paling Menarik di Gorontalo, Nyesel Gak Kesana!instagram.com/desatorosiaje

Desa Torosiaje belakangan ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Gorontalo. Desa ini cukup populer dengan rumah yang di bangun di atas laut. Meskipun di dominasi oleh masyarakat suku Bajo, desa Torosiaje juga dihuni oleh suku-suku lain seperti suku Gorontalo, Bugis, Mandar dan Minahasa.

Keunikan inilah yang membuat banyak wisatawan yang memutuskan untuk melihat langsung kehidupan masyarakat di Desa Torosiaje. Untuk sampai ke lokasi desa ini, kamu perlu menghabiskan waktu 7 jam perjalanan menggunakan mobil dari pusat Kota Gorontalo.

6. Desa Adat Bubohu.

6 Tempat Liburan Paling Menarik di Gorontalo, Nyesel Gak Kesana!instagram.com/feliciasiaman

Bosan dengan destinasi wisata yang itu-itu saja? Cobalah berkunjung ke Desa Adat Bubohu yang  menawarkan suasana yang tidak biasa serta khidmat. Di sini kamu akan menemukan sekelompok santri yang tengah mempelajari ilmu agama islam.

Selain itu, di desa adat ini kamu juga bisa belajar tentang asal-usul kerajaan Gorontalo yang pastinya akan menambah khazanah ilmu pengetahuan yang kamu miliki. Desa Bubohu sendiri terletak di Kecamatan Batudaa Pantai yang berjarak sekitar 35 kilometer dari Bandara Djalaludin Gorontalo. Tertarik berkunjung ke sini?

Itu dia sejumlah rekomendasi tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berkunjung di Gorontalo. Walaupun tidak sepopuler pulau dewata dan tidak seindah raja ampat, setidaknya kamu bisa menikmati sejumlah keindahan tersembunyi yang hanya ada di tanah Sulawesi. Plus bisa menjernihkan lagi pikiran yang semrawut.

Zai Z Photo Community Writer Zai Z

Part time blogger & content writer from Gorontalo, Indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

JADWAL SALAT & IMSAK

25
MEI
2019
20 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You