Comscore Tracker

5 Pemandian Alam yang Tak Boleh Dilewatkan saat ke Palopo Sulsel

#IDNTimesTravel Berkunjung ke Palopo, yuk!

Kota Palopo adalah salah satu tujuan wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke Indonesia bagian timur, khususnya wilayah Sulawesi Selatan. Panorama alamnya yang indah mampu memanjakan mata dan pikiran.

Salah satu wisata alam yang dapat kamu jadikan destinasi wisata adalah pemandian alam. Kota Palopo juga menyimpan berbagai destinasi pemandian alam yang seru dan sejuk. Berikut deretan wisata pemandian alam di Palopo yang bisa menarik untuk dikunjungi.

1. Sungai Batupapan

5 Pemandian Alam yang Tak Boleh Dilewatkan saat ke Palopo SulselBatupapan (direktoripariwisata.id)

Sungai Batupapan adalah salah satu destinasi pemandian alam favorit masyarakat Kota Palopo. Letaknya tak begitu jauh dari pusat kota dan kemudahan akses menjadi salah satu keistimewaannya.

Tepatnya berada di Kelurahan Padang Lambe, sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Palopo. Untuk menuju ke sana, dari pusat kota kamu hanya perlu menempuh waktu 30 menit saja. Fasilitas di wisata ini cukup lengkap, terutama bagi kamu yang kelaparan tak perlu khawatir karena terdapat depot yang menyediakan makanan untuk pengunjung. 

2. Latuppa

5 Pemandian Alam yang Tak Boleh Dilewatkan saat ke Palopo SulselLatuppa (celebes.co)

Letaknya berada di kelurahan Latuppa, Kecamatan Mungkajang, sekitar 9 kilometer dari pusat Kota Palopo. Destinasi ini memiliki keunikan yakni adanya air terjun yang masih bersih serta sejuk! 

Tak jauh dari air terjun, terdapat sungai yang diberi nama Sungai Jodoh. Menurut masyarakat setempat, pemberian nama tersebut berkaitan dengan seseorang di masa lampau yang pernah menemukan jodohnya di tempat tersebut.

Wah, mungkin kamu yang masih jomlo bisa mencoba ke sungai yang satu ini, nih!

3. Bantole

5 Pemandian Alam yang Tak Boleh Dilewatkan saat ke Palopo Sulseldok. pribadi/Zidan Patrio

Tempat yang satu ini terbilang masih asri dan sejuk. Pasalnya, tempat ini jarang dikunjungi oleh wisatawan. Bukan karena tak indah, melainkan karena jaraknya dari pusat kota yang lumayan jauh yakni harus menempuh 32 kilometer dari pusat kota. Tepatnya berada di Desa Tombang dan berbatasan langsung dengan kelurahan Sumarambu.

Panorama alam yang masih alami dan jarang dijamah membuat kamu dijamin betah berlama-lama. Selain bermain air di alam, kamu juga bisa mengunjungi Gua Puang Massawae. Nah, gua ini terkadang dijadikan objek studi wisata bagi pelajar untuk mempelajari sejarah serta geografi. 

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Puncak di Sulawesi Selatan, Gak Hanya Lolai Toraja

4. Wisata Alam Bambalu

5 Pemandian Alam yang Tak Boleh Dilewatkan saat ke Palopo SulselBambalu (itrip.id)

Setiap akhir pekan, masyarakat Kota Palopo berlangganan untuk wisata di tempat ini. Pemandian alam Bambalu terletak di kelurahan Battang Barat, kecamatan Wara Barat, sekitar 19 kilometer dari pusat Kota Palopo.

Berada di sekitar kawasan pegunungan, sumber air dari pegunungan ini berasal dari puluhan air terjun di sekitar. Maka jangan kaget, saat perjalanan menuju wisata alam ini kamu akan disuguhi pemandangan pegunungan yang indah dan masih hijau!

5. Pemandian Alam Bora

5 Pemandian Alam yang Tak Boleh Dilewatkan saat ke Palopo SulselPermandian Bora (brisik.id)

Jika kamu tidak terlalu ingin mengambil jarak jauh dari kota, bisa mampir ke pemandian yang lokasinya hanya 5 kilometer dari pusat kota. Ada pemandian alam Bora yang berada di samping aliran sungai Latuppa, Kecamatan Mungkajang. 

Walaupun berbentuk seperti kolam renang, namun tak mengurangi sensasi seperti berenang di alam, kok. Sebab, pemandangan di sekitarnya masih penuh dengan pepohonan rindang dan udara sejuk. Lokasinya juga berdampingan dengan sungai, kamu bisa mendengar jelas suara gemericik aliran sungai yang menenangkan. 

Menarik, ya, rekomendasi alam kali ini. Sayang jika kamu lewatkan! Jadi, mau berkunjung ke destinasi yang mana dulu, nih?

Baca Juga: 10 Potret Keindahan Malino, Wisata Puncak di Sulawesi Selatan

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

Mempelajari Ilmu Hubungan Internasional

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya