Comscore Tracker

Menyenangkan, Rekomendasi 3 Gunung di Purwakarta untuk Pendaki Pemula

Lelahmu akan terbayar lunas dengan keindahan di puncak

Bagi kalian kaum pecinta alam, tentu pengalaman mendaki gunung selalu jadi jadwal andalanmu saat liburan tiba. Gunung di daerah mana saja yang pernah kamu jelajahi? Rasa lelah menjadi cerita berharga di kala kamu mendaki gunung. Pendaki sejati pasti tidak mengeluh dan menikmati setiap perjalanannya.

Bicara soal naik gunung, tahukah kamu kalau di Kabupaten Purwakarta juga memiliki gunung yang bisa dieksplor para pendaki? Jangan diragukan keindahannya, karena ketika kamu sampai di puncak, kamu pun disambut pemandangan menawan dan udara sejuk. Nah, berikut tiga rekomendasi gunung di sekitar Purwakarta untuk kamu yang hobi mendaki. Ketiganya bisa juga dijelajahi para pendaki pemula, lho.

1. Gunung Haur

Menyenangkan, Rekomendasi 3 Gunung di Purwakarta untuk Pendaki Pemulabackpackerjakarta.com

Satu-satunya gunung yang menawarkan keindahan Waduk Jatiluhur dengan ketinggian 517 mdpl adalah Gunung Haur. Lokasinya berada di Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari, Purwakarta, Jawa Barat. Memang tidak terlalu tinggi, namun treking di sini cukup menguras keringat. Sebab, tantangannya kamu akan melewati bebatuan cukup terjal dan licin, serta semak belukar di sepanjang jalur pendakian.

Untuk tiba di puncak Gunung Haur, kamu memerlukan waktu kurang lebih 1 jam. Gunung Haur hanya memiliki dua puncak yakni Puncak Kirarangge dan puncak utama, Puncak Batu. Puncak utama inilah justru menjadi puncak idola para pendaki sebagai spot berswafoto. Perlu diingat, saat mendaki kedua puncak ini kalian harus berhati-hati. Di sepanjang jalur menuju puncak,  kamu akan menemukan monyet-monyet bergelantungan.

2. Gunung Lembu

Menyenangkan, Rekomendasi 3 Gunung di Purwakarta untuk Pendaki Pemulamaszaladventure.com

Meski memiliki ketinggian 792 mdpl, Gunung Lembu ini bisa jadi rekomendasi para pendaki pemula. Pasalnya, gunung yang berada di Kampung Panunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, trekkingnya cukup ramah. Rute pendakiannya pendek dan banyak tersedia warung makan dari pintu masuk hingga ke puncak Gunung Lembu.

Uniknya Gunung Lembu adalah terdapat dua makam yang kerap kali dikunjungi pada hari-hari tertentu. Pertama, makam Mbah Jongrang Kalipitung jadi tempat keramat yang menyambut di jalur menuju puncak. Setelah itu, makam Raden Suryakencana yang berada di pinggir tebing sebelum mencapai puncak bayangan.

Setelah 3 jam menempuh perjalanan sampai ke puncak gunung, ada sejumlah titik tanah lapang bisa dijadikan tempat berkemah di sekitar puncak. Seru, deh!

3. Gunung Bongkok

Menyenangkan, Rekomendasi 3 Gunung di Purwakarta untuk Pendaki Pemulaexplorewisata.com

Hamparan awan putih dan celah perbukitan adalah pemandangan yang menyambut kedatanganmu ketika telah sampai di puncak. Dengan ketinggian 985 mdpl, tidak perlu khawatir bagi pendaki pemula yang ingin mencoba traveling ke Gunung Bongkok. Bukan lagi hal yang mengherankan, wisatawan dapat menikmati indahnya sunrise. Pasalnya, nama Gunung Bongkok semakin terdengar dan sempat tren di kalangan anak muda sejak penayangan film 5 cm.

Gunung ini memiliki dua puncak yaitu Puncak Datar dan Puncak Batu Tumpuk. Letaknya di Desa Cikandang, Kecamatan Purwakarta, Purwakarta, Jawa Barat. Tak sekadar mendaki saja, melainkan di gunung ini kamu juga bisa melakukan aktivitas kemah bersama kerabat. 

 

Seseorang menuliskan kalimat mutiara berikut sebagai deskripsi menggambarkan pendaki gunung: “Mendaki gunung mengajarkan kita bahwa untuk memulai sesuatu harus membutuhkan keberanian supaya kita tahu bahwa diri ini pernah mencoba dan berhasil mencapai puncak.”

Topic:

  • Ester Ajeng

Just For You