Comscore Tracker

Perhatikan 6 Hal Ini sebelum Datang ke Dieng Culture Festival 2020

Memang masih lama sih, tapi tidak ada salahnya bersiap

Event tahunan Dieng Culture Festival (DCF) biasa diselenggarakan pada bulan Agustus setiap tahunnya. Rangkaian acaranya pun beragam, mulai dari pagelaran jazz atas awan, berbagai pentas seni dan budaya, hingga pemotongan rambut anak gimbal sebagai puncak acara. Hal inilah yang membuat festival tahunan ini selalu menarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Meskipun waktunya masih cukup jauh dari sekarang, tidak ada salahnya kamu perhatikan beberapa hal ini supaya kamu lebih well prepared jika ingin berkunjung ke sana. Berikut 6 hal yang harus kamu perhatikan sebelum berkunjung ke Dieng Culture Festival 2020

1. Meski menjadi acara favorit, tahun ini festival lampion ditiadakan

Perhatikan 6 Hal Ini sebelum Datang ke Dieng Culture Festival 2020twitter.com/festivaldieng

Salah satu yang menjadi daya tarik dari kegiatan Dieng Culture Festival adalah festival pelepasan lampion. Namun kegiatan ini tidak akan diselenggarakan lagi pada rangkaian acara DCF tahun ini. Aktivitas ini sebelumnya memang banyak memunculkan kontroversi, baik dari segi keamanan penerbangan juga isu lingkungan.

Dikutip dari akun twitter resmi penyelenggara DCF @FestivalDieng, pihak panitia penyelenggara DCF memberikan pernyataan sejak 3 Agustus 2019 bahwa pelepasan lampion tersebut menjadi yang terakhir. Hal ini menunjukkan bahwa pada tahun berikutnya yakni tahun ini, kegiatan ini tidak akan dilaksanakan kembali.

2. Pesan penginapan jauh-jauh hari agar tidak kehabisan

Perhatikan 6 Hal Ini sebelum Datang ke Dieng Culture Festival 2020booking.com

Kawasan Dieng memiliki banyak jenis penginapan mulai dari homestay hingga hotel. Rentang harganya juga beragam mulai dari kurang dari Rp 200 ribu hingga hampir menyentuh Rp 1 juta per malamnya. Memesan dari jauh-jauh hari tentu akan memudahkan kamu untuk mendapatkan kamar yang sesuai dengan kantong dan lokasi yang juga strategis.

Memilih lokasi penginapan yang tidak jauh dari tempat penyelenggaraan acara DCF ini juga penting buat kamu untuk menghindari keterlambatan saat sampai di sana.

3. Pantau penjualan tiket, jangan sampai kehabisan

Perhatikan 6 Hal Ini sebelum Datang ke Dieng Culture Festival 2020https://festivaldieng.com/

Tentunya, kamu tidak akan bisa memasuki area DCF tanpa memiliki tiket masuk. Kegiatan ini memiliki banyak peminat bukan hanya dari dalam tetapi juga luar negeri. Untuk mendapatkannya pun perlu tenaga ekstra, karena kamu pasti akan berebut dengan calon pengunjung juga berbagai jasa perjalanan. Oleh karena itu, pantau terus pembukaan penjualan tiketnya melalui situs festivaldieng.com atau melalui akun twitternya @festivaldieng.

Meskipun ada kemungkinan pihak panitia masih menjual tiket on the spot, namun sifatnya tentatif sesuai dengan ketersediaan tiket. Memiliki tiket sebelum tiba di tempat acara tentunya akan membuat kamu lebih tenang.

Baca Juga: Ritual Potong Rambut Gimbal Bocah Dieng, Minta Terasi Hingga Klepon 

4. Bawa baju hangat ya karena di sini udaranya dingin banget

Perhatikan 6 Hal Ini sebelum Datang ke Dieng Culture Festival 2020twitter.com/festivaldieng

Dataran tinggi Dieng terkenal dengan suhunya yang dingin. Pada bulan Agustus tahun lalu, suhunya bahkan mencapai minus 11 derajat.

adan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sering kali menyebutkan Dieng sebagai lokasi dengan suhu terdingin di Indonesia. Untuk itu, jangan sampai kamu justru sakit ketika berwisata ke sini. Jaket atau baju hangat wajib hukumnya untuk di bawa ke sini. Jangan sampai lupa atau ketinggalan ya!

5. Jaga lingkungan, ayo bawa totebag dan tumbler sendiri!

Perhatikan 6 Hal Ini sebelum Datang ke Dieng Culture Festival 2020liburansekolah.com

Menikmati keindahan alam, jangan sampai membuat kamu lupa untuk menjaganya lho. Kamu bisa meminimalisir sampah di area yang masih alami ini dengan membawa barang-barangmu dengan totebag. Selain itu, untuk mengurangi sampah botol air minum, membawa tumbler sendiri juga bisa kamu lakukan. 

6. Ikuti perkembangan informasi acara melalui media sosial resmi penyelenggara

Perhatikan 6 Hal Ini sebelum Datang ke Dieng Culture Festival 2020twitter.com/festivaldieng

Supaya tidak ketinggalan informasi, ikuti dan pantau terus media sosial penyelenggara. Nyalakan notifikasi pada latform baik website, twitter dan Instagram resmi mereka yakni (@)festivaldieng agar kamu tetap ter-update dengan informasi yang diunggah.

Melalui kanal media sosial ini, kamu juga berinteraksi langsung dengan penyelenggara mengenai teknis pelaksanaan acara.

Demikianlah 6 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum datang ke Dieng Culture Festival tahun ini. Persiapan ini penting buat kamu lakukan supaya liburanmu berjalan menyenangkan. Jadi gimana, siap menyusun rencana buat datang ke festival tahunan ini?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Dieng yang Paling Memesona, ke Sini Yuk!

Anna Nurjanah Photo Writer Anna Nurjanah

Pecandu puisi sekaligus traveler musiman.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya