Comscore Tracker

5 Fakta tentang Estonia, Negara yang Merdeka pada 24 Februari

Selamat merayakan Hari Kemerdekaan bagi rakyat Estonia!

Di sebelah utara benua Eropa, terdapat suatu negara yang bernama Estonia. Negara ini mempunyai luas 45.228 kilometer persegi. Estonia sendiri resmi mendapatkan kemerdekaan dari Uni Soviet pada 24 Februari 1918. Berikut 5 fakta mengenai negara Estonia yang harus kamu ketahui. 

1. Estonia mempunyai 2 tanggal kemerdekaan

5 Fakta tentang Estonia, Negara yang Merdeka pada 24 Februariestonianworld.com

Pada 24 Februari 1918, Uni Soviet resmi memberikan kemerdekaan pada Estonia. Setelah Perang Dunia II, banyak sekali gerakan dari masyarakat Estonia untuk tidak terpengaruh lagi dengan Uni Soviet. Hal ini dimanfaatkan ketika terjadi kudeta oleh Partai Komunis garis keras di Moscow.

Pada 20 Agustus 1991, The Soviet 76th Guards Air Assault Division tiba di Tallin yang menjadi ibu kota Estonia. pada hari yang sama, para dewan tertinggi Estonia menyerukan restorasi kemerdekaan. Hari tersebut dikenang dengan Hari Restorasi Kemerdekaan. 

2. Penduduk wanita lebih banyak daripada penduduk laki-laki di Estonia

5 Fakta tentang Estonia, Negara yang Merdeka pada 24 Februarieasterneuropeanwoman.com/John

Ada fakta menarik mengenai demografi di Estonia. Setiap 84 laki-laki di sana, terdapat 100 wanita. Bisa dikatakan perbandingan laki-laki dan perempuan di negara tersebut 21:25. Selain itu, rata-rata perempuan di Estonia mempunyai umur 10 tahun lebih panjang daripada laki-laki. 

3. Masyarakat Estonia menyukai perlombaan wife-carrying

5 Fakta tentang Estonia, Negara yang Merdeka pada 24 Februarinbcnews.com/MarkkuOjala

Pastinya istilah perlombaan wife-carrying sendiri sangat asing bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Perlombaan ini merupakan kontes lari di mana terdapat sepasang laki-laki dan perempuan. Perempuan tersebut digendong oleh laki-laki yang sedang berlari dengan kedua kaki wanita berada di depan laki-laki dan kepala perempuan berada di punggung lak-laki tersebut. 

Masyarakat Estonia gemar untuk mengikuti dan menonton perlombaan ini. Perlombaan ini sendiri sebenarnya berasal dari Finlandia. 

Baca Juga: Estonia dan Ambisinya jadi Negara Digital Pertama di Dunia

4. Estonia merupakan negara pertama yang melakukan voting online

5 Fakta tentang Estonia, Negara yang Merdeka pada 24 Februarikyivpost.com/AFP

Jika di Indonesia pemilihan presiden atau DPR masih menggunakan kertas, masyarakat Estonia sudah menggunakan online voting. Mereka sudah menerapkannya sejak pemilihan parlemen pada tahun 2005. Saat itu, Partai Reformasi berhasil memenangkan pemilu dengan mendapatkan 33 kursi di parlemen. 

5. Estonia merupakan negara terhijau di Eropa

5 Fakta tentang Estonia, Negara yang Merdeka pada 24 Februarivisitestonia.com

Dari seluruh total wilayah Estonia, 52 persen di antaranya berupa hutan. Hal ini menjadikan Estonia sebagai negara terhijau di Eropa. Di hutan-hutan Estonia, banyak sekali hewan-hewan buas seperti serigala yang berkeliaran. 

Nah, itu dia 5 fakta menarik mengenai Estonia. Semoga dapat menambah wawasan kamu ya.

Baca Juga: 6 Fakta Unik Estonia, Negara Serba Inovatif yang Manjakan Traveler

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya