Comscore Tracker

Inilah 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mencoba Wisata Kopi di Indonesia

Tidak hanya lihat kebun kopi saja lho!

Belakangan ini, kopi tengah menjadi tren di Indonesia. Tak hanya orang tua, generasi muda pun mulai suka dengan minuman satu ini. Dan kedai kopi menjadi tempat favorit para remaja pecinta kopi.

Tren ini pun berdampak positif pada bisnis kopi secara keseluruhan. Tak hanya produk minuman saja, kebun kopi pun berubah menjadi tempat wisata incaran para pecinta kopi. Namun tak hanya pecinta kopi saja, para traveler lain pun tertarik dengan wisata kopi ini.

Lantas, apa sih yang membuat wisata ini menarik untuk dikunjungi? Berikut 5 alasannya.

1. Berkemah di tengah kebun kopi

Inilah 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mencoba Wisata Kopi di Indonesiapexels.com/Snapwire

Beberapa wisata kopi menyediakan zona untuk berkemah atau campground di mana, kamu bisa berkemah dengan dikelilingi tanaman kopi dan kegiatan ini dipercaya baik untuk kesehatan mental. Menurut travelguideline.net , berkemah di alam merupakan bentuk meditasi yang baik untuk pikiran.

Aksesnya pun cenderung mudah dan bisa dilalui oleh kendaraan pribadi. Dan pengelola wisata biasanya menyewakan tenda dan kayu bakar untuk api unggun. Karena itu, wisata kopi ini bisa jadi alternatif tepat untuk pecinta alam yang tak mau repot.

Perkemahan di wisata kopi Malabar Mountain bisa jadi pilihanmu untuk berkemah. Wisata kopi ini terletak di daerah Pengalengan, Jawa Barat. Selain kebun kopi yang luas, kamu bisa melihat danau indah yang berada tepat di depan campground-nya.

2. Menikmati panorama pegunungan di atas 1000 mdpl

Inilah 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mencoba Wisata Kopi di Indonesiapexels.com/Krivec Ales

Wisata kopi biasanya terdapat di pegunungan. Untuk kopi jenis arabica, perkebunannya berada diatas 1000 mdpl. Sehingga, wisata ini menjadi destinasi yang tepat untuk menghilangkan penat. Berdasarkan artikel dari theguardian.com , menikmati pemandangan alam dapat meningkatkan kesehatan secara signifikan.

Di wisata kopi ini, kamu bisa memanjakan mata dengan panorama pegunungan yang indah. Selain itu, udara dingin yang sejuk membuatmu ingin berlama-lama di sana.

Salah satunya wisata kopi di Dayan Gunung, Lombok. Lokasi perkebunannya sejalan dengan jalur pendakian Gunung Rinjani sehingga banyak pendaki yang mampir sekedar menikmati kopi sembari menikmati pemandangan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Baca Juga: 5 Alasan Ilmiah Mengapa Minum Kopi Bisa Bikin Kamu Panjang Umur

3. Tak hanya perkebunan kopi, tapi ada lokasi bersejarah dan museum

Inilah 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mencoba Wisata Kopi di Indonesiapexels.com/icon0.com

Di wisata kopi De Karanganjar Koffiepantage, kamu tak hanya dapat melihat kebun kopi. Di lahan sekitar 300 hektar yang terletak di Blitar, Jawa Timur, terdapat juga kebun cengkeh, durian dan ketela. Untuk menelusuri perkebunannya yang luas, pengelola menyediakan kendaraan ATV bagi pengunjung.

Terdapat juga pabrik kopi peninggalan Belanda yang terdapat di area wisata kopi ini. Bangunan tua ini menjadi saksi nyata bahwa tanah disana sangat bagus untuk menanam kopi.

Selain itu, ada beberapa museum yang dapat kamu kunjungi juga. Salah satunya Museum Pusaka yang menyimpan benda pusaka berupa keris.

4. Sensasi ngopi di tengah kebunnya

Inilah 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mencoba Wisata Kopi di Indonesiapexels.com/Bianca Gonçalves

Selain melihat langsung pohon kopi, kamu pun dapat mencicipi kopi dari kebun tersebut.  Sembari menikmati kopi, kamu bisa berbincang langsung dengan para petani di sana yang membuat suasana tambah hangat. Bagi kamu pencinta kopi, sensasi ngopi seperti ini pastinya akan menjadi pengalaman berkesan.

Beberapa wisata kopi juga punya kedai yang menyediakan kopi hasil perkebunannya, Malabar Mountain di Pengalengan, Jawa Barat salah satunya. Lokasinya masih berada di area wisata kopi, jadi kamu masih bisa melihat perkebunan kopi.

Selain itu, kamu bisa mencicipi kopi yang membawa nama jawa ke ranah internasional, yakni Java Preanger.

5. Belanja kopi langsung dari perkebunannya

Inilah 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mencoba Wisata Kopi di Indonesiapexels.com/ Livier Garcia

Pastinya, buah tangan menjadi hal yang ditunggu oleh temanmu kan? Di wisata kopi ini, tersedia berbagai kopi, mulai dari greenbeans, roasted beans, sampai dengan bubuk kopi yang siap seduh untuk kamu bawa pulang.

Bagi kamu yang sedang berkunjung ke daerah Gayo, Aceh, kopi gayo menjadi buah tangan yang tepat. Apalagi, kopi Gayo sangat populer di dunia perkopian. Masyarakat Gayo sendiri menggantungkan hidup dari perkebunan kopi.

Nah, itulah 5 alasan mengapa kamu harus mencoba wisata kopi. Tertarik mencobanya? Booking tiket pesawat dan hotelmu sekarang dengan promo Agoda untuk berwisata kopi di Indonesia dengan harga hemat.

Baca Juga: 5 Fakta Kopi Es Tak Kie, Kedai Kopi Berusia Hampir Satu Abad!

audi marchal Photo Writer audi marchal

Seorang pengikut Kultur Pop. Menulis segala hal tentang itu dan penonton film kelas kakap. Dulu, pernah jadi rock star di luar pulau Jawa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya