Comscore Tracker

View Kece Gunung Batur, Ini 6 Rekomendasi Tempat Camping di Kintamani

Jangan main ke pantai melulu saat ke Bali

Siapa bilang Bali cuma terkenal berkat keindahan pantainya? Pulau Dewata pun punya sajian panorama Gunung Batur yang elok dan telah menjadi spot wajib kunjung bagi mereka yang mengaku sebagai pencinta alam sejati sekaligus tukang hiking.

Nah ngomong-ngomong soal mendaki, aktivitas yang menjadi satu paket adalah berkemah. Kalau kamu juga suka camping, Kintamani menjadi spot yang pas untuk menyaksikan panorama Gunung Batur.

Ini dia rekomendasi tempat camping di Kintamani.

1. N'jung Bali Camp

View Kece Gunung Batur, Ini 6 Rekomendasi Tempat Camping di Kintamaniinstagram.com/najib_.05

Kalau kamu menuliskan kata kunci 'camping di Kintamani', maka nama N'jung Bali Camp langsung muncul di halaman pertama Google. Ya, berlokasi di Desa Songan A, N'jung Bali Camp adalah salah tempat di Kintamani yang populer sebagai spot berkemah.

Setidaknya, ada lahan seluas kurang lebih 2.500 hektar yang dapat dimanfaatkan untuk camping. Kamu gak perlu susah-susah membawa perlengkapan camping karena pengelola sudah menyediakan penyewaan seperti tenda dan alat-alat lainnya.

Sedikit berbeda dengan lokasi kemah pada umumnya, untuk mereka yang ingin camping di N'jung Bali Camp, ternyata sudah bisa memesan tempat via beberapa online travel agent. Tarifnya berkisar Rp250 ribuan sampai Rp325 ribuan per malam.

2. Pinggan Sunrise Camping

View Kece Gunung Batur, Ini 6 Rekomendasi Tempat Camping di Kintamaniinstagram.com/pinggan_sunrise_camping

Tempat camping populer lainnya yang berada di kawasan Kintamani adalah Pinggan Sunrise Camping. Seperti namanya, kamu bisa menemukannya di Jalan Raya Pinggan, Kintamani, Bali. Jarak lokasi camping dari Gunung Batur sekitar 3,5 km.

Sensasi utama yang ditawarkan tempat ini adalah pemandangan matahari terbit. Pendakian ke atas bukit yang memang butuh perjuangan dan mungkin melelahkan, akan langsung terbayar tunai ketika sampai di lokasi.

Baru booming sekitar tahun 2015 lalu, Pinggan Sunrise Camping menjadi spot yang wajib didatangi kalau kebetulan kamu sedang liburan ke Kintamani. Seperti N'jung Bali Camp, kalau ingin berkemah, kamu sudah bisa memesan via beberapa situs booking online.

3. Bali Sunrise Camp

View Kece Gunung Batur, Ini 6 Rekomendasi Tempat Camping di Kintamaniinstagram.com/herrywisnawan_

Kembali lagi ke Desa Songan, alternatif tempat berkemah lainnya yang ada di Kintamani adalah Bali Sunrise Camp. Kamu bisa menemukan tempat ini di Jalan Raya Caldera Batur, Desa Songan, Kintamani, sekitar 2 jam berkendara dari Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Menurut situs resminya, pelancong dijamin akan dibuat terkagum-kagum dengan view pegunungan, bukit, alam, serta samudra biru di kejauhan. Selain itu, traveler juga bisa mendapatkan pengalaman seru lainnya ketika bersosialisasi dengan warga setempat.

Kalau kamu berminat camping di tempat ini, ada banyak paket yang ditawarkan. Kamu bisa memilih Camping & Village Trekking, Camping & Mountain Batur Sunrise Trekking Short Trip, dan lainnya dengan harga rata-rata 50 dolar AS per orang.

Baca Juga: 9 Spot Camping Paling Indah di Dunia yang Bikin Enggan Pulang 

4. Kayupadi Camping Ground

View Kece Gunung Batur, Ini 6 Rekomendasi Tempat Camping di Kintamaniinstagram.com/kayupadi_camp

Masih di Desa Songan, Kayupadi Camping Ground menjadi alternatif lokasi berkemah lainnya saat kamu ingin mengeksplorasi keindahan Gunung Batur dan Kintamani. Tempat ini sendiri beralamat di Jalan Kayupadi, Desa Songan A.

Kayupadi Camping Ground menjadi tempat yang populer di kalangan pendaki, terutama ketika mereka baru turun dari pendakian Gunung Batur. Sembari melepas lelah, traveler juga dapat menyaksikan pemandangan gunung yang dijamin oke.

Oh ya, untuk bisa berkemah di sini, kamu cukup menganggarkan dana mulai Rp15 ribuan saja, belum termasuk sewa tenda. Sementara, kalau kamu cuma ingin menikmati pemandangan sambil foto-foto, dikenakan tiket masuk Rp10 ribu per orang.

5. Bumi Perkemahan Gunung Batur

View Kece Gunung Batur, Ini 6 Rekomendasi Tempat Camping di Kintamaniinstagram.com/mountbaturcamp

Tempat lainnya yang dapat dijadikan lokasi berkemah bareng teman-teman atau keluarga adalah Bumi Perkemahan Gunung Batur. Lokasinya berada di Gang Pundukan, Jalan Pura Bukit Catu, Desa Songan A, Kintamani, Bangli.

Seperti tempat camping yang disebutkan sebelumnya, Bumi Perkemahan Gunung Batur menyuguhkan panorama Gunung Batur yang gagah plus elok karena lokasinya memang cukup dekat. Gak cuma itu, area ini pun sudah didukung dengan fasilitas yang memadai.

Kalau kamu kebetulan tidak membawa tenda sendiri, gak perlu risau dulu karena pengelola sudah menyediakan penyewaan tenda kemah. Selain itu, ada juga paket trekking ke Gunung Batur yang tentu saja cocok buat mereka yang hobi mendaki.

6. Alengkong Bali Camp

View Kece Gunung Batur, Ini 6 Rekomendasi Tempat Camping di Kintamaniinstagram.com/alengkongbalicamp

Rekomendasi terakhir buat mereka yang ingin kemah di Kintamani, bisa langsung meluncur ke Alengkong Bali Camp. Lokasinya berada di Desa Songan B, Kintamani, Kabupaten Bangli yang masih terletak di kawasan kaldera Gunung Batur.

Sudah banyak review positif mengenai Alengkong Bali Camp. Tempat ini dikatakan menjadi lokasi yang cocok buat kemah bareng teman-teman karena punya view yang sangat menawan seperti sunrise di sisi timur serta kaldera dan Danau Batur di sisi barat.

Dengan biaya sewa yang dikatakan cukup terjangkau, pengunjung sudah mendapatkan fasilitas seperti tenda, bantal, sleeping bag, alat pemanggang, serta toilet. Buat mereka yang ingin merasakan sensasi berada di atas awan, ini menjadi salah satu spot terbaik.

Nah, itu tadi rekomendasi tempat kemah di Kintamani untuk menyaksikan keindahan Gunung Batur dari dekat. Jadi, apakah kamu sudah siap ke Bali dan mengeksplorasi keindahan alamnya?

Baca Juga: 9 Destinasi Wisata Bali yang Sudah Terlalu Ramai, Yakin Mau ke Sini?

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya