Comscore Tracker

Habitat Spesies Langka, 6 Aktivitas ini Bisa Dilakukan di Bukit Lawang

Gak bakal kamu temui di tempat wisata lainnya! #LokalIDN

Bukit Lawang termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, di mana taman nasional ini merupakan habitat bagi berbagai spesies burung, tanaman dan mamalia. Dengan pemandangan hujan tropis dan aneka flora fauna, Bukit Lawang menjadi salah satu kawasan wisata yang perlu kamu kunjungi untuk melihat pemandangan alam yang natural dan mencari aktivitas yang menyenangkan. 

Nah, bagi kamu yang termasuk ke dalam tipe petualang, maka Bukit Lawang menjadi pilihan lokasi yang tepat dan sesuai untuk kamu kunjungi. Hal ini dikarenakan Bukit Lawang menawarkan berbagai aktivitas yang menantang dan menarik. Yuk, lihat apa saja!

1. Jungle Trekking 

Habitat Spesies Langka, 6 Aktivitas ini Bisa Dilakukan di Bukit Lawanginstagram.com/ecolodgebukit

Bila kamu tertarik untuk mengunjungi kawasan wisata ini, maka kamu wajib mencoba jungle trekking atau aktivitas menyusuri hutan. Dengan keadaan tanah yang relatif berbukit dan kondisi tanah yang cenderung berlumpur, aktivitas ini akan menghasilkan memori dan pengalaman yang menyenangkan untuk kamu coba. 

Selain itu, Bukit Lawang memiliki pohon-pohon yang relatif tinggi dan besar sehingga kamu dapat merasakan wisata alam yang natural dan terbentuk secara alami. Nah, bila kamu sedang beruntung, maka kamu juga dapat melihat Bunga Bangkai yang sedang mekar, lho.

2. Melihat 89 spesies langka 

Habitat Spesies Langka, 6 Aktivitas ini Bisa Dilakukan di Bukit Lawanginstagram.com/tngunungleuser

Bukit Lawang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Lengser, dimana kawasan wisata ini merupakan habitat dari beragam satwa dan terdapat 89 spesies langka, seperti Orangutan, Badak Sumatera, Beruang Madu dan berbagai jenis satwa lainnya. 

Nah, hal yang perlu kamu perhatikan ketika menyusuri hutan adalah bahwa kamu diwajibkan untuk menjaga jarak sehingga satwa-satwa yang kamu temui tidak akan membahayakan kamu. 

3. Fun Tubing 

Habitat Spesies Langka, 6 Aktivitas ini Bisa Dilakukan di Bukit Lawanginstagram.com/visitbukitlawang

Ketika kamu telah selesai menyusuri hutan, kamu dapat melakukan aktivitas lainnya yaitu fun tubing, dimana aktivitas yang menggunakan ban ini dapat membuat kamu merasakan dan menyusuri derasnya arus Sungai Bahorok. 

Hal menarik yang dapat kamu rasakan ketika mencoba aktivitas ini adalah bahwa kamu tidak akan mendapat ban pelampung sehingga kamu dapat merasakan terombang-ambing secara bebas menyusuri derasnya arus sungai. Selain aktivitas menyusuri sungai, kamu juga bisa mencoba aktivitas arung jeram, lho. 

Baca Juga: Informasi Liburan ke Bukit Merese Lombok: Rute, Lokasi, dan Tipsnya

4. Mengunjungi Gua Kompret

Habitat Spesies Langka, 6 Aktivitas ini Bisa Dilakukan di Bukit Lawanginstagram.com/visitbukitlawang

Salah satu aktivitas yang dapat kamu lakukan di Bukit Lawang adalah dengan mengunjungi Gua Kompret, dimana kamu dapat melihat kelalawar yang sedang tertidur di langit-langit goa. Untuk mencapai Gua Kompret atau Gua Kelelawar, kamu bisa melanjutkan perjalanan kurang lebih 15 menit dari pintu masuk Bukit Lawang. 

Dengan ornamen stalagmit yang telah terbentuk dalam proses yang panjang, Gua Kompret memiliki spot berfoto yang indah dan menarik untuk dicoba. 

5. EcoFarming Centre 

Habitat Spesies Langka, 6 Aktivitas ini Bisa Dilakukan di Bukit Lawanginstagram.com/ecolodgebukit

Ketika kamu telah selesai mengunjungi kawasan wisata ini, kamu dapat berkunjung ke Ecofarming Centre yang berada di Timbang Lawang, di mana kawasan ini dikhususkan untuk menanam buah organik, tanaman obat dan budidaya kompos alami.

Selain itu, Ecofarming juga menyediakan media belajar bagi petani lokal mengenai tanaman organik, pengendalian hama, dan budidaya ternak. 

6. Restoran Kapal Bambu 

Habitat Spesies Langka, 6 Aktivitas ini Bisa Dilakukan di Bukit Lawanginstagram.com/ecolodgebukit

Dibangun menggunakan hasil daur ulang bambu, restoran ini mampu menarik perhatian wisatawan dengan desain yang alami dan mampu mengenalkan kuliner khas Indonesia. Selain itu, restoran ini juga dilengkapi dengan kerajinan sarang bambu dengan warna yang beragam, lho. 
 
Dengan luas 200 hektar, Bukit Lawang memiliki berbagai pesona alam dan keunikan yang berbeda dengan kawasan wisata lainnya. Selain kamu dapat melihat berbagai flora fauna yang unik dan langka, Bukit Lawang juga memiliki berbagai aktivitas menyenangkan dan menarik untuk kamu kunjungi. Apakah kamu tertarik untuk mengunjugi tempat wisata ini?

Baca Juga: 5 Wisata Bukit di Yogyakarta, Pemandangan Indahnya Bikin Terpesona!

Cecilia Irawan Photo Verified Writer Cecilia Irawan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya