Comscore Tracker

Merasakan Kearifan Lokal Khas Hong Kong dari Sham Shui Po

Jangan cuma jadi turis mainstream di Hong Kong

Sebagai traveler muda, sebaiknya kita gak terpaku dengan pusat-pusat atraksi mainstream dan touristy melulu. Mari jelajahi dan rasakan pengalaman sebagai orang lokal.

Itulah konsep yang sedang digalakkan Hong Kong Tourism Board, "be a local". Dengan mengunjungi daerah-daerah yang punya nilai tradisi dan sejarah mendalam, kita diharapkan bisa membawa pulang pengalaman yang berbeda setelah pelesir.

IDN Times mendapat kesempatan untuk merasakan sensasi ini saat mengunjungi Hong Kong pekan lalu. Di Sham Shui Po, wajah sejati Hong Kong tampak nyata dan membuat saya larut dalam suasana.

1. Shim Shui Po adalah salah satu distrik di Kowloon yang ramai dihuni pekerja

Merasakan Kearifan Lokal Khas Hong Kong dari Sham Shui PoIDN Times/Triadanti

Sham Shui Po adalah salah satu lingkungan tempat tinggal paling padat dan penuh geliat kehidupan di Hong Kong. Warganya perpaduan dari para imigran asal pedalaman China, keluarga-keluarga kelas pekerja, dan para lansia.

2. Wajah unik Hong Kong terlukis jelas di wilayah yang mencakup pemukiman dan pasar ini

Merasakan Kearifan Lokal Khas Hong Kong dari Sham Shui PoIDN Times/Triadanti

Berbeda dengan pusat kota yang penuh dengan pesona metropolitan, kehidupan tampak sederhana dan apa adanya ada di Sham Shui Po. Warga di sini banyak yang tinggal di rumah petak, apartemen sempit, dan fasilitas perumahan rakyat.

Sham Shui Pho menjadi wadah bagi berbagai tempat bersejarah, bangunan berkarakter khas Hong Kong, aneka kuil dan klenteng, restoran lokal dan kaki lima favorit, serta mall dan pasar bazar.

3. Ada beberapa jenis pasar di dalam wilayah Sham Shui Po, masing-masing punya keistimewaan tersendiri

Merasakan Kearifan Lokal Khas Hong Kong dari Sham Shui PoIDN Times/Triadanti

Kita bisa melihat gaya hidup masyarakat Hong Kong sejati lewat aneka komoditas yang bisa ditemukan di Sham Shui Po. Mulai dari kain, pakaian, makanan khas, sampai sejarah perkembangan tempat tinggal, semua memberi sensasi baru bagi para pengunjung.

Kamu juga bisa menikmati wilayah ini dengan berjalan-jalan santai sembari berburu "harta karun" di bazaar. Jika ingin mencari barang-barang elektronik, mampirlah ke Apliu Street. Mainan? Boleh bergeser ke Fok Wing Street.

Yu Chau Street untuk kamu yang tertarik dengan kerajinan dan manik-manik. Sementara Ki Lung Street atau Tai Nan Street hadir buat pemburu kain dan kancing grosir.

4. Harga di sini disebut jauh lebih murah daripada di bagian Hong Kong mana pun

Merasakan Kearifan Lokal Khas Hong Kong dari Sham Shui PoIDN Times/Triadanti

Sammy, pemandu yang menemani saya saat mengelilingi Sham Shui Po menjamin bahwa harga terbaik di seluruh Hong Kong bisa ditemukan di sini. Mulai dari bahan makanan sampai pakaian, semua ditawarkan dengan standard paling terjangkau. Sammy bahkan rela jauh-jauh ke Sham Shui Po untuk belanja walau ia tinggal jauh dari sana.

5. Semua ada di Sham Shui Po, bahkan toko makanan Indonesia juga tersedia

Merasakan Kearifan Lokal Khas Hong Kong dari Sham Shui PoIDN Times/Triadanti

Dalam perjalanan menyusuri Sham Shui Po, saya menemukan salah satu toko bahan makanan asal Indonesia. Tentu saja pemandangan ini cukup menarik, menemukan secercah kenangan akan 'rumah' di negeri orang tak pernah membosankan.

Baca juga: 8 Wisata Kuliner Halal di Hong Kong, Nikmatnya Bikin Susah Move On!

6. Toko ini misalnya, bak oase bagi para pekerja imigran Tanah Air maupun wisatawan Nusantara

Merasakan Kearifan Lokal Khas Hong Kong dari Sham Shui PoIDN Times/Triadanti

Misalnya Toko Shing Chuen yang dimiliki dan dijaga oleh orang lokal, tetapi bisa bahasa Indonesia sederhana. Di dalamnya dijual berbagai bahan makanan yang kalau di negeri sendiri sering kita sepelekan, tapi di sini tampak bak oase.

Tentu saja ini merupakan pemandangan yang menghibur bagi para turis, pekerja imigran, atau pelajar asal Indonesia yang merantau ke Hong Kong.

7. Street food dan jajan pasar khas Hong Kong juga tersedia dengan harga terjangkau

Merasakan Kearifan Lokal Khas Hong Kong dari Sham Shui PoIDN Times/Triadanti

Jika sudah sampai Sham Shui Po, jangan lupa cicipi jajan pasar khas Hong Kong yang rasanya legit, meski bebas bahan-bahan penyedap non organik. Bagi yang muslim, tenang saja, kue-kue tradisional di Kwan Kee Store tak menggunakan bahan-bahan haram.

8. Jangan lupa ngaso sejenak di salah satu kios makanan khas sambil menikmati suasana Hong Kong yang merakyat

Merasakan Kearifan Lokal Khas Hong Kong dari Sham Shui PoIDN Times/Triadanti

Selain jajan pasar, saya juga mencoba street food idola di sini. Menikmati bunga tahu di kios A1 Tofu Company sambil berdiri di trotoar di depannya meninggalkan sensasi berbeda dan unik sebagai wisatawan di Hong Kong.

9. Walau sebagian Sham Shui Po didominasi lingkungan menengah ke bawah, tapi kafe-kafe artsy mulai bermunculan

Merasakan Kearifan Lokal Khas Hong Kong dari Sham Shui PoIDN Times/Triadanti

Salah satunya adalah Common Room & co. yang menawarkan atmosfer modern dan elegan di tengah dinamika Sham Shui Po yang penuh keanekaragaman. Kamu bisa sekadar menikmati kopi sedap, bekerja, atau membaca. Waktu seolah berjalan lamban di kafe stylish ini.

10. Sham Shui Po juga jadi 'rumah' bagi sejumlah shutter art artistik karya anak muda Hong Kong

Merasakan Kearifan Lokal Khas Hong Kong dari Sham Shui PoInstagram.com/s_a_m_s_o_n_lau

Sejak beberapa tahun terakhir, Hong Kong telah mengembangkan sudut pandang lain dalam bidang pariwisatanya. Alih-alih membangun lebih banyak atraksi baru, pemerintah setempat merevitalisasi kembali daerah-daerah yang menjadi "akar" sejati Hong Kong. Salah satunya dengan aneka shutter art dan street art yang menghiasi aneka sudut Sham Shui Po.

Amy Lam Senior PR Manager Hong Kong Tourism Board mengungkapkan bahwa wisatawan masa kini tak hanya ingin menikmati destinasi mainstream. "Mereka juga punya keinginan untuk experiencing Hong Kong yang berbeda dari negara asal mereka, dan mendalami budaya lokal. Jadi daripada membangun lokasi wisata baru, kami lebih memilih untuk merevitalisasi kawasan lokal." ujar Amy.

Terasa memang, setelah selesai mengitari Sham Shui Po, saya membawa pulang kenangan dan pengalaman yang tiada duanya. Berbeda dengan ketika mengunjungi destinasi wisata mainstream. Kalau kamu ke sini, kamu bakal merasakan Hong Kong yang sesungguhnya dengan melihat mereka dari dekat.

Baca juga: 6 Destinasi Gratis & Instagramable di Hong Kong, Hits Gak Harus Mahal

Line IDN Times

Topic:

Just For You