Comscore Tracker

Jadi Obat Rindu Traveling, 9 Alasan Coba Hobi Postcrossing! 

Bisa keliling dunia lewat kartu pos dari rumah! 

Di saat dunia ini serba instan, semua informasi dan komunikasi dapat diakses lewat internet, hobi postcrossing bisa menjadi angin segar bagi yang ingin tahu rasanya menerima barang nyata dari negara lain yang bisa dipegang, disimpan, dan dikoleksi.

Paulo Magalhaes yang memulai situs Postcrossing (www.postcrossing.com) ini sejak 14 Juli 2005 dengan motto dari "Send a postcard and receive a postcard back from a random person somewhere in the world!” yang artinya “Mengirimkan kartu pos dan menerima kartu pos secara acak dari suatu tempat di dunia”. Sangat menarik kan?

Yuk simak apa keuntungan punya hobi postcrossing atau tukar menukar kartu pos ini!

1. Bisa mendapatkan kenangan dari negara lain yang belum pernah dikunjungi  

Jadi Obat Rindu Traveling, 9 Alasan Coba Hobi Postcrossing! unsplash.com/Justine Camacho

Dengan mendapatkan kartu pos, bisa menjadikanmu lebih semangat karena melihat seberkas kertas dengan gambar cantik dan unik dari negara lain. Rasa ingin jalan-jalan ke belahan dunia lain setidaknya dapat terobati dalam bentuk lain.

2. Belajar budaya dari negara lain  

Jadi Obat Rindu Traveling, 9 Alasan Coba Hobi Postcrossing! pexels.com/Kaboompics .com

Menerima kartu pos akan membuatmu mempelajari informasi baru mengenai budaya melalui gambar pada kartu pos atau tulisan dari sang pengirim kartu pos. Selembar kartu pos dapat memberikan sejuta inspirasi dari budaya negara lain.

3. Menjadi duta bangsa, mengenalkan Indonesia ke negara lain  

Jadi Obat Rindu Traveling, 9 Alasan Coba Hobi Postcrossing! unsplash.com/Jakob Owens

Dengan mengirimkan kartu pos cantik atau unik dari negara kita sendiri, kita dapat menjadi duta bangsa dengan mempromosikan Indonesia ke negara lain. Tanpa perlu jadi orang terkenal, kita dapat menjadi perwakilan bangsa dan menceritakan tentang Indonesia.

4. Bisa dapat teman baru dari mancanegara 

Jadi Obat Rindu Traveling, 9 Alasan Coba Hobi Postcrossing! pexels.com/ELEVATE

Secara tidak langsung ketika mengirimkan kartu pos ke negara lain, kita mendapatkan referensi alamat teman pena yang bisa dijadikan teman untuk surat menyurat atau saling mengirimkan kartu pos lagi. Siapatahu suatu hari nanti mendapat kesempatan berkunjung ke negaranya, kita sudah memiliki kenalan kan!

Baca Juga: 5 Tips Ampuh untuk Mengobati Rindu Traveling Selama Masih #DiRumahAja

5. Melatih kemampuan bahasa asing  

Jadi Obat Rindu Traveling, 9 Alasan Coba Hobi Postcrossing! unsplash.com/CardMapr

Tentunya jika ingin mengirimkan kartu pos, kita harus mencoba menulis dengan bahasa asing misalnya bahasa Inggris. Kegiatan postcrossing ini dapat mengasah kemampuan dalam mengungkapkan buah pikiran dalam bahasa asing.

6. Bisa jadi terapi untuk hilangkan stres

Jadi Obat Rindu Traveling, 9 Alasan Coba Hobi Postcrossing! unsplash.com/Allef Vinicius

Menulis telah menjadi salah satu alat terapi dalam mengelola pikiran, perasaan, dan mental sehingga kegiatan postcrossing bisa dijadikan alat untuk menumpahkan apa yang ada dipikiranmu sehingga dapat melepaskan stres.

7. Menambahkan koleksi prangko dan kartupos  

Jadi Obat Rindu Traveling, 9 Alasan Coba Hobi Postcrossing! pexels.com/pixabay

Kartu pos yang didapatkan dapat menjadi koleksi yang menarik dimana terdapat juga gambar, prangko, dan tulisan menarik dari sang pengirim. Kolektor prangko dan kartu pos mempunyai komunitas sendiri yang bisa diikutkan dalam pameran barang pos.

8. Melatih kesabaran  

Jadi Obat Rindu Traveling, 9 Alasan Coba Hobi Postcrossing! unsplash.com/Artem Maltsev

Untuk mengirimkan dan mendapatkan kartu pos membutuhkan kesabaran tingkat tinggi karena dikirim menggunakan prangko di mana penerima tidak akan langsung mendapatkan kartu pos dalam waktu yang cepat. Oleh karena itu, kegiatan postcrossing atau surat menyurat juga sering disebut dengan istilah snail mail.

9. Menambah wawasan pengetahuan 

Jadi Obat Rindu Traveling, 9 Alasan Coba Hobi Postcrossing! unsplash.com/Vincent Nguyen

Dengan menerima kartu pos dari bermacam-macam negara, kamu akan belajar banyak hal mulai dari informasi yang dituliskan pengirim, gambar yang terdapat di dalam kartu pos, dan prangko unik dari negara asal pengirim.

Ikut postcrossing atau tukar menukar kartu pos ini bisa sedikit banyak mengobati rasa ingin traveling deh! Tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: 10 Destinasi Cantik Ini Pesonanya Pernah Menghiasi Selembar Kartu Pos

Devi Marietta Photo Writer Devi Marietta

menulis untuk memberikan impact, bisa follow Instagram @devimarietta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya