Comscore Tracker

5 Wisata Edukatif di Yogyakarta yang Layak Dikunjungi Saat Liburan

Cocok buat dewasa dan anak-anak 

Sebagai kota Pelajar, Yogyakarta sudah sejak lama menjadi destinasi bagi perantau yang ingin mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Bahkan sebutan kota Pelajar ini juga sesuai dengan banyaknya destinasi wisata berbasis edukasi yang tersebar di berbagai daerah di Yogyakarta.

Buat kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan di tempat yang tidak hanya menghibur tapi juga sarat akan ilmu pengetahuan ataupun mencari tempat wisata yang pas bagi anak-anak, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata edukatif di Yogyakarta yang layak dikunjungi.

1. Taman Pintar

5 Wisata Edukatif di Yogyakarta yang Layak Dikunjungi Saat LiburanInstagram.com/Apriliariestaa

Hanya berlokasi beberapa ratus meter di arah timur titik nol km Yogyakarta, Taman Pintar merupakan tempat wisata edukasi yang dijamin bikin anak-anak dan siapapun ketagihan untuk belajar.

Terdiri dari beberapa wahana permainan, masing-masing wahana memiliki konsep yang tidak hanya edukatif tapi juga seru sehingga dapat memancing rasa ingin tahu pengunjung terhadap suatu ilmu pengetahuan, misalnya astronomi, bencana alam, sains, kerajinan, dan masih banyak lagi.

Untuk tiket masuk, harga yang ditawarkan bervariasi tergantung wahana mana yang hendak kamu kunjungi.

2. Museum Anak Kolong Tangga

5 Wisata Edukatif di Yogyakarta yang Layak Dikunjungi Saat LiburanInstagram.com/kolongtangga

Rindu akan permainan masa kecil dan ingin memberitahu adik atau keponakan betapa menyenangkannya masa kecilmu dulu walaupun belum mengenal gadget? Gak ada salahnya kalau di liburan kali ini kamu mengajak anak, adik, atau keponakanmu ke Museum Anak Kolong Tangga.

Museum ini menyimpan berbagai jenis permainan tradisional dari seluruh nusantara dan mancanegara yang dijamin tidak hanya bikin anak-anak betah, tapi juga bikin kamu bernostalgia dengan masa kecilmu yang tanpa beban.

Museum Anak Kolong Tangga berlokasi di gedung Taman Budaya Yogyakarta yang bisa kamu akses hanya dengan berjalan kaki dari taman pintar.

Baca Juga: Buka Wawasan, 5 Museum di Jakarta Ini Pas untuk Wisata Edukasi!

3. The World Landmark Merapi Park

5 Wisata Edukatif di Yogyakarta yang Layak Dikunjungi Saat LiburanInstagram.com/merapipark.jogja

Tempat wisata ini punya konsep eduwisata berupa miniatur bangunan ikonik atau landmark berbagai negara yang sangat terkenal, seperti menara Eiffel, menara Pisa, Big Ben, telepon umum London, patung Liberty, dan lain sebagainya.

Selain edukatif, tempat wisata ini juga cocok buat kamu yang hobi hunting foto. Sebab, di sini terdapat berbagai spot foto dan taman yang terawat yang dijamin bikin hasil jepretanmu Instagramable.

Harga tiket masuk ke The World Landmark Merapi Park ini cukup murah, yaitu hanya Rp15 ribu per orang dan gratis untuk anak kecil di bawah usia 2 tahun.

Beralamatkan di Jalan Kaliurang km 22.5, Hargobinangun, Pakem, Sleman, tempat wisata ini bisa ditempuh dalam waktu 45 menit dari pusat kota.

4. Museum Gunung Merapi

5 Wisata Edukatif di Yogyakarta yang Layak Dikunjungi Saat LiburanInstagram.com/Rieve.gallery

Masih di kawasan Yogya utara atau tepatnya di daerah gunung Merapi, Museum Gunung Merapi merupakan tempat wisata edukatif yang mengajarkan berbagai hal seputar bencana alam. Semua materi di museum ini disajikan dalam bentuk maket, simulasi, dan film, sehingga pengunjung tidak akan bosan dan mudah memahami materi yang diberikan.

5. Museum Affandi

5 Wisata Edukatif di Yogyakarta yang Layak Dikunjungi Saat LiburanInstagram.com/a

Buat kamu yang punya minat dalam dunia seni khususnya seni rupa, kamu bisa datang dan melihat langsung ratusan karya seni sang maestro Affandi di tempat tinggal keluarganya yang berlokasi di Jalan Adisucipto No 167.

Museum ini dibagi menjadi 3 galeri yang menampilkan berbagai karya seni Affandi dan keluarganya serta beberapa karya seniman besar lainnya. Selain melihat-lihat lukisan, di sini kamu juga bisa mengetahui berbagai macam aliran lukisan.

Menyambangi tempat wisata edukatif selain menghibur juga bermanfaat untuk menyempurnakan pelajaran yang telah didapatkan di bangku sekolah. Jadi, tertarik mengunjungi salah satu tempat wisata di atas?

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Bernuansa Mistis di Yogyakarta, Berani Coba?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya