Comscore Tracker

6 Spot Wisata di Sekitar Malioboro yang Bisa Dikunjungi dalam Sehari

Jalan kaki juga oke 

Saat mengunjungi Yogyakarta, Jalan Malioboro yang membentang dari Stasiun Tugu hingga perempatan kantor pos menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Berbagai kegiatan seperti berbelanja, wisata kuliner, hunting foto, ataupun sekadar jalan-jalan dan menikmati suasana sepanjang kawasan Malioboro pun bisa kamu lakukan.

Tapi daripada hanya berputar-putar di Jalan Malioboro, kamu juga bisa lho mengunjungi beberapa tempat wisata hits yang bisa dikunjungi dalam satu hari dan hanya dengan jalan kaki.

Pasti langsung penasaran kan? Nah, berikut 6 tempat wisata di sekitar Jalan Malioboro yang bisa kamu kunjungi dalam satu hari.

1. Tugu Jogja

6 Spot Wisata di Sekitar Malioboro yang Bisa Dikunjungi dalam SehariInstagram.com/thepotraitofjogja

Tugu Jogja dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755 untuk memperingati persatuan antara raja dan masyarakat dalam melawan penjajahan pemerintahan Belanda kala itu. Sebagai bangunan yang sarat akan makna dan sejarah, tugu Jogja menjadi tempat yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yang datang berkunjung ke Yogyakarta.

2. Pasar Beringharjo

6 Spot Wisata di Sekitar Malioboro yang Bisa Dikunjungi dalam SehariInstagram.com/rainaaw99

Rugi rasanya jika mengunjungi Yogyakarta tanpa mampir ke salah satu pusat perekonomian masyarakat Yogyakarta sejak berabad-abad silam, mana lagi kalau bukan Pasar Beringharjo. Di sini kamu bisa menemukan berbagai macam barang, dari yang modern hingga tradisional. Bahkan banyak sekali barang-barang dan makanan khas Yogyakarta yang hampir mustahil bisa ditemukan di tempat lain kecuali di Pasar Beringharjo.

3. Benteng Vredeburg

6 Spot Wisata di Sekitar Malioboro yang Bisa Dikunjungi dalam Sehariinstagram.com/museum.benteng.vredeburg

Benteng ini dulunya digunakan oleh Belanda sebagai bangunan pertahanan sekaligus untuk memata-matai aktivitas di Kraton Yogyakarta. Setelah berhasil direbut, benteng ini kemudian dipugar dan dibuka untuk umum. Di dalam bangunan Benteng Vredeburg terdapat berbagai karya seperti patung, foto, diorama, dan senjata yang memiliki nilai historis panjang.

Baca Juga: Makan Lupis Paling Enak di Yogyakarta, 7 Tempat ini Bisa Jadi Pilihan

4. Taman Pintar

6 Spot Wisata di Sekitar Malioboro yang Bisa Dikunjungi dalam SehariInstagram.com/Apriliariestaa

Ingin refreshing sekaligus membawa pulang ilmu yang bermanfaat? Taman Pintar solusinya. Tempat wisata ini sudah sangat populer dan menjadi favorit baik anak-anak maupun orang dewasa. Terdiri dari berbagai wahana edukasi, Taman Pintar memiliki konsep belajar sambil bermain untuk menggali minat anak-anak.

Sepulang dari tempat ini, siapa pun pasti akan sadar bahwa belajar dan menjadi pintar itu ternyata sangat menyenangkan.

5. Kraton Yogyakarta

6 Spot Wisata di Sekitar Malioboro yang Bisa Dikunjungi dalam SehariInstagram.com/ayulindapuspitadewi

Mumpung sedang berada di Kota Istimewa yang masih menganut sistem pemerintahan kerajaan, kenapa tidak sekalian mampir ke istananya yang masih berdiri kokoh hingga saat ini?

Di dalam bangunan Keraton Yogyakarta Hadiningrat, kamu bisa melihat berbagai macam benda bersejarah, seperti seperangkat alat musik, pusaka, hingga pagelaran seni pada waktu-waktu tertentu.

6. Titik nol kilometer

6 Spot Wisata di Sekitar Malioboro yang Bisa Dikunjungi dalam SehariInstagram.com/Dailyhijabtraveler

Setelah hari mulai gelap, saatnya kembali ke titik nol kilometer kota Yogyakarta. Waktu terbaik untuk mengunjungi jantungnya kota Yogyakarta ini adalah saat sore atau malam hari. Sebab semakin malam, spot ikonik Yogyakarta ini justru semakin 'hidup' karena banyak didatangi oleh masyarakat dan wisatawan serta seniman jalanan yang akan menghibur pengunjung sekalian.

Mantap bukan? Jangan lupa pastikan smartphone atau kameramu terisi daya penuh agar kamu bisa puas berfoto di tempat-tempat tersebut selama seharian.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Gratis di Yogyakarta yang Liburan Jadi Adem Ayem

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You