Comscore Tracker

Itinerary Liburan ke Pulau Sumba 4 Hari 3 Malam!

Empat hari tiga malam cukup kok

Menjelajahi Pulau Sumba gak cukup sehari karena terkait dengan ketersediaan penerbangan, lokasi objek wisatanya juga tersebar dan cukup menyita waktu perjalanan. Tapi jangan khawatir, buat kamu yang hanya punya sedikit waktu luang, bisa kok jelajahi Pulau Sumba dengan waktu empat hari tiga malam saja. Namun konsekuensinya kamu hanya bisa mengunjungi destinasi-destinasi utama saja. Contek itinerary liburan ke Pulau Sumba kurang dari seminggu.

Day 1: Kampung Adat dan Pantai Ratenggaro - Pantai Bawana - Tanjung Mareha

Itinerary Liburan ke Pulau Sumba 4 Hari 3 Malam!Dok. Pribadi/Rizqi Ayudewi

Siang hari setelah mendarat di Bandar Udara Tambolaka, destinasi pertama yang dapat dituju adalah wilayah Kodi, yaitu di Perkampungan Adat Ratenggaro. Perjalanan ke sini membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Di sini kamu bisa explore bangunan adat, kuburan batu, dan juga menikmati keindahan pantai dengan latar pemandangan bangunan rumah adat. Saat hari beranjak sore, kamu bisa menuju Pantai Bawana yang berjarak sekitar 15 kilometer dari Kampung Ratenggaro. Jika ingin menikmati keindahan sunset dari ketinggian dan dengan latar pemandangan Pantai Bawana, maka kamu harus bergegas ke Tanjung Mareha dengan menempuh perjalanan selama 20 menit saja.

Itinerary Liburan ke Pulau Sumba 4 Hari 3 Malam!sumbaland.co.id

Tips:

  • Pilih penerbangan pagi, paling tidak jam 12 siang sudah sampai di Bandar Udara Tambolaka.
  • Siapkan diri saat tiba sudah dalam kondisi siap fisik maupun outfit untuk explore, sehingga dapat menghemat waktu.
  • Buat kamu yang tidak menggunakan tour agency, jangan khawatir untuk masalah transportasi karena di Bandar Udara Tambolaka sudah banyak yang menawarkan jasa sewa kendaraan, hanya saja harga yang dipatok bisa jadi lebih tinggi jika tidak booking terlebih dahulu.
  • Penginapan untuk malam pertama pilih di sekitar Tambolaka atau Waitabula, karena esok harinya masih akan explore Sumba Barat Daya.

Day 2: Danau Weekuri - Pantai Mandorak - Kampung Prai Ijing - Bukit Wairinding

Itinerary Liburan ke Pulau Sumba 4 Hari 3 Malam!Dok. Pribadi/Rizqi Ayudewi

Bersiaplah mulai dari pagi hari untuk menuju Danau Weekuri dan Pantai Mandorak. Kedua destinasi ini letaknya berdekatan, dari Kota Tambolaka dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Semakin pagi maka kamu akan punya waktu semakin banyak untuk explore kedua tempat ini. Jangan sampai lebih dari pukul 11 siang kamu harus segera berpindah menuju destinasi selanjutnya, agar bisa tepat waktu untuk menikmati sunset di Bukit Wairinding.

Selepas dari Danau Weekuri dan Pantai Mandorak, perjalanan langsung diteruskan sampai ke Sumba Timur. Searah dengan perjalanan ke Sumba Timur, setelah 2 jam perjalanan kamu bisa singgah dahulu untuk explore Waikabubak, ibukota Sumba Barat. Destinasi utama di Waikabubak adalah Kampung Adat, kamu bisa mengunjungi Kampung Adat Prai Ijing.

Sekitar pukul 2 siang, kamu harus segera meninggalkan Sumba Barat dan bergegas melanjutkan perjalanan ke Waingapu, Sumba Timur. Perjalanan menuju Waingapu akan ditempuh kurang lebih selama 3 jam, namun sebelum memasuki Kota Waingapu singgah terlebih dahulu ke Bukit Wairinding. Jika perjalanan lancar maka kamu bisa sampai ke Bukit Wairinding tepat pada saat langit sore mulai memerah. Di Bukit Wairinding ini, kamu bisa menikmati pemandangan sampai dengan senja terbenam, setelah itu baru melanjutkan perjalanan ke Waingapu untuk makan malam dan check in hotel.

Itinerary Liburan ke Pulau Sumba 4 Hari 3 Malam!Dok.Pribadi/Fadila Suryandika

Tips:

  • Pagi hari sebelum memulai perjalanan, kamu harus sekalian check out hotel karena pada hari kedua ini sudah waktunya meninggalkan Sumba Barat Daya.
  • Jika kamu ingin berenang di Danau Weekuri atau Pantai Mandorak, maka siapkan diri untuk berangkat lebih pagi tanpa perlu mandi dahulu.
  • Di Danau Weekuri maupun Pantai Mandorak fasilitas tempat bilas atau ganti baju untuk pengunjung yang berenang masih kurang memadai, jadi siapkanlah pakaian yang mudah untuk berganti.
  • Sementara jika kamu tidak berniat untuk berenang di Danau Weekuri ataupun Pantai Mandorak sehingga masih punya cukup waktu tersisa, maka kamu bisa mengunjungi Air Terjun Lapopu di Waikabubak, sekitar setengah jam perjalanan dari Kampung Prai Ijing.
  • Bawalah bekal makan siang untuk menghemat waktu.
  • Pesanlah kamar di Waingapu sekalian untuk 2 malam.

Baca Juga: Waktu Terbaik Mengunjungi Pulau Sumba, Liburan Yuk!

Day 3: Bukit Laindeha - Bukit Tanarara - Air Terjun Waimarang - Pantai Walakiri

Itinerary Liburan ke Pulau Sumba 4 Hari 3 Malam!Dok. Pribadi/Fadila Suryandika

Hari ketiga saatnya untuk explore Sumba Timur. Ada wisata bukit, air terjun, dan pantai. Agendakan untuk mengunjungi bukit di pagi hari agar panas terik matahari tidak terlalu terasa. Bahkan kamu juga bisa berangkat dini hari untuk menikmati matahari terbit dari balik bukit. Bukit di Laindeha adalah salah satu tempat yang sesuai untuk menikmati matahari terbit.

Siang hari memang lebih tepat jika mengunjungi air terjun. Meski menuju Air Terjun Waimarang membutuhkan perjalanan dengan berjalan kaki, tapi suasana perbukitan yang cukup rindang membuat trekking akan terasa lebih ringan.

Nah, searah perjalanan pulang dari Air Terjun Waimarang saatnya berkunjung ke Pantai Walakiri. Sore hari di Pantai Walakiri memang sangat tepat karena bisa sekaligus menikmati matahari terbenam.

Itinerary Liburan ke Pulau Sumba 4 Hari 3 Malam!Dok. Pribadi/Fadila Suryandika

Tips:

  • Untuk bisa menikmati keindahan pohon bakau kerdil di Pantai Walakiri, pastikan terlebih dahulu kapan waktu air laut surut apakah pagi, siang, atau sore. Sehingga urutan destinasimu bisa disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Day 4: Kerajinan tenun - Savana Puru Kambera - Bukit Tanau - Bukit Persaudaraan

Itinerary Liburan ke Pulau Sumba 4 Hari 3 Malam!Dok. Pribadi/Fadila Suryandika

Hari terakhir di Pulau Sumba, bisa diisi dengan agenda belanja dan wisata yang lokasinya tidak jauh dari Kota Waingapu. Kamu bisa berbelanja kerajinan khas Sumba di berbagai art shop, toko, pasar, ataupun pada pedagang yang tersebar di jalanan Kota Waingapu. 

Jika kamu tidak terlalu lama berbelanja, maka menjelang siang kamu masih bisa menyempatkan untuk mengunjungi Savana Puru Kambera. Sebelum meninggalkan Sumba, destinasi terakhir kamu bisa mengunjungi Bukit Tanau dan Bukit Persaudaraan yang lokasinya tidak jauh dari Bandar Udara Umbu Mehang Kunda.

Itinerary Liburan ke Pulau Sumba 4 Hari 3 Malam!Dok. Pribadi/Fadila Suryandika

Tips:

  • Pilih penerbangan pulang dari Bandar Udara Umbu Mehang Kunda Waingapu pada sore hari agar bisa lebih leluasa.
  • Jika kamu ingin mencari banyak oleh-oleh ataupun berbagai produk khas Sumba, maka kamu dapat menghapus rencana destinasi Savana Puru Kambera atau Bukit Tanau dan Bukit Persaudaraan kemudian mengalokasikan waktunya untuk berbelanja.

Itulah gambaran singkat itineraryliburan ke Pulau Sumba selama 4 hari 3 malam. Gimana, ga perlu cari waktu libur panjang kan untuk melancong ke Sumba?

Baca Juga: 10 Potret Keunikan Pantai Watu Parunnu di Pulau Sumba, Bikin Takjub! 

Fadila Suryandika Photo Writer Fadila Suryandika

Be grateful and enjoy every moment of the journey

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya