Comscore Tracker

Punya Pemandangan Eksotis, Ini 5 Fakta Menarik Danau Tamblingan 

Ponarama indah dan bersejarah

Buleleng menjadi salah satu kabupaten yang gak boleh dilewatkan ketika liburan di Bali. Terletak di Bali bagian utara yang tidak sepopuler bagian selatan, tapi destinasi wisatanya gak kalah eksotis. 

Danau Tamblingan menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Cocok buat kamu yang ingin menikmati keindahan alam dan jauh dari keramaian, danau tersebut memiliki fakta menarik di balik keindahannya. 

1. Masyarakat yang harmonis dengan lingkungan

Punya Pemandangan Eksotis, Ini 5 Fakta Menarik Danau Tamblingan instagram.com/mdina_gf

Adat dan budaya masyarakat Bali yang menjaga kelestarian alam dan lingkungan masih terjaga hingga saat ini. Seperti halnya yang dilakukan masyarakat desa sekitar Danau Tamblingan. 

Ada empat desa yang berada di sekitar danau tersebut yaitu Desa Gesing, Umerejo, Munduk, dan Gobleg. Masyarakat desa tersebut secara bergantian menjaga kelestarian lingkungan danau melalui upacara adat maupun keagamaan. 

2. Wisata spiritual yang memesona

Punya Pemandangan Eksotis, Ini 5 Fakta Menarik Danau Tamblingan instagram.com/birparca_fotograf

Kalau ke Bali tentu tidak terlepas dari adanya pura di berbagai tempat. Pura tidak hanya sebagai tempat ibadah, tapi menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Apalagi pemandangan sekitar pura yang indah menjadikannya nilai tambah.

Ada sekitar 11 pura yang berada di Danau Tamblingan. Bahkan, dua diantaranya berasal dari peninggalan Hindu sejak abad ke-10 sebelum Masehi. Wah, jadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun internasional, nih.

Baca Juga: 7 Danau Terindah di Dunia, Ada Dua yang dari Indonesia Lho!

3. Airnya dipercaya berkhasiat

Punya Pemandangan Eksotis, Ini 5 Fakta Menarik Danau Tamblingan instagram.com/adiwarnairawan

Berdasarkan cerita dari masyarakat setempat bahwa nama Tamblingan berasal dari kata "Tamba" yang berarti obat dan "Elingang" yang berarti kemampuan spiritual. Sehingga air di danau ini dipercaya mampu menjadi obat yang mujarab. 

Hal ini bermula dari dahulu masyarakat desa sekitar danau terjangkit wabah penyakit. Kemudian ada seseorang yang dianggap sakti mengambil air danau dan menjadikannya obat. Masyarakat pun sembuh dan sepakat menjaga kelestarian lingkungan danau tersebut.

4. Memiliki banyak spot foto kece bagi para fotografer

Danau Tamblingan menjadi salah satu danau terindah di Bali sehingga biasanya dijadikan tempat pengambilan foto prewedding oleh pasangan yang akan menikah. Selain itu saat malam hari, danau ini juga menjadi jadi tempat yang tepat untuk berburu foto milky way.

Kalau kamu hobi fotografi, danau Tamblingan layak untuk jadi tempat hunting foto. Selain itu juga bisa jadi tempat alternatif buat kamu yang mau mengabadikan momen penting.

5. Fasilitas yang ramah lingkungan

Punya Pemandangan Eksotis, Ini 5 Fakta Menarik Danau Tamblingan instagram.com/smailingdmc

Fasilitas yang disediakan untuk wisatawan cukup lengkap. Kamu bisa menikmati keindahan pegunungan sekitarnya dan sekitarnya di tepi danau. Bahkan kamu bisa meminum langsung air danau tersebut lho.

Selain itu, kamu bisa naik sampan untuk menyusuri danau karena masyarakat sekitar menggunakan sampan untuk mencari ikan dan memang tidak disediakan kapal bermotor untuk menjaga kelestarian lingkungan danau. 

Itulah tadi kelima fakta menarik Danau Tamblingan. Selain memiliki panorama yang eksotis, danau ini juga menjadi wisata spiritual yang unik.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Bali Terbaru 2019 yang Keren Pemandangannya!

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You