Comscore Tracker

Lucu, 11 Suvenir Khas Jepang Ini Cocok Dijadikan Oleh-oleh

Awas lho, bisa over baggage nih!

Siapa sih yang gak pengin liburan ke Jepang? Negara kepulauan di Asia Timur ini menjadi salah satu tujuan incaran banyak wisatawan Indonesia lho. Setiap tahun, jumlah pelancong domestik yang berlibur ke Jepang cenderung selalu meningkat.

Nah, bagi kamu yang beruntung mengunjungi Negara Sakura, suvenir lucu berikut gak boleh kelupaan untuk dijadikan oleh-oleh sepulang liburan. Semua unik-unik dan khas Jepang banget deh!

1. Refrigerator Magnets

Lucu, 11 Suvenir Khas Jepang Ini Cocok Dijadikan Oleh-olehfoodsaketokyo.com

Hampir semua negara mempunyai suvenir magnet kulkas. Bedanya, di Jepang kamu bakal menemui magnet kulkas berbentuk makanan khas Jepang yang penampakannya real banget alias nyata. Magnet ini dibuat dengan sangat detail sehingga mirip banget dengan aslinya.

2. Yukata

Lucu, 11 Suvenir Khas Jepang Ini Cocok Dijadikan Oleh-olehflickr.com/tokyofashion

Yukata merupakan sejenis kimono (pakaian tradisional Jepang) yang terbuat dari kain katun tipis tanpa pelapis. Dibanding kimono, yukata ini lebih nonformal, sehingga lebih sering dipakai pada momen santai seperti melihat pesta kembang api.

Karena cuma ada di Jepang, yukata bisa masuk daftar suvenir yang harus kamu beli nih. Harganya memang dibandrol cukup mahal, sekitar Rp300ribu sampai Rp2,4juta per buah, tergantung tingkat kualitas. Tapi kapan lagi bisa punya yukata langsung beli di Jepang?

3. Geta

Lucu, 11 Suvenir Khas Jepang Ini Cocok Dijadikan Oleh-olehflickr.com/duedofan

Nah, kalau sudah beli yukata, artinya kamu perlu melengkapi outfit kamu tersebut dengan sandal khas Jepang, yaitu geta. Geta ini bentuknya seperti bakiak, terbuat dari kayu, dan memiliki heels. Geta sudah ada sejak 300 SM lho. Bahkan sekarang masih sering dipakai orang Jepang selayaknya sandal biasa.

Baca Juga: 8 Makanan ini Sering Muncul dalam Tayangan Dorama Jepang, Pernah coba?

4. Sensu

Lucu, 11 Suvenir Khas Jepang Ini Cocok Dijadikan Oleh-olehjapancraft.co.uk

Sensu atau kipas lipat menjadi suvenir yang laris banget di kalangan turis. Motifnya yang unik dan ukurannya yang kecil adalah daya pikat sensu. Harganya terbilang murah meriah. Dijamin, kamu bakal tertarik juga untuk mengantonginya.

5. Wagasa

Lucu, 11 Suvenir Khas Jepang Ini Cocok Dijadikan Oleh-olehmatcha-jp.com

Berbeda dengan payung pada umumnya, wagasa atau payung tradisional Jepang memiliki puluhan rusuk payung yang tersusun simetris. Terbuat dari kertas Jepang, membuat suara air hujan yang jatuh ke atas wagasa terdengar lebih elegan. Kalau kamu suka barang-barang unik, wagasa wajib masuk koper kamu untuk dibawa pulang. Desain dan warna wagasa cantik-cantik lho.

6. Noren

Lucu, 11 Suvenir Khas Jepang Ini Cocok Dijadikan Oleh-olehcreativeroots.org

Pernah melihat kain yang dipotong tengahnya dan digantung di depan pintu toko atau kedai di Jepang? Itulah noren. Kini noren juga populer dijadikan suvenir khas negara Nippon. Gak cuma di depan toko atau kedai, belakangan noren sering pula dipasang di dalam rumah sebagai hiasan interior ruangan. Lucu banget ya?

7. Bubuk Mandi

Lucu, 11 Suvenir Khas Jepang Ini Cocok Dijadikan Oleh-olehidetraveling.com

Kamu pasti tahu kan tentang kebiasaan orang Jepang yang suka lama-lama berendam di bath up? Orang Jepang menyebut bak berendam ini dengan istilah ofuro. Nah, agar kegiatan berendam ini punya sensasi seperti berendam di onsen, orang Jepang sering menambahkan bubuk mandi ke dalam ofuro.

Bubuk mandi ini aromanya wangi dan warna air biasanya akan berubah menjadi kehijauan setelah ditaburi. Per bungkus, bubuk ini dihargai sekitar Rp40ribu. Mau beli juga?

8. Tenugui

Lucu, 11 Suvenir Khas Jepang Ini Cocok Dijadikan Oleh-olehjapan-magazine.jnto.go.jp

Pas banget nih, habis berendam pakai bubuk mandi, badanmu kemudian dikeringkan dengan tenugui. Tenugui atau handuk katun khas Jepang punya desain menarik dan daya serap yang bagus. Kamu bisa memiliki suvenir ini seharga Rp40ribu-Rp150ribu saja.

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Ini Pertanda Kamu Habis Berkunjung ke Sulawesi Selatan

9. Edo Furin

Lucu, 11 Suvenir Khas Jepang Ini Cocok Dijadikan Oleh-olehtokyoing.net

Suvenir ini gak kalah lucu lho. Edo furin yang berarti lonceng angin tradisional Jepang sering dijadikan oleh-oleh karena bentuknya yang unik dan suara yang dihasilkan dipercaya bisa bikin pikiran lebih fresh. Kamu bisa menggantungnya di dekat jendela atau di teras rumah.

10. Chochin Lantern

Lucu, 11 Suvenir Khas Jepang Ini Cocok Dijadikan Oleh-olehwallpaperup.com

Seperti halnya noren, chochin juga sering dipasang di depan toko atau kedai di Jepang. Lentera ini berbentuk silinder, dibuat dari tali bambu yang disusun secara spiral dan ditutup dengan kertas khusus bernama washi. Chochin begitu digemari wisatawan karena artistik dan cocok untuk hiasan ruangan.

11. Chopsticks

Lucu, 11 Suvenir Khas Jepang Ini Cocok Dijadikan Oleh-olehbuffalotrip.com

Chopsticks atau sumpit menjadi bagian penting dari tradisi dan kebudayaan Jepang. Morita, seorang pembuat sumpit di Nakamise-Dori, membuat sumpit dan menghiasnya dengan gambar-gambar yang elok dan rapi. Hal ini yang bikin sumpit di Jepang makin digemari wisatawan untuk dijadikan buah tangan. Bentuknya unik dan ketika digunakan kamu akan semakin menyukainya.

Gimana? Lucu-lucu banget kan suvenir khas Jepang di atas. Biar gak menyesal, kamu harus pandai-pandai memilih suvenir mana saja yang mau kamu beli. Awas, jangan sampai kalap, guys!

Baca Juga: 10 Makanan Jepang dengan Kata 'Yaki' dalam Nama Sajiannya, Lezat!

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You