Comscore Tracker

5 Fakta Jayapura yang Jarang Diketahui, Dulu Bernama Hollandia

Memiliki peran yang penting selama Perang Dunia 2

Jayapura adalah Ibu Kota Provinsi Papua yang sejak lama telah dikunjungi oleh berbagai bangsa, antara lain Belanda, Jepang, dan Amerika Serikat ketika Perang Dunia 2. Kota ini adalah ibu kota provinsi paling timur di Indonesia yang dekat dengan perbatasan Papua Nugini. 

Jayapura memiliki wilayah seluas 940 km2 dan populasi sekitar 300 ribu jiwa. Kota ini sungguh terkenal akan keasrian alamnya, mulai dari pantai, gunung, dan danau.

Sebenarnya, masih banyak fakta lain seputar Jayapura yang mungkin masih jarang terdengar. Penasaran apa saja fakta-fakta tersebut? Yuk, simak daftar berikut ini!  

1. Tidak ada kecamatan, tetapi distrik

5 Fakta Jayapura yang Jarang Diketahui, Dulu Bernama Hollandiapotret Distrik Abepura (unsplash.com/Muhammad Rifki Adam)

Apa saja kecamatan yang ada di Jayapura? Kecamatan mana yang paling ramai? Kemungkinan penduduk sana tidak semuanya dapat menjawab karena di Jayapura yang ada adalah distrik, bukan kecamatan. 

Distrik sebenarnya adalah daerah yang menjadi bagian dari kabupaten atau kota. Maka dari itu, distrik bisa dianggap setara dengan kecamatan. Saat ini, Kota Jayapura memiliki 5 distrik, yaitu Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Heram, Abepura, dan Muara Tani.  

2. Dulunya pernah bernama Hollandia, Kotabaru, dan Soekarnopura

5 Fakta Jayapura yang Jarang Diketahui, Dulu Bernama Hollandiapotret Jayapura (pixabay.com/sunu_dhadho)

Ada yang sudah tahu kalau Kota Jayapura dulunya bernama Hollandia? Nama tersebut diberikan oleh Kapten Sachse dari Belanda pada tahun 1910 karena tanah Papua saat itu juga bagian dari wilayah Hindia Belanda. Bahkan, nama tersebut sempat bertahan setelah Indonesia merdeka.

Setelah usainya Operasi Trikora dan mundurnya tentara Belanda, nama Hollandia pun diganti menjadi Kotabaru. Pada era Orde Lama, Soekarno kemudian merubah nama Kotabaru menjadi Soekarnopura. Pada tahun 1968, di zaman Orde Baru, kota ini akhirnya dinamai Jayapura sampai sekarang. Dalam Bahasa Sanskrit, Jayapura memiliki arti  "Kota Kemenangan". 

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Thomas dan Uber Cup, Sejarah hingga Prestasi Indonesia

3. Lokasi jembatan yang ada di uang pecahan Rp75.000

5 Fakta Jayapura yang Jarang Diketahui, Dulu Bernama Hollandiapotret Jembatan Youtefa (unsplash.com/Muhammad Aziz Ali Mutia)

Kalau pernah melihat uang pecahan Rp75.000 keluaran Bank Indonesia beberapa waktu lalu, tahukah kamu jika di salah satu sisinya menambilkan gambar sebuah jembatan? Ya, itu adalah Jembatan Youtefa yang berada di Kota Jayapura.

Jembatan ini menghubungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tani. Dulunya bernama Jembatan Holtekamp, bangunan ini menjadi landmark kebanggan masyarakat Jayapura setelah didatangi langsung oleh Presiden Jokowi dan terpampang pada uang pecahan Rp75.000.

4. Ada danau yang memiliki 22 pulau

5 Fakta Jayapura yang Jarang Diketahui, Dulu Bernama Hollandiapotret Danau Sentani (unsplash.com/Lin Kay)

Danau Sentani adalah salah satu destinasi wisata alam yang paling terkenal di Jayapura. Danau Sentani memiliki sekitar 22 pulau yang bisa dikunjungi dengan menggunakan perahu motor. Keindahan dan keunikan danau ini bukan hanya terlihat dari sisi alamnya yang asri, melainkan juga seni dan budaya yang khas. 

Danau Sentani dan alam sekitarnya sangat kaya akan keanekaragaman flora dan fauna, antara lain pohon pinang, kayu putih, dan beragam jenis hewan, seperti kupu-kupu, ikan tawasi Ikan lohan, dan sebagainya. Penduduk sekitar danau maupun yang berada di pulau-pulau Danau Sentani juga menawarkan kerajinan khas Papua dan tarian tradisional kepada wisatawan.

5. Ada pantai saksi perang dunia ke-2

5 Fakta Jayapura yang Jarang Diketahui, Dulu Bernama Hollandiapotret Pantai Base-G (unsplash.com/Lin Kay)

Pantai yang berada di sisi utara Kota Jayapura ini bernama Pantai Base-G. Pantai ini dulunya adalah tempat pendaratan pasukan Angkatan Laut Sekutu pada Perang Dunia ke-2. Pasukan Sekutu pimpinan Amerika Serikat memanfaatkan pantai ini sebagai markas dan pengumpulan kekuatan sebelum menyerang tentara Jepang yang menguasai Filipina pada waktu itu. 

Setelah Perang Dunia ke-2 berakhir, Pantai Base-G lambat laun dijadikan tempat wisata oleh penduduk sekitar. Wisatawan yang mengunjungi pantai ini dapat menikmati matahari terbit ataupun menyewa pondok-pondok di pinggir pantai untuk bersantai-santai. 

Nah, itulah beberapa fakta menarik Kota Jayapura yang mungkin belum banyak diketahui oleh. Semoga informasi ini menambah pengetahuan kamu, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Sejarah Ini Ternyata Keliru, Terlanjur Dipercaya

Juan A. Soedjatmiko Photo Verified Writer Juan A. Soedjatmiko

Mohon maaf apabila terdapat kesalahan informasi atau kata dalam artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya