Comscore Tracker

5 Negara yang Menjadikan Sepeda Sebagai Tranportasi Utama

Agar hidup lebih sehat

Berkendara menggunakan sepeda adalah suatu kebiasaan baik yang tak hanya menyehatkan namun dapat mengurangi jumlah polusi udara yang kian hari kian mengganggu. Di berbagai negara yang ada di dunia, kebiasaan baik ini telah menjadi budaya yang turun menurun diwariskan dari generasi  ke generasi.

Bahkan, para penduduknya lebih senang menaiki sepeda ketimbang motor atau mobil seperti yang biasa dinaiki masyarakat Indonesia saat akan bepergian. Berikut ini, beberapa negara yang gemar menaiki sepeda dari pada naik mobil!

1. Belgia

5 Negara yang Menjadikan Sepeda Sebagai Tranportasi Utamabekia.es

Jika kamu pergi ke Belgia, kamu pasti akan melihat banyak sekali orang-orang yang memakai sepeda saat akan bepergian baik ketika akan pergi bekerja, sekolah atau berbelanja. Namun, meski banyak warga yang gemar menaiki sepeda saat beraktivitas, Di negara ini sepeda merupakan barang yang mahal.

Oleh sebab itu, banyak warga yang memilih untuk menyewa sepeda di tempat penyewaan. Tak hanya warganya saja yang gemar menaiki sepeda, para anggota Kerajaan dan beberapa pejabat pun juga gemar menaiki sepeda. Contohnya seperti pada gambar di atas, yang memotret kegiatan Putri Isabell (memakai baju putih) saat menaiki sepeda.

2. Belanda

5 Negara yang Menjadikan Sepeda Sebagai Tranportasi Utamapixabay/alice barcellos

Sampai saat ini, Belanda masih memegang predikat sebagai negara yang memiliki rute sepeda terbaik yang ada di dunia, khususnya di kota Amsterdam. Pemerintah Belanda juga sangat memfasilitasi pengguna sepeda dengan sangat baik. Hampir di setiap penjuru kota selalu disediakan lahan parkir sepeda dan jalan-jalan yang dibuat untuk sepeda pun dibuat luas. Sedangkan lahan parkir untuk mobil pribadi sangat dibatasi di negara ini.

3. Jepang

5 Negara yang Menjadikan Sepeda Sebagai Tranportasi Utamapixabay.com/xegxef

Orang-orang di Jepang dikenal memiliki tingkat kesadaran yang tinggi dalam menjaga lingkungan. Meski Jepang merupakan salah satu produsen motor terbesar di dunia, orang Jepang lebih suka menaiki sepeda saat akan bepergian jika tak ingin naik transportasi umum. Sehingga udara di sana pun lebih bersih dan terjaga.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Ternyata Belum Tentu Benar Menurut Medis

4. Tiongkok

5 Negara yang Menjadikan Sepeda Sebagai Tranportasi Utamapixabay.com/janeb13

Mungkin Tiongkok adalah satu-satunya negara di dunia yang pernah mengalami kemacetan akibat membludaknya pengguna sepeda. Bulan April 2017 lalu, Tiongkok menjadi pemberitaan di media International ketika terjadinya kemacetan pengendara sepeda di kawasan Shenzhen, Tiongkok. Kemacetan tersebut berlangsung berhari-hari sampai para penggunanya pun banyak meninggalkan sepedanya di jalanan.

5. Swiss

5 Negara yang Menjadikan Sepeda Sebagai Tranportasi Utamapixabay.com/photosforyou

Berkeliling di kota-kota di Swiss sambil melihat pemandangan pegunungannya yang indah merupakan hal yang sangat tak terlupakan. Swiss merupakan salah satu negara di eropa yang memiliki pemandangan alam yang sangat eksotis dan juga indah. Orang di Swiss gemar sekali menaiki gunung sambil bersepeda.

Bagaimana, seru bukan jika kita bisa menerapkannya di negara kita. Mungkin kualitas udara di sini akan jauh lebih baik. Ayo mulai hidup sehat dengan bersepeda!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Membuatmu Sulit Akrab dengan Teman Sekantor

Maya Andita Photo Community Writer Maya Andita

Trust me! I am not muggle IG: @anditamaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You