Comscore Tracker

5 Tempat Wisata di Jepang Ini Diciptakan untuk Para Pencinta Animasi

Teman-teman pecinta animasi boleh nih berkunjung ke sini

Jepang merupakan salah satu negara destinasi wisata yang menjadi idaman wisatawan domestik maupun mancanegara. Menurut Japan National Tourism Organization (JNTO) jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Jepang pada November 2019 mencapai 2,4 juta orang.

Industri pariwisata Jepang menarik minat wisatawan melalui street food, bangunan bersejarah, serta budaya yang unik. Tidak hanya menawarkan bangunan yang ikonik, destinasi wisata di Jepang juga mampu menarik minat pencinta animasi. Ya, di Jepang dapat kita temui berbagai destinasi wisata bertema animasi populer mulai dari taman, studio, toko, serta museum yang dibangun sebagai penghormatan terhadap karya dari pencipta animasi tersebut.

Penasaran kan apa saja destinasi wisata bertema animasi di Jepang, berikut ini daftarnya!

1. Ghibli Museum

5 Tempat Wisata di Jepang Ini Diciptakan untuk Para Pencinta Animasiashleyabroad.com

Museum Ghibli merupakan museum animasi dan seni dari salah satu studio animasi terkenal di Jepang, Studio Ghibli. Studio animasi yang lekat dengan nama sang maestro Hayao Miyazaki ini telah melahirkan beberapa film animasi terkenal hingga berbagai penjuru dunia, beberapa animasi karya Studio Ghibli di antaranya Spirited Away, My Neighbor Totoro, Princess Mononoke, Ponyo on The Cliff by The Sea, dan masih banyak lagi.

Museum yang terletak di Mitaka, Tokyo ini memiliki daya tarik bagi pencinta animasi Ghibli karena bangunan dan atmosfernya didesain seperti dalam animasi. Di Museum ini juga dapat ditemui berbagai karakter terkenal dalam animasi seperti robot raksasa dari Castle in The Sky yang terletak di rooftop dan patung Totoro berukuran besar yang siap menyambut teman-teman di halaman depan museum.

Museum Ghibli menyediakan film pendek yang diputar pada waktu tertentu, ruang membaca “Three Hawks”  yang dipenuhi dengan koleksi buku rekomendasikan Hayao Miyazaki, Straw Hat Café yang menyediakan makanan, snack, dan dessert, serta toko souvenir “Mamma Auito” yang menjadi tempat favorit pengunjung untuk berburu pernak-pernik khas Studio Ghibli.

Wah seru banget! Para penggemar animasi karya Studio Ghibli wajib mampir ke tempat ini nih jika sedang berkunjung ke Jepang.

2. One Piece Tower

5 Tempat Wisata di Jepang Ini Diciptakan untuk Para Pencinta Animasilivejapan.com

Buat teman-teman penggemar Luffy dan kawan-kawan patut berbahagia nih karena di Jepang terdapat tempat bernama One Piece Tower yang siap memanjakan para pencinta One Piece.

One Piece Tower terletak di dalam Tokyo Tower. Tempat ini didesain dengan tema salah satu serial manga populer di Jepang yaitu One Piece karya Eiichiro Oda. One Piece Tower dibuka sejak 13 Maret 2013 dan dibangun secara permanen jadi teman-teman bisa berkunjung ke tempat ini kapan saja.

Fasilitas yang tersedia di dalam One Piece Tower berupa toko souvenir yang menjual berbagai hadiah bertema One Piece, patung-patung yang menampilkan berbagai karakter, permainan dengan layar lebar yang dapat dimainkan dengan gratis, serta Sanji No Oresama yaitu restaurant yang menyediakan makanan unik bertema bajak laut.

Di One Piece Tower ini para pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan berupa atraksi atau live show yang keren bange. Tetapi untuk menonton live show pengunjung harus membeli tiket dan tidak diperkenankan untuk mengambil gambar saat pertunjukan berlangsung ya. Wah seru banget kan! Untuk kamu yang mau ketemu penghuni Tongari Island jangan lupa mampir ke sini ya!

Baca Juga: Sangat Imajinatif, Berikut 8 Rekomendasi Animasi dengan Cerita Unik

3. Museum Fujiko F. Fujio (Museum Doraemon)

5 Tempat Wisata di Jepang Ini Diciptakan untuk Para Pencinta Animasimatome.naver.jp

Siapa di sini penggemarnya Doraemon? Buat penggemar animasi dengan tokoh utama robot kucing berwarna biru yang berasal dari masa depan ini,  jangan khawatir karena Doraemon juga ada museumnya lho.

Museum Fujiko F. Fujio atau yang dikenal dengan Museum Doraemon terletak di pinggiran Kota Kawasaki tepatnya di Prefektur Kanagawa. Museum Doraemon menampilkan karya seniman manga Fujiko F. Fujio yang merupakan kreator dari seri terkenal berjudul Doraemon. Museum ini juga menampilkan film pendek, karya seni asli dari doraemon, serta beberapa seri karya Fujiko F. Fujio lainnya.

Bagi pengunjung yang tidak bisa berbahasa Jepang, tidak perlu khawatir saat mengunjungi museum ini karena terdapat panduan audio berbahasa Inggris saat teman-teman memasuki halaman utamanya.

Tidak hanya menikmati karya seni saja lho, di Museum Doraemon pengunjung juga dapat menikmati fasilitas lain yang tersedia. Fasilitas di museum ini berupa ruang pameran yang menampilkan karya asli dari kreator.

Pengunjung juga dapat melihat tampilan meja kerja yang biasa digunakan sang maestro untuk mengerjakan serial yang dibuatnya, ruang teater untuk menampilkan film yang tidak dapat ditonton di tempat lain, kafetaria yang menyajikan menu bertema doraemon, animal room yang menampilkan objek binatang yang dibuat dari guntingan kertas, manga corner untuk tempat membaca manga, toko souvenir yang menyediakan barang-barang menarik, serta area bermain yang terletak di outdoor tepatnya di bagian rooftop.

Buat teman-teman pencinta doraemon atau yang ingin nostalgia dengan kartun masa kecil boleh banget nih berkunjung ke museum ini.

4. Pokemon Center

5 Tempat Wisata di Jepang Ini Diciptakan untuk Para Pencinta Animasilivejapan.com

Siapa nih penggemar animasi yang game-nya sempat booming beberapa waktu lalu?

Di Jepang terdapat toko bertema Pokemon yang biasa disebut sebagai Pokemon Center. Pokemon Center memiliki beberapa cabang salah satunya yaitu Pokemon Center Tokyo DX yang terletak di Nihonbashi, Tokyo.

Pokemon Center Tokyo DX dibuka pada bulan Maret 2018. Berbeda dengan beberapa tempat yang disebutkan sebelumnya, Pokemon Center ini bukan sebuah museum melainkan toko yang menjadi surga belanja bagi para pecinta pokemon. Selain itu, ada pula Pokemon Café yaitu Kafe dengan menu makanan dan minuman bertema Pokemon.

Di Pokemon Center teman-teman dapat menemukan pernak-pernik bertema Pokemon yang asli dan barang-barang dengan edisi terbatas. Selain menjual pernak-pernik Pokemon, di toko tersebut juga dapat ditemui makanan bertema Pokemon di antaranya permen dan makanan ringan. Wah lengkap banget nih!

Buat temen-temen yang mau berkunjung ke sini, jangan lupa dipersiapkan jiwa, raga, dan harta ya. Jangan sampai kalap dan lupa daratan saat membeli merchandise di sana.

 

5. Gosho Aoyama Manga Factory

5 Tempat Wisata di Jepang Ini Diciptakan untuk Para Pencinta Animasigamf.jp

Siapa yang tidak kenal serial manga legendaris Detektif Conan? Pastinya teman-teman sudah tidak asing ya jika mendengarnya.

Serial manga Detektif Conan dibuat oleh mangaka bernama Aoyama Gosho. Nah di Kota Hokuei, Prefektur Tottori ini terdapat destinasi bernama Gosho Aoyama Manga Factory. Tempat ini dibangun sebagai penghargaan atas karya-karya yang telah dibuat oleh sang maestro.

Gosho Aoyama Manga Factory menyajikan berbagai tampilan yang dijamin tidak akan membuat pengunjung merasa bosan. Beberapa spot yang dapat dinikmati pengunjung yaitu Aoyama World yang memperkenalkan sejarah Aoyama Gosho, kecintaannya pada dunia detektif, serta karya-karyanya yang diapresiasi secara luas.

Pengunjung juga dapat melihat rekonstitusi ruang kerja sang mangaka, galeri berisi naskah dan gambar asli manga, serta display komik Detektif Konan yang sudah diterbitkan di berbagai negara.

Tidak lupa, di tempat ini juga terdapat toko souvenir yang menyediakan barang-barang bertema detektif konan yang langka dan hanya tersedia di tempat tersebut. Asli seru banget! Selain bisa menikmati pameran karya sang mangaka, teman-teman juga bisa foto bareng sama Conan lho!

Wah keren banget ya museum di atas! Untuk kamu para pencinta animasi, jangan lupa berkunjung ke tempat-tempat di atas kala main ke Jepang ya!

Bagi kamu yang mau ke Jepang, yuk pesan di Klook promo untuk tiket wisata di Jepang sekarang juga!

Baca Juga: 5 Anime Fantasi Berdasarkan Sejarah Zaman Sengoku Jepang

Ofiati Wijaya Photo Writer Ofiati Wijaya

Merupakan seorang mahasiswi kesehatan di pinggiran Kota Depok yang menyukai animasi karya Studio Ghibli

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya