Comscore Tracker

4 Fakta Unik Brunei Darussalam Ini Wajib Kamu Tahu

Jumlah taksi di sana gak banyak lho, jangan kaget!

Brunei Darussalam merupakan tetangga Indonesia yang terletak di bagian pulau Kalimantan sebelah utara. Namun negara yang termasuk kecil ini jarang diketahui sisi lainnya. Banyak hal yang unik yang terdapat di negara yang dipimpin oleh Sultan ke-29, yaitu Jenderal Sultan Haji Sir Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Waddaulah (Sultan Hassanal Bolkiah), berikut hal unik yang terdapat di negara Brunei.

1. Uang dolar Singapura berlaku di Brunei Darussalam dan sebaliknya

4 Fakta Unik Brunei Darussalam Ini Wajib Kamu Tahusoonapart.gq

Jarang diketahui, bahwa di Brunei kita dapat membawa dolar Singapura dan membelanjakannya seakan seperti mata uang ringgit Brunei. Sedangkan mata uang Brunei sering disebut Dollar dengan kode BND.

2. Hanya terdapat 40 taksi di Brunei Darussalam

4 Fakta Unik Brunei Darussalam Ini Wajib Kamu Tahukompasiana.com

Sedikitnya taksi di Brunei disebabkan masyarakat banyak yang memiliki mobil pribadi. Maka dari itu, taksi hanya digunakan oleh turis atau pengunjung yang stand by di bandara atau hotel. Jarang sekali terdapat di jalanan serta tarif yang juga tergolong mahal membuat taksi di sana tergolong sedikit dari pada negara lain.

Baca Juga: Ini 14 Alasan Malaysia Pilihan Terbaik buat yang Baru ke Luar Negeri

3. Naik bus hanya ada sampai jam 6 dan ongkos tidak pernah naik

4 Fakta Unik Brunei Darussalam Ini Wajib Kamu Tahulivingnomads.com

Bus di Brunei tidak banyak dan hampir semua penumpang maupun supir dan keneknya adalah orang luar Brunei. Ada yang dari Indonesia dan sebagian merupakan orang Bangladesh. Uniknya di sini tarif bus sejak tahun 1990-an sampai detik ini tidak pernah mengalami kenaikan tarif 1 Ringgit pun.

4. Jerudong Park, dunia fantasi gratis

4 Fakta Unik Brunei Darussalam Ini Wajib Kamu Tahubruneitourism.com

Pada tahun 1990an Jerudong Park wahana fantasi di Brunei pernah menggratiskan pengunjung untuk bermain. Namun pada tahun 2000an Jerudong Park mulai di terapkan sistem pembayaran tiket karena biaya perawatan yang mahal. Sayangnya, sejak dikenai tarif masuk, pengunjung mulai sepi dan akhirnya ditutup. Namun pada 2017 Jerudong Park mulai di buka kembali dengan tetap membeli tiket masuk wahana.

Nah, itulah beberapa fakta unik dari Brunei Darussalam. Siapa, nih yang udah berencana liburan ke sana?

Baca Juga: Gak Kalah Keren, Ini 8 Alasan Kamu Harus Berlibur ke Brunei Darussalam

Rama Dhan Aziz Photo Community Writer Rama Dhan Aziz

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You