Comscore Tracker

7 Oleh-oleh Khas Denmark yang Unik dan Hanya Bisa Dibeli di Sana

Banyak barang-barang unik lho!

Denmark merupakan salah satu negara yang kaya akan budaya yang masih dipertahankan sampai saat ini. Mereka juga bahkan masih mempercayai cerita yang sudah ada sejak zaman dahulu dan tetap diturunkan secara turun-temurun. Berkunjung ke Denmark tidak lengkap kalau pengunjung tidak membeli beragam oleh-oleh dari negara ini.

Banyak oleh-oleh yang diambil dari kebudayaan Denmark yang tetap terjaga yang tentu semakin menarik. Bahkan juga oleh-oleh tersebut dibuat sebagai bentuk penghormatan bagi tokoh penting.

Berikut tujuh oleh-oleh khas unik dan menarik ini hanya bisa dibeli di Denmark. Penasaran?

1. The Danish Nisse

7 Oleh-oleh Khas Denmark yang Unik dan Hanya Bisa Dibeli di SanaInstagram.com/my_way_of_hygge

Terdapat sebuah kepercayaan unik di Denmak, yang mana akan ada Nisse, yaitu  peri nakal namun terlalu bersemangat yang malahan menyebabkan masalah saat Natal berlangsung. Oleh karena itu, banyak penduduk setempat yang berinisiatif untuk meninggalkan puding beras atau bubur untuknya pada Malam Natal, dengan harapan peri tersebut tidak akan menimbukan masalah. Peri ini merupakan pria kecil dengan pakaian wol abu-abu, bakiak putih, topi merah, dan stoking. 

Karena ceritanya yang melegenda membuat banyak toko sovenir menjual peri ini karena tampilannya yang lucu yang tentu bisa menjadi oleh-oleh.

2. Perhiasan Viking

7 Oleh-oleh Khas Denmark yang Unik dan Hanya Bisa Dibeli di SanaInstagram.com/irene_btrix

Perhiasan Viking menjadi salah satu hal wajib untuk dibeli ketika mengunjungi Denmark, karena perhiasan merupakan bagian besar dari budaya Viking. Hal tersebut karena dapat menunjukkan tingkat kekayaan atau digunakan untuk mengikat pakaian.

Yang menarik, banyak museum Denmark yang memamerkan perhiasan Viking asli. Pengunjung dapat membawa sebagian dari sejarah Skandinavia dengan membeli replika dari toko museum dan toko lain di seluruh negeri.

3. Royal Copenhagen China

7 Oleh-oleh Khas Denmark yang Unik dan Hanya Bisa Dibeli di SanaInstagram.com/suzannetuckerhome

Royal Copenhagen sangat populer karena telah membuat beragam produk porselen yang identik dengan warna biru-putih yang halus. Produk ini dapat berup piring, mug, teko dan mangkuk. Yang menarik, produk ini memperoleh inspirasi dari peralatan makan serupa yang diekspor dari Tiongkok selama dinasti Ming dan Qing.

Baca Juga: 5 Kudapan Lezat dan Nikmat Asal Denmark yang Menggugah Selera Banget!

4. Produk Lakrids oleh Bülow

7 Oleh-oleh Khas Denmark yang Unik dan Hanya Bisa Dibeli di SanaInstagram.com/lakridsbybulow

Produk Lakrids sangatlah populer di Denmark. Produk yang terbuat dari akar manis ini bisa berupa es krim, bir, koktail, permen, dan banyak produk lainnya.

Johan Bülow pada tahun 2007 berpikir untuk membuat cokelat yang nikmat dengan rasa yang berbeda tetapi menggunakan akar manis sebagai bahan utamanya. Sekarang perusahaannya, yaitu Lakrids by Bülow telah meraih kesuksesan yang besar.

5. Toms Skildpadde

7 Oleh-oleh Khas Denmark yang Unik dan Hanya Bisa Dibeli di SanaInstagram.com/maha1985

Toms Skildpadde merupakan salah satu cokelat yang paling terkenal di negara ini. Toms Skildpadde dalam bahasa Inggris berarti Tom's Turtle yang merupakan penyu coklat yang diisi dengan rum, krim, dan karamel.

6. Kue mentega

7 Oleh-oleh Khas Denmark yang Unik dan Hanya Bisa Dibeli di SanaInstagram.com/miz_the_nerd

Kue mentega atau sering disebut butter cookies mungkin mudah ditemukan di negara-negara lainnya. Namun tetap saja sampel terbaiknya adalah di negara asalnya.

Selama 50 tahun terakhir, kue dengan rasa manis ini telah menjadi bagian dari budaya Denmark dan menjadi salah satu kue Denmark yang paling dicintai.

7. Barang Hans Christian Andersen

7 Oleh-oleh Khas Denmark yang Unik dan Hanya Bisa Dibeli di SanaInstagram.com/citaj_knjigu

Hans Christian Andersen merupakan salah satu tokoh penting bagi penduduk Denmark. Terdapat pula sebuah Museum HC Andersen yang terletak sekitar 167 km barat daya Kopenhagen. Di museum ini pengunjung dapat belajar tentang perjalanan Andersen, mulai dari masa kecilnya hingga kehidupannya di distrik tepi laut Kopenhagen di Nyhavn.

Toko di sekitar museum menjual miniatur karakter dongeng penulis dan replika barang yang dia gunakan selama hidupnya. Yang unik, ia mempunyai kebiasaan membuat potongan kertas untuk menghibur tamunya pada pertemuan yang meriah.

Di toko museum, pengunjung dapat menemukan berbagai dekorasi Natal yang diproduksi oleh perusahaan Denmark Nordahl Andersen yang didasarkan pada potongan kertas ini. Menarik bukan?

Denmark mempunyai beragam macam oleh-oleh yang menarik. Banyak wisatawan yang tertarik membelinya. Oleh-oleh yang mana nih yang membuat kamu tertarik?

Baca Juga: 10 Restoran Halal Terbaik di Copenhagen, Denmark Versi Tripadvisor

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya