Comscore Tracker

5 Destinasi One Day Trip Kota Padang Beserta Transportasinya, Catat!

Bikin gak ragu untuk berkunjung ke Kota Padang

Kota Padang merupakan kota yang memiliki berjuta cerita. Kota yang terkenal dengan pantai Padangnya ini ternyata dapat dengan mudah dikunjungi dalam satu hari. Di sini kamu akan menemui tempat-tempat yang sering didengar dalam legenda dan cerita rakyat seperti Batu Malin Kundang, makam Siti Nurbaya, Jembatan Siti Nurbaya, dan lebih banyak lagi.

Memang untuk mengunjungi semua destinasi wisatanya dalam satu hari terasa tidak mungkin. Namun kamu bisa memilih tempat-tempat yang gampang untuk dikunjungi. Berikut 5 destinasi wisata one day trip kota Padang rute berdasarkan dari Bandara Internasional Minangkabau dan kembali lagi ke bandara tersebut.

1. Pantai Air Manis

5 Destinasi One Day Trip Kota Padang Beserta Transportasinya, Catat!Instagram.com/jejeniola

Pantai Air Manis adalah pantai yang terkenal dengan Batu Malin Kundangnya. Batu yang berdasarkan legendanya adalah sosok anak durhaka kepada ibunya dan dikutuk jadi batu, dapat kamu temui di sini. Di sekitar Pantai Air Manis kamu juga dapat berkunjung ke makam Siti Nurbaya, Meriam Tua Jepang, dan Pulau Pisang.

Pantai Air Manis berjarak 37,9 km dari Bandara Internasional Minangkabau. Meskipun luamayan jauh, namun tempat wisata satu ini sayang sekali jika dilewatkan.

Kamu bisa naik bis Damri jurusan Bandara Internasional Minangkabau - Imam Bonjol, turun di Pasar Raya Padang. Kemudian naik angkot 433 jurusan Pasar Raya - Teluk Bayur dan turun di Simpang Pantai Air Manis, lalu kamu bisa melanjutkan perjalanan ke pantai dengan menggunakan ojek yang ada di sana.

2. Jembatan Siti Nurbaya

5 Destinasi One Day Trip Kota Padang Beserta Transportasinya, Catat!Instagram.com/gnfi

Berjarak 5 km dari Pantai Air Manis, kamu bisa berkunjung terlebih dahulu ke Jembatan Siti Nurbaya ini. Kisah Siti Nurbaya yang melegenda juga membuat jembatan ini sayang untuk dilewatkan.

Jika kebetulan berlibur di hari sabtu atau minggu, kamu bisa naik bus City Tour kota Padang yang arah ke kota Padang. Bus ini akan melewati Gunung Padang sebelum sampai ke Jembatan Siti Nurbaya.

Di jembatan kamu bisa melihat pemandangan kota Padang dan menikmati jajanan yang disuguhkan di sekitar jembatan. Dari jembatan ini juga kamu dapat melihat pelabuhan Muaro yang tenang, Gunung Padang yang berdiri kokoh, dan di sisi yang berlawanan kamu bisa melihat kota tua.

Baca Juga: 5 Resep dan Cara Membuat Masakan Padang yang Bikin Ketagihan

3. Kota Tua

5 Destinasi One Day Trip Kota Padang Beserta Transportasinya, Catat!Instagram.com/beyubaystory

Untuk ke Kota Tua dari Jembatan Siti Nurbaya cukup berjalan kaki. Kamu juga bisa berjalan kaki ke klenteng See Hien Kiong karena hanya berjarak 1,1 km.

Klenteng See Hien Kiong terkenal dengan arsitekturnya yang indah. Di sini kamu bisa melihat Gedung Geo Wehry & Co, yang telah ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya di Kota Padang.

Di sekitar kota tua juga terdapat berbagai rumah makan dan cafe. Jika mau, kamu bisa makan siang di sini sebelum melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya.

4. Pantai Padang

5 Destinasi One Day Trip Kota Padang Beserta Transportasinya, Catat!pinterest.com/Fajri Arfi

Berjarak sekitar 5 km dari klenteng See Hien Kiong, kamu bisa naik ojek untuk sampai ke Pantai Padang. Jika di kawasan kota Tua tidak sempat makan, di Pantai Padang juga tempat yang baik untuk santap siang karena di sini kamu akan tergoda dengan aroma ikan bakar yang semerbak dan makanan laut lainnya yang membuatmu betah berlama-lama sambil menikmati deburan ombak pantai padang.

Di sini kamu juga dapat mencicipi berbagai jajanan unik pantai padang seperti yang terdapat pada artikel ini.

5. Masjid Raya Sumatera Barat

5 Destinasi One Day Trip Kota Padang Beserta Transportasinya, Catat!Instagram.com/beyubaystory

Dari Pantai Padang kamu dapat langsung naik angkot arah Pasar Raya Padang dan turun di lampu merah Damar. Untuk menyambung angkot berikutnya kamu harus berjalan sedikit ke arah Belakang Olo, kemudian naik angkot biru Jurusan Lapai, dan lalu turun di Mesjid Raya Sumatera Barat.

Di sini kamu dapat beribadah terlebih dahulu dan mensyukuri hari ini sebelum kembali ke bandara.

Arsitekturnya masjid yang indah juga dapat kamu manfaatkan untuk mengambil beberapa foto. Dari masjid raya, kamu dapat naik Trans Padang hingga ke Universitas Negeri Padang lalu melanjutkan perjalanan ke bandara dengan menggunakan Damri.

Nah, itu dia destinasi wisata satu hari di Kota Padang. Jika ragu atau merasa tersesat, bertanyalah pada masyarakat sekitar.

Baca Juga: Ada Legenda Malin Kundang! Ini 5 Pantai Andalan Padang, Sumatera Barat

Regina Amalia Photo Verified Writer Regina Amalia

@reginaamalia.ra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya