Comscore Tracker

Charming, 7 Kota Ramah Lingkungan Ini Bikin Hati Bahagia Saat Liburan!

Tidak hanya hijau, namun juga banyak eco building

Nama Helsinki, ibu kota Finlandia, masih masuk dalam daftar Indeks Kota Hijau Eropa. Helsinki tidak hanya berpengalaman dalam tata kelola lingkungan saja, tapi juga ramah lingkungan dalam hal efisiensi energi. Kota ini sendiri masih menggunakan bahan bakar fosil sebagai sumber energi. Hal tersebut didukung pula dengan pengelolaan sampah yang baik.

Selain Helsinki, ini dia kota ramah lingkungan lainnya yang bisa kamu kunjungi.

1. Surabaya

Charming, 7 Kota Ramah Lingkungan Ini Bikin Hati Bahagia Saat Liburan!instagram.com/arrif.m

Salah satu kota pertama yang ramah lingkungan ada di negara kita adalah Surabaya. Ibu kota Jawa Timur ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai Global Green City karena banyak wilayahnya mulai penuh dengan ruang hijau.

Sama halnya Helsinki, pemerintah kota Surabaya bersama masyarakat juga mengelola limbah sampah dengan baik sehingga Kota Pahlawan ini masuk dalam klasifikasi kota ramah lingkungan.

Banyak banget destinasi yang dapat kalian kunjungi selagi di Surabaya, mulai dari Monumen Kapal Selam, Taman Bungkul, Hutan Bambu Keputih, Kampung Bulak, dan masih ada lainnya.

2. Singapore

Charming, 7 Kota Ramah Lingkungan Ini Bikin Hati Bahagia Saat Liburan!instagram.com/thecutlerychronicles

Meski disinggahi banyak gedung pencakar langit, pada tahun 2016 kota Singapore mendapatkan julukan sebagai Kota Hijau Asia.

Kota yang memiliki banyak destinasi menarik seperti Universal Studios  Singapore, Garden by The Bay, Pulau Sentosa, Singapore Flyer, dan Marina Bay Sands, berusaha menyeimbangkan antara lingkungan dan alam.

Meski menjadi kota modern banyak ruang hijau yang dapat kalian temukan di kota ini. Bahkan bangunan-bangunan hingga bandara di sini mulai mengusung konsep eco friendly, lho!

3. Oslo

Charming, 7 Kota Ramah Lingkungan Ini Bikin Hati Bahagia Saat Liburan!instagram.com/oddvar_arnesen_

Pada tahun 2019 lalu, Oslo dinobatkan sebagai ibu kota hijau Eropa. Pusat kota sekaligus ibu kota Norwegia ini telah menerapkan banyak hal baik untuk lingkungan mulai dari mengubah limbah makanan menjadi biofuel untuk bus, car free day, membuka banyak ruang hijau, dan masih banyak lainnya.

Wah, asyik banget pastinya jalan-jalan ke Frogner Park, Radhuset, Akershus Fortress, atau The Norwegian Museum of Culture History sembari menikmati udara kota yang segar.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ramah Lingkungan ala Masyarakat Finlandia, Yuk Terapkan!

4. Copenhagen

Charming, 7 Kota Ramah Lingkungan Ini Bikin Hati Bahagia Saat Liburan!instagram.com/visitcopenhagen

Copenhagen sedang memiliki misi utama yaitu menjadi kota bebas emisi karbon pertama pada tahun 2025. Kota ramah lingkungan sekaligus ibu kota Denmark ini lebih dari setengah penduduknya menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi.

Tidak hanya itu, Copenhagen juga memiliki lebih dari 2.220 hektar area hijau dengan akses publik. Jika berlibur ke sini, jangan heran banyak pengendara sepeda yang lalu lalang di jalanan kota!

Pastikan selama berlibur ke Copenhagen kalian sempatkan untuk mampir ke Taman Tivoli, ikonnya kota Copenhagen yang telah ada sejak abad ke-19.

5. Amsterdam

Charming, 7 Kota Ramah Lingkungan Ini Bikin Hati Bahagia Saat Liburan!instagram.com/amsterdam

Sama halnya dengan Copenhagen, Amsterdam adalah kota paling ramah sepeda di dunia. Ibu kota Belanda ini juga terkenal dengan pengelolaan sampah lingkungan yang baik.

Kini, Amsterdam sedang bertahap dalam mengurangi penggunaan energi dan berusaha meningkatkan kapasitas penggunaan tenaga surya dalam kehidupan sehari-hari.

Bebas polusi, nikmati teduhnya bersantai di Vondel Park usai berjalan-jalan menelusuri Rijksmuseum atau Museum Van Gogh ketika berlibur di Amsterdam.

6. Vancouver

Charming, 7 Kota Ramah Lingkungan Ini Bikin Hati Bahagia Saat Liburan!instagram.com/sophiemayk

Ada satu destinasi di Vancouver yang membuat kalian seperti berada di pintu surga, yaitu Capilano Suspension Bridge Park. Di sini, kalian dapat menikmati sejuknya udara segar dengan mata yang dihibur dengan hijaunya pepohonan.

Kota yang terletak di provinsi British Columbia, Kanada ini termasuk kota ramah lingkungan.

Vancouver menerapkan pajak emisi karbon, sebagai langkah dalam menjaga lingkungan. Selain mendaur ulang sampah, Vancouver juga sedang menjalankan misinya yaitu zero emissions buildings pada tahun 2030 dan zero waste di tahun 2040.

7. Stockholm

Charming, 7 Kota Ramah Lingkungan Ini Bikin Hati Bahagia Saat Liburan!instagram.com/uganphoto

Ibu kota Swedia ini ternyata nama pertama yang dinobatkan sebagai Ibu Kota Hijau Eropa, lho!

Kota di mana Istana Drottningholm, Stockholm City Center, Skansen, Istana Stockholm, dan Museum Vasa ini berdiri menyarankan kepada penduduknya untuk beralih transportasi umum dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Di Stockholm sendiri sering diadakan car free day dan kegiatan ramah lingkungan lainnya yang membuat kota ini memiliki kualitas udara terbaik serta tingkat kemacetan terendah di Eropa.

Wah, asyik banget pastinya jalan-jalan ke kota ramah lingkungan yang telah disebutkan tadi. Selain hati jadi bahagia, tubuh dan pikiran pun ikut menjadi sehat.

Baca Juga: 5 Ide Bungkus Kado Ramah Lingkungan, Bisa Ikut Kurangi Sampah 

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya