Comscore Tracker

6 Suka Duka Tinggal di Pedesaan, Gak Senyaman yang Kamu Pikirkan!

Apa kamu tertarik tinggal di pedesaan?

Meskipun kebanyakan desa di masa sekarang sudah tersentuh teknologi modern, seperti listrik dan internet. Namun, untuk tinggal dan menetap di sana sepertinya perlu banyak pertimbangan. Apalagi bagi kamu yang sedari kecil hidup di kota. Mungkin akan sedikit kaget dengan keadaan desa yang fasilitasnya tidak selengkap di area perkotaan.

Oleh karena itu, baiknya kamu simak artikel berikut ini. Kali ini, kita bakal membahas tentang suka duka tinggal di area pedesaan. Semoga bisa jadi gambaran jika suatu saat nanti kamu ingin menetap di sana!

1. Lingkungan yang relatif lebih senyap

6 Suka Duka Tinggal di Pedesaan, Gak Senyaman yang Kamu Pikirkan!ilustrasi area pedesaan (unsplash.com/Yura Lytkin)

Hal yang paling mencolok dari tinggal di area pedesaan adalah lingkungannya yang tergolong senyap atau minim kebisingan. Mungkin ini juga yang jadi alasan utamamu mengapa kamu berpikir bahwa tinggal di desa itu enak. Yup, karena umumnya area pedesaan berada jauh dari jalan raya atau tempat yang menghasilkan polusi suara, macam pabrik, dll. Makanya suara bising pun tidak akan terdengar.

Eits, tapi bukan berarti gak ada kebisingan sama sekali, lho. Nyatanya, pada beberapa momen tertentu. Tetap ada juga suara berisik yang bakal menghampiri. Contohnya, ketika ada acara di rumah yang melibatkan banyak orang atau ketika di lingkungan sekitar kita ada yang sedang mengadakan pernikahan. 

Pokoknya, harus siap-siap gak tenang untuk beberapa waktu. Mengingat musik dangdut jedag jedug yang keluar dari sound system berukuran besar, pasti bakal terus terdengar untuk jangka waktu tertentu. Tapi hei, itu gak bakal berlangsung lama kok. Ya, walaupun pasti bakal terganggu juga bila kita sedang butuh konsentrasi untuk mengerjakan sesuatu. Apa kamu yang tinggal di kota juga sering terganggu akan hal ini?

2. Jalannya nyaman untuk dipakai berjalan kaki atau berkendara

6 Suka Duka Tinggal di Pedesaan, Gak Senyaman yang Kamu Pikirkan!ilustrasi jalan di desa (unsplash.com/Michael Lammli)

Meski tidak semuanya, namun kebanyakan jalan di pedesaan kini sudah diberi aspal agar semakin mulus. Gak cuma nyaman untuk dipakai berkendara. Jalan yang berada di area pedesaan juga sangat ideal untuk dipakai berjalan kaki maupun bersepeda.

Minimnya kendaraan yang lewat, membuat kita bisa melewatinya dengan aman dan tenang. Selain itu, gak perlu takut dengan polusi udara yang berlebihan.

3. Beberapa kebutuhan hidup bisa didapat dengan murah 

6 Suka Duka Tinggal di Pedesaan, Gak Senyaman yang Kamu Pikirkan!ilustrasi hasil pertanian (pexels.com/Yaprak Atansay Dinç)

Kalau ada yang bilang kebutuhan hidup di desa bisa didapat dengan harga murah, maka hal itu gak sepenuhnya salah. Karena mayoritas hasil pertanian memang umumnya berasal dari desa. Makanya, warga desa pun bisa mendapatkan bahan pokok tersebut dengan harga murah. Tapi ya, untuk beberapa kebutuhan lain, nyatanya harganya tidak berbeda jauh dengan yang biasa dijual di daerah lainnya.

Tidak hanya bahan mentah, di desa pun juga banyak yang menjual makanan jadi. Kebanyakan makanan yang dijual tersebut adalah makanan tradisional atau kaki lima, makanya harganya terbilang murah. Ya, walaupun sederhana, tapi masih tetap nikmat dan mengenyangkan, kok!

Untuk beberapa hal lain, seperti kebutuhan air misalnya. Kebanyakan warga desa tidak perlu repot membelinya. Sebab, setiap rumah yang ada di desa umumnya berdiri sendiri dengan lahan milik sendiri pula. Jadi, masing-masing warga hanya perlu membangun saluran air sendiri. Paling-paling yang dibeli hanya air minum isi ulang saja.

Baca Juga: 9 Fakta Menarik KDrama Once Upon a Small Town, Ambil Latar Pedesaan

4. Provider yang terbatas

6 Suka Duka Tinggal di Pedesaan, Gak Senyaman yang Kamu Pikirkan!ilustrasi kartu SIM (pixabay.com/tomekwalecki)

Untuk sisi minus atau kekurangan pertama dari tinggal di desa ialah minimnya provider yang tersedia. Provider merupakan perusahaan yang menyediakan layanan internet dan telepon. Ini sebenarnya cukup menjadi masalah, mengingat tidak semua provider menyediakan tarif yang murah untuk layanan yang diberikannya.

Jadi, bila di satu desa hanya tersedia satu provider, mau gak mau kita harus memakai kartu dari provider tersebut. Karena meskipun provider lain menyediakan harga paket yang lebih murah. Tapi kalau di desa setempat saja jaringannya tidak ada, tentu akan sia-sia membelinya.

5. Fasilitas publik yang belum selengkap di kota

6 Suka Duka Tinggal di Pedesaan, Gak Senyaman yang Kamu Pikirkan!ilustrasi kendaraan umum (unsplash.com/Ryan Dinata)

Mungkin kita masih bisa menahan diri untuk tidak pergi ke mall atau menonton di bioskop, mengingat fasilitas tersebut tidak masuk ke area pedesaan. Tapi bahkan, untuk kebutuhan transportasi umum saja masih sangat minim atau bahkan tidak ada sama sekali.

Jadi, jika kamu tinggal di desa dan kebetulan ingin bepergian jauh. Maka kamu harus menyiapkan kendaraan sendiri atau meminjam milik tetangga jika tidak punya pilihan lain.

6. Lapangan kerja yang tidak selengkap di kota

6 Suka Duka Tinggal di Pedesaan, Gak Senyaman yang Kamu Pikirkan!ilustrasi pekerjaan (unsplash.com/Marten Bjork)

Untuk urusan pekerjaan pun, kita gak punya banyak pilihan. Kebanyakan pekerjaan di desa hanya berputar pada sektor pertanian atau peternakan. Sebenarnya ada juga beberapa bisnis skala kecil yang didirikan di pedesaan. Namun, yang ditugaskan bekerja di sana umumnya hanya anak atau keluarga dari pemilik bisnis tersebut.

Itulah kenapa banyak warga desa yang akhirnya memilih pergi merantau ke kota. Sebab, di kota memang tersedia lebih banyak peluang pekerjaan.

Tinggal di mana pun itu memang memiliki sisi plus dan minusnya masing-masing. Itulah kenapa diperlukan banyak pertimbangan sebelum memilih tempat yang layak untuk ditinggali. Meskipun keadaan setiap desa tidak bisa disamakan. Tapi, semoga artikel di atas bisa menjadi gambaran yang cukup untuk menjelaskan seperti apa kehidupan di desa itu. Jadi, apa kamu tertarik untuk tinggal di desa suatu saat nanti?

Baca Juga: 5 Keuntungan yang Didapatkan Ketika Tinggal di Pedesaan, Bikin Betah?

Hay Lee Photo Verified Writer Hay Lee

Nulis karena bingung mau ngapain lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya