Comscore Tracker

5 Festival Keagamaan Hindu yang Wajib Dikunjungi kalau ke India

#ANGPOIN Masa ke India cuma ke situ-situ aja?

Hindu adalah salah satu agama dengan keaneka ragaman dan terdapat banyak mitos dan dewa. Agama ini memiliki lebih dari satu dewa yang masing-masing memiliki festival atau perayaannya masing-masing di waktu tertentu.

Jika kamu berkunjung ke India, inilah 5 festival keagamaan Hindu yang wajib kamu kunjungi agar liburanmu semakin berkesan.

1. Diwali

5 Festival Keagamaan Hindu yang Wajib Dikunjungi kalau ke Indiastandard.co.uk

Festival cahaya -- Diwali atau Deepavali -- adalah salah satu festival populer di India. Esensi dari festival ini adalah ketika cahaya menggantikan kegelapan atau merayakan kemenangan kebaikan atas kejahatan. Cahaya yang berkilauan akan menghiasi tiap sudut dan celah India di malam hari. Tak hanya itu, perayaan Diwali juga akan dihiasi dengan kembang api dan bermacam-macam perjamuan tradisional yang lezat.

Festival Diwali akan dirayakan pada 14 November 2020.

2. Holi

5 Festival Keagamaan Hindu yang Wajib Dikunjungi kalau ke Indiasmithsonianmag.com

Holi adalah festival warna dan pertanda musim semi di India. Permulaan festival Holi akan ditandai dengan pembakaran patung Holika -- entitas jahat dalam agama Hindu, sebagai tanda bahwa kebaikan akan selalu menang dan kejahatan akan kalah.

Di malam hari, akan ada pesta pora berupa api unggun dan berlangsung hingga pagi. Keesokannya, orang-orang akan saling mengolesi satu sama lain dengan bedak berwarna dan berdansa menari merayakan kejahatan yang berhasil dikalahkan.

Festival Holi akan diadakan di India pada 9-10 Maret 2020.

Baca Juga: Resep Papadum Khas India, Kerupuk Spesial yang Wajib Ada Saat Diwali

3. Onam

5 Festival Keagamaan Hindu yang Wajib Dikunjungi kalau ke Indiahellotravel.com

Onam adalah festival resmi negara bagian Kerala dan biasanya akan dirayakan dengan perayaan yang meliputi olahraga tradisional seperti lomba perahu dan tarik tambang. Legenda di balik perayaan Onam adalah tentang kepulangan dewa bernama Mahabali, mirip seperti Holika dalam festival Holi. Jika dalam festival Holi, Holika akan dibakar dan diperlakukan seperti penjahat. Namun dalam festival Onam, Mahabali akan diperlakukan dengan terhormat. 

Festival Onam di India akan diadakan pada 22 Agustus 2020 dan berakhir pada 2 September 2020.

4. Krishna Janmashtami

5 Festival Keagamaan Hindu yang Wajib Dikunjungi kalau ke Indiaindiatvnews.com

Dewa Krishna memiliki tempat dan posisi yang cukup menonjol dalam ajaran agama Hindu. Krishna Janmashtami adalah festival yang merayakan kelahiran Krishna dengan penuh suka cita dan kegembiraan, biasanya akan diisi dengan banyak tarian dan nyanyian. Perayaan ini sering dilakukan dengan cara menggelar banyak lomba dan kompetisi, salah satunya adalah memecahkan pot berisi yoghurt yang dilempar ke udara.

Dalam perayaan ini, orang-orang akan membentuk piramida manusia untuk memecahkan pot dan menumpahkan isinya untuk dijadikan persembahan ritual.

Festival Krishna Janmashtami akan diadakan pada 11 Agustus 2020.

5. Ugadi

5 Festival Keagamaan Hindu yang Wajib Dikunjungi kalau ke Indiadeccanchronicle.com

Sesuai dengan kalender agama Hindu, Ugadi adalah Hari Tahun Baru untuk umat Hindu. Festival Ugadi dirayakan terutama di negara bagian Karnataka, Andhra Pradesh, Tamil Nadu dan Telangana di India Selatan. Bangunan-bangunan akan didekorasi dengan daun mangga, bunga, dan hiasan lainnya. Pola bunga akan digambar di lantai dan berbagai camilan gurih akan disiapkan sebagai salah satu perayaan.

Festival Ugadi akan diadakan pada 25 Maret 2020.

Jika kamu memang sudah berencana memasukkan India ke dalam salah satu bucket list liburan backpacker, ada baiknya jika kamu pilih waktu-waktu di atas agar ketika kamu datang ada perayaan meriah dan perjalananmu tak akan membosankan begitu saja.

Baca Juga: 5 Potret Kuil Shri Mariaman, Little India di Tengah Kota Medan

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya