Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Harus ke Nepal Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Kapan kamu ke sana?

Nepal adalah salah satu negara yang terletak di wilayah Asia Selatan. Memiliki bentang alam yang unik, Nepal mampu memberikan pengalaman berlibur yang paling mengesankan bagi para wisatawan yang belum tentu bisa mereka dapatkan di tempat lain. Rasanya semua hal yang berkaitan dengan Nepal tidak akan pernah ada habisnya untuk dijelajahi.

Oleh karena itulah kamu seharusnya mengunjungi Nepal setidaknya sekali seumur hidup. Nah, di bawah ini ada beberapa alasan yang diharapkan dapat menambah minatmu untuk segera berkunjung ke Nepal dan merasakan sendiri keindahannya. 

1. Biaya hidup di Nepal relatif lebih murah dan terjangkau

5 Alasan Kenapa Kamu Harus ke Nepal Setidaknya Sekali Seumur Hidupnepalecoadventure.com

Alasan kedua kamu harus mengunjungi Nepal karena biaya hidup di negara ini bisa dikatakan cukup murah dan terjangkau. Mulai dari makanan, transportasi hingga baju harganya tidak jauh berbeda dengan di Indonesia.

Sebagai contoh, di Nepal harga sewa hotel bintang tiga sekitar Rp200.000 per malam dan untuk guesthouse kamu akan dikenakan biaya sekitar Rp70.000 untuk satu malam.

Sedangkan biaya makan sebesar Rp100.000 kamu sudah bisa mendapatkan makanan bergizi yang akan mengisi perutmu yang kosong. Jadi, sudah dapat dipastikan bahwa liburanmu ke luar negeri kali ini tidak akan banyak menguras kantong. 

2. Nepal merupakan rumah bagi situs warisan dunia UNESCO

5 Alasan Kenapa Kamu Harus ke Nepal Setidaknya Sekali Seumur Hiduptrover.com

Terdapat delapan buah situs warisan dunia UNESCO yang ada di Nepal. Meskipun beberapa di antaranya ada yang terkena dampak dari gempa bumi yang terjadi beberapa tahun lalu, tetapi kamu masih bisa menikmati keindahan destinasi tersebut, kok. 

Delapan situs warisan dunia UNESCO tersebut terdiri dari Boudhanath, Swayambhunath, Changunarayan, Lembah Kathmandu, Bhaktapur Durbar Square, Taman Nasional Sagarmatha, Lumbini dan Taman Nasional Chitwan

Baca Juga: 9 Kuliner Tradisional Nepal yang Wajib Kamu Cobain

3. Nepal memiliki gunung tertinggi di dunia

5 Alasan Kenapa Kamu Harus ke Nepal Setidaknya Sekali Seumur Hidupmpora.com

Nepal merupakan surga bagi para wisatawan yang senang melakukan trekking. Nepal memiliki Everest yang merupakan gunung tertinggi di dunia dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dari seluruh penjuru dunia. 

Jangan sampai kamu menyia-nyiakan kesempatan untuk mendaki Everest ketika tiba di Nepal. Tidak harus sampai di puncak tertinggi di dunia, bisa menyentuh base camp yang tingginya 5.364 meter saja sudah merupakan pengalaman luar biasa yang tidak akan pernah bisa kamu lupakan. Dari sini pemandangan alam Nepal akan tampak sangat memesona. Dan jangan lupa untuk membawa jaket musim dingin yang paling tebal, ya.

4. Di Nepal wisatawan bisa secara langsung melihat satwa liar

5 Alasan Kenapa Kamu Harus ke Nepal Setidaknya Sekali Seumur Hidupbbc.co.uk

Tidak hanya bentang alamnya saja yang memukau, kekayaan fauna yang dimiliki oleh Nepal membuat banyak orang berbondong-bondong ingin menyaksikannya sendiri secara langsung. 

Nepal dijuluki sebagai Amazon Asia karena memiliki taman satwa besar yang bisa dikunjungi, yaitu Taman Nasional Chitwan atau Bardia National Park. Di dalam taman ini terdapat berbagai satwa liar yang bisa kamu saksikan secara langsung, mulai dari burung, gajah liar, rusa, macan tutul, badak bercula satu, hingga buaya. Bahkan kamu juga bisa melihat macan Bengal yang saat ini keberadaannya terancam punah. 

5. Nepal memiliki kultur yang beragam

5 Alasan Kenapa Kamu Harus ke Nepal Setidaknya Sekali Seumur Hidupbluetreks.com

Terdapat lebih dari 35 kelompok etnik yang tinggal di Nepal. Hal ini tentunya menunjukkan bahwa ada banyak pengaruh bahasa, pengaruh musik, makanan dan lain-lain di sana. Sedangkan untuk kepercayaan, Nepal menjadi satu-satunya negara di dunia yang memuja seorang dewi bernama Dewi Kumari. 

Nah, itulah lima alasan kamu harus mengunjungi Nepal setidaknya sekali seumur hidup. Jadi, kapan kira-kira kamu akan ke sana, guys?

Baca Juga: Ingin Liburan ke Nepal? Ini 9 Fakta Menarik yang Wajib Kamu Pahami

Sinta Listiyana Photo Community Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) | IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You