Comscore Tracker

Berlibur ke Sri Lanka, Ini 7 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan

Liburanmu jadi lebih menyenangkan

Sri Lanka merupakan sebuah negara kecil di Asia Selatan yang letaknya dekat dengan Maladewa. Luas wilayahnya bahkan lebih kecil jika dibandingkan dengan pulau Sumatera dan pulau Jawa.

Meskipun termasuk negara kecil, tetapi Sri Lanka memiliki banyak tempat wisata yang menawarkan keindahan dan pengalaman berlibur paling mengesankan bagi para wisatawan.

Nah, berikut ini terdapat tujuh aktivitas seru yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Sri Lanka.

1. Menikmati keindahan situs warisan dunia UNESCO

Berlibur ke Sri Lanka, Ini 7 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukanfanpop.com

Sri Lanka memiliki dua situs warisan dunia UNESCO yang sangat terkenal. Dua situs ini berupa kota tua yaitu Galle dan Kandy. Galle merupakan sebuah kota pelabuhan peninggalan dari negara Portugis. Sementara itu, Kandy yang pernah menjadi ibukota Sri Lanka ini merupakan kota peninggalan dari Raja Sinhalese Kings.

Spot wisata di Galle yang paling terkenal di kalangan wisatawan adalah benteng Galle yang digunakan sebagai tempat untuk toko, kafe, restoran, penginapan dan gedung-gedung bisnis lainnya.

Selain benteng Galle, ada juga mercusuar yang lokasinya berada di dekat laut. Jadi, wisatawan bisa mengamati kemegahan sekaligus bermain air di pantai tanpa perlu khawatir karena airnya sangat bersih.

Puas dengan kota Galle sekarang saatnya melanjutkan perjalanan ke kota Kandy. Sebagai kota terbesar kedua di Sri Lanka setelah Kolombo, Kandy juga menjadi pusat bisnis di negara ini.

Saat berada di Kandy wisatawan biasanya berkunjung ke danau Kandy dan tidak ketinggalan juga mendatangi atraksi paling terkenal di Sri Lanka yang bernama Temple of the Tooth atau Kuil Gigi Budha.

2. Melakukan wisata pengamatan gajah

Berlibur ke Sri Lanka, Ini 7 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukanodyfoliotravel.com

Destinasi menarik selanjutnya di Sri Lanka yang wajib dikunjungi adalah Pinnawala Elephant Orphanage. Tempat ini bisa dibilang merupakan sebuah panti asuhan, tempat penitipan dan lokasi pengembangbiakan gajah liar Asia. Di sini wisatawan diberi kesempatan untuk bermain bersama gajah sekaligus memberi mereka makan.

Di Pinnawala Elephant Orphanage gajah-gajah yang ditelantarkan, terluka ataupun cacat dirawat dengan sangat baik. Puas mengamati aktivitas gajah yang jumlahnya sangat banyak ini wisatawan juga bisa mengunjungi Royal Botanical Garden yang memiliki banyak koleksi bunga anggrek. 

3. Menjelajahi pantai dengan pemandangan eksotis

Berlibur ke Sri Lanka, Ini 7 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukankitetrip-planner.com

Tempat wisata di Sri Lanka tidak melulu soal budaya, sejarah, dan religi saja. Di sini juga wisatawan bisa menemukan banyak pantai yang menawarkan pemandangan eksotis, beberapa di antaranya ada pantai Unawatuna, pantai Mirissa dan pantai Arugam. 

Pantai Unawatuna adalah tempat terbaik untuk menyelam karena airnya sangat jernih sekaligus sebagai tempat berjemur. Sedangkan pantai Mirissa merupakan tempat untuk melakukan wisata pengamatan paus. Selanjutnya ada pantai Arugam yang menjadi surga bagi mereka yang suka berselancar. 

Baca Juga: 6 Kuliner Sri Lanka nan Pedas Ini Siap Memanjakan Lidahmu

4. Melakukan kegiatan pendakian

Berlibur ke Sri Lanka, Ini 7 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukansrilankanexpeditions.co.uk

Melakukan pendakian juga termasuk aktivitas seru yang bisa dilakukan di Sri Lanka. Apalagi bagi para wisatawan yang menyukai petualangan sangat disarankan untuk melakukan pendakian tersebut.

Beberapa tempat pendakian yang terkenal adalah bukit Sigiriya Lion Rock, Horton Plains National Park, Knuckles Mountain Range, Adam's Peak dan Sinharaja Rain Forest.

Pemandangan yang indah dari setiap sudut Sri Lanka yang tampak dari bukit Sigiriya Lion Rock memang tiada duanya. Bagi wisatawan yang termasuk ke dalam kelompok pendaki pemula hendaknya terlebih dahulu melakukan pendakian di Horton Plains National Park dan Knuckles Mountain Range karena kedua tempat ini memiliki medan yang tidak terlalu sulit.

Dan jika ingin melakukan pendakian ekstrim di tengah hutan wisatawan bisa datang ke Sinharaja Rain Forest. Sementara itu Adam's Peak lebih sering didatangi oleh wisatawan yang ingin melakukan perjalanan religi agama Buddha.

5. Wisata keliling perkebunan teh terbesar di Sri Lanka

Berlibur ke Sri Lanka, Ini 7 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukanman-made.world

Tahukah kamu bahwa Sri Lanka merupakan negara penghasil teh terbesar keempat di dunia? Sebagian besar kebun teh di Sri Lanka bisa ditemukan dengan mudah di kawasan Hill Country.

Beberapa kebun teh yang terkenal adalah Pedro Tea Factory dan Bluefield Tea Gardens yang termasuk paling besar di Sri Lanka. Ada juga Handunugoda Tea Estate yang di dalamnya terdapat sekitar 25 jenis teh.

Selain mengamati para pekerja yang dengan lihainya memetik daun teh, para wisatawan bisa mengikuti wisata keliling kebun teh yang biasanya diadakan oleh para pemilik kebun.

6. Naik kereta api berkeliling Sri Lanka

Berlibur ke Sri Lanka, Ini 7 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukanadventuresofagoodman.com

Jangan sampai kamu menyesal karena melewatkan kegiatan seru menjelajahi jalur kereta api tercantik di Sri Lanka dengan tujuan kota Ella dari Kolombo.

Ketika menaiki kereta, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam Sri Lanka yang masih alami. Dalam perjalanan tersebut, kereta akan membawa wisatawan melewati sekitar 46 terowongan yang panjangnya bisa ada yang mencapai 562 meter.

7. Menikmati wisata balon udara

Berlibur ke Sri Lanka, Ini 7 Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukansrilankaballoon.com

Kalau cuma ingin menikmati wisata balon udara, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Eropa ataupun Amerika karena di Sri Lanka juga ada. Di sini wisata balon udara dikendalikan oleh perusahaan Sunrise Ballooning dan Sri Lanka Ballooning.

Wisata balon udara yang ditawarkan adalah tur wisata ke kawasan Dambulla. Di atas balon udara wisatawan bisa menikmati pemandangan alam Sri Lanka yang sangat indah sekaligus menjadi pengalaman berlibur paling berkesan yang tidak bisa dilupakan.

Nah, itulah tujuh aktivitas seru yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Sri Lanka. Jadi, kapan kamu akan ke sana, guys? 

Baca Juga: Inilah 5 Hal yang Bikin Nepal Jadi Destinasi Tepat untuk Traveler

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) | IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya