Comscore Tracker

Tak Banyak yang Tahu, Inilah 7 Oleh-oleh Khas dari Kota Lasem 

Nomor 7 semua orang pasti suka! 

Sudah pernah mendengar nama kota Lasem? Kota ini terletak di Jawa Tengah dan memiliki banyak kekayaan budaya dan kulinernya. Sama dengan daerah lainnya, Lasem tentu saja memiliki aneka ragam oleh-oleh. Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke kota satu ini tanpa membawa pulang buah tangan.

Jika kamu berkesempatan mengunjungi kota Lasem dan ingin membawakan oleh-oleh untuk orang terkasih, tujuh daftar di bawah layak kamu baca. Mulai dari sirup khas Lasem hingga kue yang lezat ada di sana. Lebih lengkapnya cek daftarnya di bawah.

1. Sirup kawis 

Tak Banyak yang Tahu, Inilah 7 Oleh-oleh Khas dari Kota Lasem instagram.com/kuliner_lasem

Sirup kawis adalah produk unggulan dari Lasem yang diproduksi di kabupaten Rembang. Sirup ini dibuat dari buah kawis yang memiliki bau yang khas. Banyak wisatawan yang datang ke Lasem dan selalu memburu sirup kawis sebagai oleh-oleh untuk orang terkasih.

Rasa manis dibalut dengan bau wangi khas buah kawis sungguh menggoda untuk kita teguk. Apalagi jika dingin, dijamin kamu bakal suka.

2. Limun kawis 

Tak Banyak yang Tahu, Inilah 7 Oleh-oleh Khas dari Kota Lasem instagram.com/kuliner_lasem

Sama seperti sirup kawis, limun ini juga berasal dari buah kawis yang di ekstrak menjadi sebuah limun yang bisa langsung diminum. Tidak seperti sirup yang harus di campur dengan air, limun kawis ini seperti minuman bersoda yang dijual di minimarket yang bisa kamu nikmati kapan saja.

Oh iya, dalam limun kawis ini memang mengandung soda yang menyegarkan saat diteguk. Cocok nih dinikmati saat cuaca panas. Tertarik mencoba?

3. Yopia 

Tak Banyak yang Tahu, Inilah 7 Oleh-oleh Khas dari Kota Lasem instagram.com/fridiayeni

Yopia adalah  jajanan yang patut kamu jadikan oleh-oleh, karena yopia hanya ada di kota Lasem. Jika kamu ingat nopia maka yopia adalah versi lainnya, bentuknya yang lebih besar dan lebih empuk membuat yopia nagih jika kita nikmati.

Yopia merupakan kue lapis bulat yang kopong, dan berisikan gula jawa. Sungguh unik bukan?

Baca Juga: Singgah atau Lewati Kota Lasem? Kamu Wajib ke 6 Tempat Makan Ini!

4. Kue dumbek  

Tak Banyak yang Tahu, Inilah 7 Oleh-oleh Khas dari Kota Lasem instagram.com/rembangfoodgram

Kue dumbek termasuk dalam jenis jajanan tradisional dari kota Lasem, rasa kenyal dan manis akan membuat suasana hatimu menjadi bahagia.

Kemasannya pun sangat unik, bentuk kemasan dumbek seperti sebuah trompet kecil dengan bahan pembungkusnya yaitu janur. Mungkin dumbek ini bisa dibilang  versi lain dari jenang dari Lasem, hampir sama tapi tak serupa.

5. Kacang atom Anggrek 

Tak Banyak yang Tahu, Inilah 7 Oleh-oleh Khas dari Kota Lasem instagram.com/kuliner_lasem

Di Lasem juga ada olahan kacang yang sangat diminati, rasanya yang gurih dan beraroma bawang putih mengundang selera untuk menjadikan kacang atom Anggrek menjadi camilan oleh semua orang.

Kamu bisa mendapatkannya kacang anggrek ini di pusat pembuatannya di kabupaten rembang ataupun beberapa toko di kota Lasem. Kacang ini merupakan yang legendaris dan sudah ada sejak 1990, so kamu patut mencoba camilan yang satu ini.

6. Kacang entis

Tak Banyak yang Tahu, Inilah 7 Oleh-oleh Khas dari Kota Lasem .nstagram.com/omthay1990

Nah jika sebelumnya kamu sudah tahu olahan dari kacang tanah yaitu kacang atom cap anggrek, yang satu ini nggak kalah unik buat kamu yaitu kacang entis. Kacang entis dibuat dari olahan kacang tolo atau biasa kita kenal kacang tunggak.

Dari segi rasa kacang entis ini tak kalah nikmat jika dibandingkan dengan oleh-oleh yang lainnya, rasanya yang gurih diolah bersama bawang goreng yang renyah membuat kamu tak akan tahan untuk segera menjadikan kacang entis sebagai cemilan.

7. Batik tulis khas Lasem 

Tak Banyak yang Tahu, Inilah 7 Oleh-oleh Khas dari Kota Lasem instagram.com/katrins_bee

Yang membedakan batik Lasem dengan lainnya adalah cara pembuatan batik yang masih tradisional, yaitu masih di tulis secara manual oleh para ibu-ibu pembatik. Dalam proses pembuatannya batik Lasem sama sekali tidak menggunakan kinerja dari mesin canggih, hal inilah yang membuat batik Lasem menjadi sangat detail dari segi polanya.

Terdapat warna khas juga pada kain batik Lasem yaitu warna tiga negeri dan empat negeri. Jadi jika kamu sedang berkunjung di Lasem, kamu wajib untuk melihat dan membeli salah satu kerajinan asli Indonesia ini.

Pengrajin yang bisa kalian kunjungi adalah Ibu Purwati, Beliau telah menjalani usaha pengrajin batik ini sejak 1970 dengan brand Batik Purwati Katrin’s Bee.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bahwa tak hanya kuliner yang nikmat, kota Lasem juga mempunyai oleh-oleh yang tak kalah uniknya. Jadi jika kamu berkunjung ke Lasem jangan lupa untuk membeli oleh-oleh untuk orang terkasih, ya.

Baca Juga: Berkunjung ke Lasem? Ini 5 Oleh-oleh Khas yang Harus Dibawa Pulang

Adhitya Dwi Aji Darmo Buwono Photo Writer Adhitya Dwi Aji Darmo Buwono

Just ordaniry person :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya