Comscore Tracker

5 Fakta Menarik tentang Ka'bah, Tempat Suci Seluruh Umat Muslim Dunia

Semoga kita umat muslim dapat berkunjung ke sana ya

Bagi kaum muslim di seluruh dunia, pastilah Ka'bah merupakan salah satu tempat suci yang ingin sekali di kunjungi.

Ka'bah merupakan tempat berbentuk kubus yang terletak di tengah Masjidil Haram di Mekkah. Seluruh kaum muslim dari berbagai dunia berkumpul di sana untuk melakukan ibadah haji maupun umroh. Dengan jumlah jamaah yang luar biasa setiap tahunnya, tak heran bila Ka'bah menjadi salah satu tempat yang sangat diimpi-impikan oleh kaum muslim. 

Di balik kemegahan dan kesucian Ka'bah, berikut lima fakta menarik seputarnya.

1. Menjadi pusat kiblat untuk menunaikan shalat

5 Fakta Menarik tentang Ka'bah, Tempat Suci Seluruh Umat Muslim DuniaYoutube/CGTN

Bukan rahasia umum apabila seluruh muslim yang akan menunaikan ibadah salat, pastilah akan memusatkan kiblatnya ke Mekkah.

Kiblat sendiri merupakan arah yang dituju ketika melakukan shalat maupun tawaf. Sebelumnya, arah kiblat pernah berubah ke Baitul Maqdis atau Masjidil Aqsa di Yerusalem dan akhirnya kembali dipusatkan menjadi di Ka'bah Mekkah. 

2. Pintu Ka'bah yang sempat terbuka untuk umum

5 Fakta Menarik tentang Ka'bah, Tempat Suci Seluruh Umat Muslim Duniareuters.com

Di dalam Ka'bah terdapat satu ruangan yang bisa diakses melalui pintu. Pada awalnya konon pintu Ka'bah selalu terbuka untuk umum khususnya bagi yang ingin menunaikan doa di dalamnya.

Namun, sebab jumlah jamaah yang sangat banyak, pada akhirnya pintu Ka'bah dibuka meski diperkenankan untuk dimasuki oleh para tamu-tamu istimewa atau petinggi-petinggi negara. 

Baca Juga: Menikmati Keindahan Masjidil Haram Saat Haji dan Umrah 

3. Apa yang terdapat di dalam Ka'bah?

5 Fakta Menarik tentang Ka'bah, Tempat Suci Seluruh Umat Muslim Duniawidiutami.com

Banyak orang yang penasaran mengenai isi dari Ka'bah sebab tentu tidak sembarang orang dapat masuk dan melihat isinya.

Di dalam Ka'bah terdapat 3 pilar yang menopang bangunan suci tersebut. Terdapat lentera pada bagian tengah, meja kecil di antara pilar-pilar tersebut, dan tanda-tanda pengingat guna memperingati siapa saja yang pernah merenovasi Ka'bah.

Pada bagian dinding juga terdapat kain hijau bordir yang berisi ayat-ayat suci Al-Qur'an dan pintu emas yang disebut Bab At-Taubah pada bagian dinding sebelah kanan serta memiliki akses tangga ke atap. 

4. Warna kiswah yang berubah

5 Fakta Menarik tentang Ka'bah, Tempat Suci Seluruh Umat Muslim Duniaesqtours.com

Kiswah merupakan kain yang menutupi Ka'bah. Meski pada umumnya saat ini kita melihat Ka'bah selalu ditutupi oleh kiswah berwarna hitam, pada mulanya Ka'bah justru memiliki warna kiswah yang berbeda-beda lho.

Pada mulainya Nabi Muhammad Shallallahu ' Alaihi wa Sallam menggunakan kain putih untuk menutupi Ka'bah. Namun, pada masa khalifah yang berbeda-beda, warna kiswah pun berubah menjadi hijau, merah, dan putih.

Pada akhirnya Dinasti Abbasiyah memutuskan untuk menggunakan kiswah hitam guna menghentikan perubahan warna yang digunakan. Hingga pada saat ini kita mengenal Ka'bah dengan kiswah hitamnya. 

5. Tawaf yang tidak pernah berhenti

5 Fakta Menarik tentang Ka'bah, Tempat Suci Seluruh Umat Muslim Duniamadaninews.id

Tahukah kamu bahwa jumlah jamaah yang melakukan tawaf di Ka'bah seakan tidak pernah berhenti? Tentunya tawaf akan berhenti hanya saat waktu salat telah tiba. Bahkan meskipun diguyur hujan ataupun banjir, jamaah tetap melakukan tawaf dengan teratur dan tertib. Tentunya di situlah letak keistimewaan dari Ka'bah sebagai tempat suci terbaik untuk shalat, tawaf, dan berdoa. 

Nah, 5 fakta menarik tentang Ka'bah di atas dapat menjadi informasi yang menarik untuk kamu ketahui. Semoga kita semua dapat diperkenankan untuk berkunjung ke sana, ya! 

Baca Juga: Ini Rahasia Lantai Masjidil Haram Tetap Dingin Meski Cuaca Ekstrem

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You