Comscore Tracker

5 Fakta Menarik tentang Tembok Cina yang Jarang Orang Ketahui, Unik!

Kamu berminat ke sana?

Untuk kamu yang masa kecilnya sering memperhatikan peta dunia, pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu tembok kokoh yang ada di daratan Tiongkok ini.

Tembok Besar Cina atau yang juga dikenal sebagai Tembok Besar Tiongkok merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang telah terdaftar sebagai situs warisan sejarah oleh UNESCO. Tembok ini memiliki panjang sekitar 21,196.18 km. Di balik kokohnya tembok ini ternyata menyimpan beberapa fakta menarik untuk disimak lho.

Untuk kamu yang penasaran fakta apa saja yang terdapat pada salah satu situs warisan dunia ini, berikut daftarnya!

1. Sekitar 1/3 dari Tembok Cina menghilang tanpa jejak

5 Fakta Menarik tentang Tembok Cina yang Jarang Orang Ketahui, Unik!tripsavvy.com

Tahukah kamu bahwa di balik panjangnya jarak dari ujung Tembok Cina ke bagian ujung lainnya, ternyata terdapat sekitar 1/3 bagiannya yang menghilang tanpa jejak? Tak diketahui secara pasti kenapa dan ke mana bagian tersebut menghilang.

Jika kita bayangkan panjang Tembok Cina pada saat ini saja sudah luar biasa panjang, apalagi bila digabungkan dengan bagian 1/3 tersebut. Jadi, tak terbayang ya!

2. Dapat dilihat dari luar angkasa?

5 Fakta Menarik tentang Tembok Cina yang Jarang Orang Ketahui, Unik!wallpapercave.com

Berbagai pertanyaan seputar kebenaran bahwa Tembok Cina dapat dilihat dari luar angkasa atau pun dari bulan dengan mata telanjang. Sayangnya, pernyataan bahwa Tembok Cina dapat terlihat dari luar angkasa harus dipatahkan sebab tentu saja hal tersebut membutuhkan bantuan alat untuk melihatnya secara lebih jelas.

Baca Juga: 10 Makanan Lezat Indonesia dengan Akulturasi Budaya Tiongkok

3. Bagian paling populer di Tembok Cina

5 Fakta Menarik tentang Tembok Cina yang Jarang Orang Ketahui, Unik!twowheelcruise.com

Terdapat satu bagian dalam Tembok Cina yang justru spesial lho sebab merupakan titik paling populer yang sudah dikunjungi oleh kurang lebih 300 kepala negara dan tamu-tamu VIP.

Tamu penting yang pertama kali mengunjungi adalah negarawan asal Uni Soviet, yaitu Klim Voroshilov pada tahun 1957. Tentunya hal inilah yang membuat titik lokasi dari Tembok Cina ini menjadi lebih spesial.

4. Tembok Cina melewati 9 provinsi

5 Fakta Menarik tentang Tembok Cina yang Jarang Orang Ketahui, Unik!gadventures.com

Jika kamu penasaran dan ingin membayangkan seberapa panjangnya Tembok Besar Cina, maka kamu harus mengetahui bahwa tembok kokoh ini panjangnya bahkan melewati 9 provinsi, yaitu Liaoning, Hebei, Tianjin, Beijing, Inner Mongolia, Shanxi, Shaanxi, Ningxia, dan Gansu. Tentu dapat dibayangkan bukan betapa panjangnya.

5. Jumlah rata-rata pengunjung Tembok Cina

5 Fakta Menarik tentang Tembok Cina yang Jarang Orang Ketahui, Unik!edition.cnn.com

Dengan kepopulerannya sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO, tak heran rasanya bila Tembok Besar Cina memiliki daya tarik tersendiri yang tak hanya bagi pengunjung lokal, namun juga mancanegara.

Setiap tahunnya terdapat 10 juta pengunjung yang mengunjungi tembok kokoh ini. Bisa dibayangkan betapa populernya tempat bersejarah ini? Tentu saja ya sudah tak diragukan.

Nah, 5 fakta menarik seputar Tembok Besar Cina di atas semoga dapat menjadi informasi yang menarik bagimu. Tertarik berkunjung ke sana suatu hari nanti?

Baca Juga: Inilah 8 Fakta Sejarah Mahjong, Permainan Asal Tiongkok

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You