Comscore Tracker

5 Fakta Piñata, Simbol Tradisi Ulang Tahun Anak di Meksiko

Kalau di Indonesia ada yang begini juga gak ya? 

Ulang tahun tentu saja menjadi momentum paling membahagiakan bagi semua orang khususnya para anak-anak kecil. Mereka yang bertambah usianya tentu akan merasa senang apabila dikelilingi oleh orang-orang yang mencintai dan turut bahagia atas hari jadinya.

Oleh sebab itu, di daratan Meksiko terdapat satu tradisi yang biasa juga disebut dengan memukul piñata. Benda dengan bentuk lucu berwarna-warni ini bernama piñata yang merupakan simbol tradisi saat anak-anak di sana berulang tahun. 

Untuk kamu yang penasaran mengenai fakta menarik seputar piñata, berikut daftarnya! 

1. Sejarah piñata

5 Fakta Piñata, Simbol Tradisi Ulang Tahun Anak di Meksikobreakfastleadership.com

Meskipun memang pada saat ini piñata sering digunakan sebagai properti saat melangsungkan acara ulang tahun di seluruh dunia, tapi untuk sejarahnya sendiri ternyata cukup rumit.

Perihal dimana asal usul dari piñata masih diperdebatkan bila dikatakan berasal dari Spanyol, karena ternyata konon benda lucu ini berasal dari China. Namun, piñata asal China cenderung berbentuk seperti sapi dan biasa dipasang saat tahun baru.

Penyebaran piñata pun bahkan hingga ke benua biru, yaitu Eropa. Terlepas dari sejarah yang melekat padanya, namun saat ini tentu saja piñata dapat digunakan oleh siapapun. 

2. Tradisi piñata

5 Fakta Piñata, Simbol Tradisi Ulang Tahun Anak di Meksikopinataboy.com

Konon disebutkan bahwa pada mulanya piñata memang diperuntukkan bagi anak perempuan yang merayakan ulang tahunnya ke-15. Terlepas dari apa alasannya, namun pada saat ini tradisi sudah berubah. Semua anak bahkan orang dewasa pun dapat menggunakan piñata sebagai salah satu kegiatan menarik untuk merayakan ulang tahun. 

Baca Juga: 5 Makanan dari Berbagai Negara untuk Perayaan Ulang Tahun

3. Isi dari piñata

5 Fakta Piñata, Simbol Tradisi Ulang Tahun Anak di Meksikothespruce.com

Bukan rahasia umum lagi bila piñata berisikan mainan kecil maupun permen-permen manis yang menanjakan lidah. Selain itu, terkadang piñata sering diisi oleh berbagai benda yang bisa jadi merupakan kesukaan dari orang yang sedang berulang tahun. Keseruan dan suasana saat memukul piñata menjadi sesuatu yang berharga serta menyenangkan. 

4. Cara bermain dengan piñata

5 Fakta Piñata, Simbol Tradisi Ulang Tahun Anak di Meksikopartyjoys.com

Piñata dapat dilakukan secara indoor maupun outdoor, namun pada umumnya akan dilakukan pada ruang terbuka. Tentunya hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika memukul  piñata.

Orang yang sedang berulang tahun akan ditutup matanya dan diminta untuk mengarahkan tongkat tersebut kepada piñata yang digantung. Tentunya bukan hal mudah ya mencari dimana piñata dengan mata tertutup, namun di situlah letak keseruannya. 

5. Kesamaan tradisi dengan piñata

5 Fakta Piñata, Simbol Tradisi Ulang Tahun Anak di Meksikocoolgift.com

Bila kita mengetahui piñata berasal dari Meksiko, ternyata pada beberapa wilayah lain ada pula lho tradisi yang mirip. Beberapa negara di wilayah Eropa juga memiliki tradisi yang mirip dengan piñata.

Selain itu salah satu negara di Asia, yaitu India juga memiliki tradisi untuk memecahkan pot yang terbuat dari tanah liat dan memiliki isian makanan seperti mentega, madu, dan lain sebagainya. Perayaan di India juga merupakan salah satu acara keagamaan.

Nah, fakta menarik seputar piñata di atas dapat menjadi informasi menarik untukmu agar semakin mengenal tradisi unik yang satu ini. Apakah kamu pernah mencoba memukul piñata?

Baca Juga: Arti & Hukum Mengucapkan "Barakallah Fii Umrik" di Hari Ulang Tahun

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You