Comscore Tracker

7 Tips ke Bukit Kapur Ciampea Bogor, Seru dan Murah!

Satu tempat beragam destinasi, mudah dan murah lagi!

Bagi warga ibukota maupun sekitar area Bogor yang bingung mau menghabiskan waktu liburan ke mana, Bukit Kapur Ciampea ini bisa menjadi jawabannya.

Bukit Kapur Ciampea atau sering disebut Gunung Kapur Ciampea merupakan jajaran bukit dengan 5 puncak (Puncak Batu Roti, Lalana, Galau, Arca Lima, Karang Gantung) dan banyak goa dalam satu tempat. Lokasinya sekitar 17 km dari pusat Kota Bogor tepatnya di kawasan Cibadak, kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor.

Keindahan pemandangan Bogor dan gagahnya gunung Salak menjadi primadona di bukit ini. Bukit ini tidak terlalu tinggi dan bisa dijangkau oleh semua usia.

Nah, buat kamu yang ingin mencoba berkunjung ke bukit ini, yuk simak tips dan rekomendasi jadwal perjalanan ini!

1. Gak ada kendaraan? Tenang, bukit ini ramah transportasi umum kok. Bisa naik angkot atau ojek!

7 Tips ke Bukit Kapur Ciampea Bogor, Seru dan Murah!irpanisme.com

Tak perlu khawatir pagi para traveler yang tak membawa kendaraan, karena Bukit Kapur Ciampea ini bisa diakses angkot maupun ojek. Jika menggunakan angkot dari Stasiun Bogor dapat memilih angkot nomor 02 atau 03 menuju Terminal Laladon (Rp4.000), dari Terminal Laladon naik lagi angkot ke jurusan Leuwiliang (Rp5.000).

Titik turunnya angkot tergantung tujuan. Jika tujuannya Puncak Batu Roti dan Goa AC maka turun di Pertigaan Cibadak. Puncak Lalana dapat turun di 300 meter dari Pertigaan Cibadak, tepatnya di Gang Ashshibyan dan untuk Puncak Galau dapat turun di SMK Pandu.

Apabila menggunakan ojek maka titik turunnya adalah di basecamp Batu Roti, Lalana atau Galau.

2. Mulai perjalanan di pagi hari atau camping di malam sebelumnya. Destinasi pertama ini cuma treking 15 menit kok!

7 Tips ke Bukit Kapur Ciampea Bogor, Seru dan Murah!instagram.com/lanangaryalesmana

Baiknya memulai perjalanan pada dini hari atau camping malamnya di Puncak Batu Roti untuk menantikan sunrise. Puncak paling timur Bukit Kapur Ciampea ini memiliki 2 jalur pendakian (landai dan terjal) dan dapat ditempuh kurang lebih 15 menit dengan jalan normal dari basecamp.

Bukit ini aman jika didaki malam hari asal hati-hati karena terjal. Pendirian tenda dapat dilakukan di area campground dan dapat menikmati kerlap kerlip lampu area Bogor dan lereng Gunung Salak yang indah. Tak usah khawatir, sinyal untuk menghubungi kawan atau keluarga masih penuh untuk semua provider.

Baca Juga: Buat Kamu yang Hobi Mendaki, 5 Gunung di Garut ini Wajib Kamu Kunjungi

3. Nikmati hangatnya sunrise di Puncak Batu Roti dengan view Gunung Salak nan gagah

7 Tips ke Bukit Kapur Ciampea Bogor, Seru dan Murah!instagram.com/m.achirulnanda

Puncak Batu Roti adalah destinasi paling direkomendasikan untuk menikmati pagi hari di Bukit Kapur Ciampea. Sisi timur bukit ini memiliki pemandangan yang lepas. Jika beruntung dan kondisi tak berkabut, pemandangan Gunung Salak sangat indah dari puncak bebatuan ini. 

HTM : Rp5.000 per orang, Rp10.000 jika menginap

Parkir motor: Rp5.000,-

4. Eksplor Goa AC, hati-hati dengan barangmu ya karena monyetnya masih banyak di sini!

7 Tips ke Bukit Kapur Ciampea Bogor, Seru dan Murah!instagram.com/karst_ciampea

Setelah puas menikmati hangatnya mentari pagi, saatnya menjelajah hutan di bukit ini ke arah sisi barat menuju Goa AC. Goa vertikal yang khas lengkap dengan habitat monyetnya.

Untuk menuju Goa AC, pengunjung tak perlu membayar tiket lagi karena sudah menjadi satu kesatuan dengan Puncak Batu Roti. Bagi yang ingin turun ke dasar Goa AC harus didampingi oleh pengelola dan memakai peralatan keselamatan yang memadai. 

Jalan setapak untuk menuju Goa AC mudah dilewati dan jelas arahnya. Perjalanan dari campground sekitar 15 - 20 menit. Di area Goa AC terdapat sisa - sisa batuan berukir, di mana dulunya ditemukan bukti sejarah di area tersebut.

Area Goa AC ini lebih dingin daripada di Puncak Batu Roti. Jika selesai explore Goa AC, kembali ke jalan semula dan turun ke basecamp.

5. Lanjut perjalanan ke Puncak Lalana, nikmati sensasi yang berbeda!

7 Tips ke Bukit Kapur Ciampea Bogor, Seru dan Murah!instagram.com/reginna27

Dari basecamp Puncak Batu Roti, jika membawa kendaraan dapat melalui jalan Raya Bogor Leuwiliang, namun jika jalan kaki dapat menyusuri jalan setapak ke arah barat hingga sampai di basecamp Puncak Lalana.

Di basecamp ini bagi yang tidak membawa peralatan camping dapat menyewa di sini. Pengelola Puncak Lalana juga menyediakan guide untuk menerobos semak-semak Puncak Lalana menuju destinasi selanjutnya, Puncak Galau, tanpa harus turun ke bawah dan mendaki lagi. Puncak Lalana merupakan puncak tertinggi dengan ketinggian 385 mdpl. HTM untuk ke Puncak Lalanan ini Rp5.000.

6. Terakhir, sunset dari Puncak Galau nan menawan ini tak boleh dilewatkan!

7 Tips ke Bukit Kapur Ciampea Bogor, Seru dan Murah!instagram.com/visitbogor

Destinasi terakhir adalah Puncak Galau yang memiliki ketinggian 354 mdpl dan memiliki karateristik terdapat heli pad  di puncaknya. Puncak Galau dapat diakses langsung dari Puncak Lalana maupun dari basecamp Puncak Galau.

Bagi yang memilih meneruskan perjalanan dari Puncak Lalana disarankan untuk memulai perjalanan saat matahari sudah di atas mengingat jalur yang akan dilewati masih terdapat hewan berbahaya seperti ular hijau di semak-semak.

Puncak Galau dapat menjadi penutup perjalanan sehari menelusuri Bukit Kapur Ciampea dengan menantikan pesona sunsetnya. Gunung Salak masih menjulang gagah dari puncak ini. HTM ke Puncak Galau jika memulai perjalanan dari basecamp Rp5.000,-.

7. Jangan lupa pakai pakaian outdoor dan sepatu yang nyaman ya! Memang tak terlalu tinggi tapi medannya kadang licin dan sedikit terjal

7 Tips ke Bukit Kapur Ciampea Bogor, Seru dan Murah!instagram.com/fajar_hidayattt

Meski Bukit Kapur ini memiliki ketinggian tidak sampai 500 mdpl, jalur pendakiannya lumayan terjal namun masih cocok untuk pemula. Maka demi keselamatan, pengunjung harus memastikan untuk memakai sepatu atau sandal yang memang pas untuk mendaki, khususnya tidak licin karena akan melalui beberapa bebatuan. Pakaian yang digunakan harus nyaman dan tidak disarankan untuk memakai bahan jeans.

Nah, itu tadi 7 tips bagi kamu yang ingin mengeksplorasi keindahan Bukit Kapur Ciampea. Yuk, rencanakan liburanmu, mau one day trip sekaligus ataupun hanya salah satu dari 4 pilihan destinasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kesediaan waktu luang.

Jadi kapan ke Bukit Kapur Ciampea?

Baca Juga: 6 Pesona Jalur Pendakian Gunung Kelud via Karangrejo Blitar

Vita Ayu Kusuma Dewi Photo Verified Writer Vita Ayu Kusuma Dewi

IG : @vitaakdewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya