Comscore Tracker

5 Hal Terlarang yang Gak Boleh Dilakukan Saat Kamu Berlibur ke Laos 

Harus ekstra sabar sama budaya santai yang anti terburu-buru

Jika daftar negara di Asia Tenggara jadi salah satu tujuan jalan-jalan kamu, maka Laos adalah destinasi yang cukup ideal untuk dijelajahi. Pertumbuhan ekonomi yang hampir mirip dengan Indonesia membuat tempat ini terjangkau dari segi fasilitas yang ada.

Tapi sebelum kamu berkunjung ke Laos, pastikan catat 5 hal terlarang yang gak boleh kamu lakukan saat berlibur ke Laos berikut ini!

1. Jangan sembarangan berinteraksi dengan biarawan

5 Hal Terlarang yang Gak Boleh Dilakukan Saat Kamu Berlibur ke Laos internationaltraveller.com

Mayoritas penduduk Laos adalah penganut agama Buddha yang kental. Gak heran bila di Laos kamu akan sering melihat para biarawan dengan kostum oranye yang khas.

Saat bertemu pastikan untuk tidak berinteraksi dengan mereka apalagi sampai bersentuhan, terlebih buat para kaum hawa. Jika melakukannya, tindakan ini termasuk hal yang tabu.

2. Jangan menggunakan alas kaki di dalam rumah dan kuil

5 Hal Terlarang yang Gak Boleh Dilakukan Saat Kamu Berlibur ke Laos ritiriwaz.com

Bukan seperti negara barat yang bisa memaklumi alas kaki masuk ke berbagai tempat, Laos melarang orang untuk menggunakan alas kaki di dalam rumah dan kuil. Meskipun warga lokal membiarkan turis menggunakan alas kaki saat masuk ke rumahnya, namun secara tidak langsung ekspresi wajah mereka mengisyaratkan untuk melepas alas kaki. Kamu harus peka dengan budaya ini sekalipun ke tempat umum seperti restoran.

Baca Juga: 5 Wisata Sejarah di Luang Prabang, Laos yang Sakral dan Unik

3. Beradu debat dan terburu-buru dengan pelayanan yang ada

5 Hal Terlarang yang Gak Boleh Dilakukan Saat Kamu Berlibur ke Laos freddythefox.net

Masyarakat Laos tidak suka menggunakan nada tinggi saat berbicara. Mereka cenderung bersikap santai, termasuk dalam pelayanan pedagang atau di restoran. Sehingga kalian harus ekstra sabar dan tidak banyak menuntut terburu-buru menghemat waktu jika berlibur di Laos.

4. Menggunakan pakaian minim yang terbuka

5 Hal Terlarang yang Gak Boleh Dilakukan Saat Kamu Berlibur ke Laos dondet.net

Pakaian terbuka adalah sebuah hal tabu yang berlawanan dengan budaya masyarakat Laos. Sekalipun menggunakan pakaian minim yang terbuka seperti bikini untuk keperluan berenang, tetap dinilai tidak pantas.

Ada baiknya gunakan pakaian serba tertutup karena di sana masyarakat lokal pun banyak yang memakai kain panjang hingga celana panjang saat berenang.

5. Menyentuh barang-barang milik orang lain tanpa izin

5 Hal Terlarang yang Gak Boleh Dilakukan Saat Kamu Berlibur ke Laos laoconsulatebd.org

Menyentuh barang-barang milik orang lain tanpa izin bisa menjadi permasalahan yang cukup serius saat kamu berkunjung ke Laos. Bahkan ketika ada barang-barang yang jatuh dan kamu hanya ingin berniat membantu mengambil dan mengembalikannya, itu termasuk pelanggaran.

Pasalnya masyarakat Laos memiliki kepercayaan bahwa orang yang menyentuh barang orang lain dinilai secara spiritual bisa mengindikasikan sifat serakah.

Sebelum pergi ke suatu negara pastikan kamu mengetahui aturan dan budaya yang berlaku di sana biar gak bingung dan melakukan kesalahan fatal. Semoga informasi ini bisa menambah wawasanmu yang doyan traveling ya!

Baca Juga: 6 Alasan Wajib Mengunjungi Chiang Mai, Kota Seribu Kuil di Thailand

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya