Comscore Tracker

5 Tips bagi Kamu Pekerja Kantoran yang Ingin Staycation

Rencanakan staycation lebih mudah

Jam kerja yang padat hingga pekerjaan yang menumpuk tentu membuatmu jenuh dan ingin sejenak keluar dari rutinitas harianmu bukan? Staycation bagi kamu yang bekerja kantoran mungkin adalah hal yang cukup sulit dilakukan sama halnya dengan liburan.

Tapi, kamu bisa melakukan staycation kapan saja dengan cepat dan murah! Kamu gak harus mengeluarkan banyak biaya untuk staycation layaknya melakukan traveling. Ikuti cara berikut agar kamu tetap bisa lakukan staycation lebih mudah.

1. Ajukan cuti

5 Tips bagi Kamu Pekerja Kantoran yang Ingin Staycationpexels.com/zoedoingthings

Untukmu yang ingin staycation lebih lama, ajukan cuti. Pertimbangkan kapan waktu yang terbaik bagi kamu untuk mengambil waktu libur? Kamu bisa melihat jadwal pribadimu dan jadwal kerjamu yang mungkin akan sibuk pada waktu-waktu tertentu. Kemudian, kamu juga bisa mengambil hari dimana kamu bisa mendapatkan diskon penginapan atau pesawat. 

2. Ambil cuti pada minggu yang memiliki hari libur nasional

5 Tips bagi Kamu Pekerja Kantoran yang Ingin Staycationpexels.com/picjumbo-com

Kamu bisa memaksimalkan waktu cutimu dengan memilih cuti ketika berdekatan dengan hari libur nasional, sehingga kamu akan memiliki waktu panjang untuk liburan. Misalnya minta empat hari cuti dalam seminggu yang sudah ada hari libur nasional. Akhir pekan satu hari + 4 hari cuti + 1 hari libur nasional + akhir pekan dua hari, kamu sudah bisa berlibur selama 8 hari! Menarik bukan?

3. Liburan produktif atau tidak produktif?

5 Tips bagi Kamu Pekerja Kantoran yang Ingin Staycationpexels.com/daria

Perlu untuk menetapkan tujuan di awal, apakah kamu ingin memanfaatkan hari libur untuk bisa lebih banyak melakukan hal-hal yang produktif atau kamu hanya ingin bermalas-malasan untuk beristirahat? Tentu kamu bisa memilihnya sesuai kondisi dan keinginanmu. Tapi kamu juga bisa melakukan keduanya jika kamu memiliki liburan yang cukup panjang.

Kamu bisa bersantai selama 2-3 hari pertama, kemudian habiskan 2-3 hari terakhir untuk melakukan hal-hal yang produktif. Kamu bisa lakukan liburan produktif misalnya dengan mengambil kelas latihan atau konsultasi dengan dokter.

Untuk melakukan liburan yang tidak produktif, kamu bisa bersantai di tepi kolam atau melakukan self-care.

Baca Juga: 15 Pilihan Staycation ala Introver, Simpel tapi Memuaskan!

4. Tinggal di tempat yang belum pernah kamu eksplor

5 Tips bagi Kamu Pekerja Kantoran yang Ingin Staycationpexels.com/ArtemBeliaikin

Bingung menentukan tempat liburan? Cobalah untuk tinggal di hotel atau penginapan lain di sudut lain kotamu yang belum pernah kamu tinggali sebelumnya. Temui tempat-tempat baru seperti kuliner, tempat berbelanja, dan museum di sekitar penginapanmu.

Kamu akan mendapatkan pengalaman baru yang tak terlupakan di sana. Staycation dengan budget yang terbatas? Cukup istirahat di penginapan juga tidak masalah! 

5. Kunjungi tempat di kotamu yang biasanya selalu ramai di musim liburan

5 Tips bagi Kamu Pekerja Kantoran yang Ingin Staycationpexels.com/EnginAkyurt

Untuk menghindari antrian, tiket yang cukup mahal, dan keramaian, kamu bisa melakukan staycation ke tempat-tempat yang selalu ramai di musim liburan. Kamu akan lebih leluasa menikmati layanan disana jika kamu melakukan staycation di hari kerja.

Kamu mungkin akan tidak mengantri panjang ketika akan menaiki wahana di salah satu tempat wisata. Mulailah pagi hari di kedai kopi, bioskop, atau ke museum terdekat. Jelajahi lingkungan baru!

Baca Juga: Libur Tahun Baru, Ini 4 Tips Staycation Asyik Pakai Dompet Digital

Afina Photo Writer Afina

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya