Comscore Tracker

5 Fakta Airbnb, Platform Unik untuk Kamu yang Doyan Traveling

Sudah siap untuk liburan?

Aktivitas liburan seakan menjadi kebutuhan akhir-akhir ini terutama bagi masyarakat perkotaan yang lekat dengan stres dan butuh penyegaran. Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia tentu memiliki beragam destinasi wisata baik air, hutan, maupun pemandangan alam.

Tentu saja sebelum kita melakukan liburan atau traveling terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan seperti akomodasi kita selama melakukan liburan. Dan saat ini aplikasi yang sedang naik daun menjadi penyedia akomodasi adalah Airbnb.

Airbnb merupakan penyedia tempat tinggal yang memanfaatkan rumah penduduk untuk disewakan kepada para traveler.

Nah, berikut ini adalah fakta Airbnb yang perlu kamu ketahui.

1. Cocok bagi kamu yang seorang backpacker

5 Fakta Airbnb, Platform Unik untuk Kamu yang Doyan Travelingpixabay.com/Free-Photos

Airbnb bisa dikatakan cukup cocok bagi para traveler yang ingin berpergian. Mengapa demikian? Saat kita ingin memesan suatu tempat di Airbnb, maka kita diberi kebebasan untuk memilih jenis penginapan, ada yang satu rumah ataupun per kamar.

Tentu bagi seorang backpacker hal tersebut sangat membantu terutama dalam menghemat pengeluaran.

2. Semakin mengenal lingkungan dimana kita menetap

5 Fakta Airbnb, Platform Unik untuk Kamu yang Doyan Travelingpixabay.com/Hans Braxmeier

Layaknya menetap di rumah sendiri, kita dituntut untuk bersikap saling menghargai satu sama lain dalam arti kepada lingkungan sekitar kita.

Kebanyakan rumah yang terdapat di dalam Airbnb terletak di perumahan atau lingkungan serupa sehingga kita memiliki tetangga dan orang-orang layaknya di rumah sendiri.

Airbnb juga memiliki peraturan yang bertujuan mengimbau bagi para pengguna layanan Airbnb untuk menjaga sopan santun dan saling menghormati selama menetap.

Baca Juga: 5 Hal Ini Wajib Kamu Ketahui sebelum Memesan Penginapan di Airbnb

3. Liburan terasa seperti di rumah pribadi

5 Fakta Airbnb, Platform Unik untuk Kamu yang Doyan Travelingunsplash.com/Filios Sazeides

Berbeda dengan hotel atau apartemen yang juga bisa menjadi pilihan alternatif saat berwisata, Airbnb memiliki konsep menetap layaknya rumah sendiri. Mulai dari bangunan fisik yang literally merupakan rumah, beserta berbagai perabotan yang akrab kita temui di rumah sendiri.

Hal tersebut tentu dapat menghasilkan rasa homey walaupun sedang jauh dari rumah. Tinggal kewajiban kita untuk menjaga barang-barang selama berada di "rumah kedua".

4. Memiliki sistem reward yang dapat digunakan untuk membayar tagihan

5 Fakta Airbnb, Platform Unik untuk Kamu yang Doyan Travelingpixabay.com/Gerd Altmann

Airbnb menawarkan reward bagi pengguna layanannya berupa credit yang dapat digunakan untuk membayar tagihan berikutnya. Credit tersebut bisa didapatkan dengan cara membagikan referral link kepada siapapun sampai mereka mendaftar dan bertransaksi di Airbnb.

Jika ada seseorang yang berhasil menggunakan referral link, maka jumlah credit yang akan didapat sekitar 15 GBP atau sekitar 264 ribu Rupiah. Cukup membantu bukan untuk liburan selanjutnya?

5. Sayangnya, sampai saat ini seluruh transaksi masih menggunakan mata uang asing

5 Fakta Airbnb, Platform Unik untuk Kamu yang Doyan Travelingunsplash.com/Vladimir Solomyani

Airbnb merupakan penyedia layanan penginapan yang bermarkas di Amerika Serikat, dengan demikian maka sampai saat ini seluruh transaksi pada Airbnb masih menggunakan Dolar Amerika Serikat dan membutuhkan pembayaran melalui Visa atau international payment gateway lainnya.

Kekurangannya adalah saat kurs Dolar AS sedang menguat harus bersiap untuk merogoh kocek lebih dalam dan juga sebaliknya.

Itulah fakta-fakta mengenai Airbnb yang harus kamu ketahui. Apakah kamu berminat untuk menggunakannya?

Baca Juga: 8 Penginapan di Bali yang Paling Banyak Di-wishlist di Airbnb

Agung Destian Putra Photo Verified Writer Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You