Comscore Tracker

Hati-hati, 6 Hal Ini Bisa Membuat Biaya Liburanmu Membengkak

Waspadalah dengan pengeluaran yang tidak terduga ya

Liburan kini dimaknai bukan lagi sebagai sebuah hobi melainkan sebuah kebutuhan. Mengapa demikian? Sebab liburan dapat bermakna sebagai obat atas lelah yang didapati orang-orang setelah setiap hari beraktivitas demi bertahan hidup, terutama bagi masyarakat urban yang memiliki segudang tantangan.

Berlibur dapat menjadi solusi untuk menenangkan pikiran sejenak demi mengembalikan semangat bekerja. Disarankan paling tidak1 -2 dalam setahun kita melakukan liburan.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa momok menakutkan liburan adalah biaya yang harus dikeluarkan terlebih bila sudah berkeluarga. Oleh karena itu memang sebaiknya kamu memiliki tabungan khusus untuk liburan supaya tidak mengganggu pos-pos keuangan lainnya meski terkadang apa yang telah kamu rencanakan untuk liburan justru meleset.

Lalu, kira-kira apa saja hal yang bisa membuat biaya liburanmu tiba-tiba membengkak?

1. Transportasi di kota tujuan

Hati-hati, 6 Hal Ini Bisa Membuat Biaya Liburanmu Membengkakunsplash.com/Sebastian Kurpiel

Selain tempat menginap, transportasi juga sangat penting dalam menunjang berbagai kegiatan liburan kamu di tempat tujuan. Namun siapa sangka bahwa transportasi dapat menyebabkan anggaran membengkak. Hal tersebut dapat terjadi bila di kota tujuan belum terdapat transportasi umum yang memadai sehingga memaksa kamu untuk menggunakan transportasi online atau taksi yang mana cukup menyita anggaran terlebih jika banyak bepergian.

Jika kamu merupakan tipe orang yang senang bepergian ke berbagai tempat wisata, maka lebih baik untuk menyewa kendaraan selama di sana baik mobil ataupun motor karena jelas akan menghemat anggaran dibandingkan menggunakan transportasi online atau taksi.

2. Berbelanja buah tangan

Hati-hati, 6 Hal Ini Bisa Membuat Biaya Liburanmu Membengkakunsplash.com/Ben White

Membelikan buah tangan untuk kerabat dan keluarga memang tidak ada salahnya asalkan masih sesuai dengan budget yang kamu miliki. Hal yang menjadi masalah adalah ketika kamu membeli terlalu banyak oleh-oleh tanpa memilih siapa saja yang akan menerimanya.

Bukan berarti tidak memberikan bermakna buruk, melainkan ada prioritas kepada siapa kamu akan memberikan buah tangan.

3. Memilih tempat makan yang tidak sesuai kantong

Hati-hati, 6 Hal Ini Bisa Membuat Biaya Liburanmu Membengkakunsplash.com/Zakaria Zayane

Jika kamu berlibur ke suatu tempat ada baiknya kamu menjelajah budaya setempat misalnya saja dalam hal kuliner. Pasti ada banyak kuliner lezat yang menunggu untuk kamu coba.

Namun, hindari untuk makan di tempat yang fancy karena memerlukan biaya lebih. Dan lagi makanan yang enak biasanya berupa hidden gems yang tidak terlalu mewah.

Baca Juga: 5 Hal yang Diharapkan Banyak Orang Saat Pergi Liburan, Kamu Juga Kan?

4. Itinerary yang kurang matang

Hati-hati, 6 Hal Ini Bisa Membuat Biaya Liburanmu Membengkakunsplash.com/Dariusz Sankowski

Merencanakan perjalanan selama liburan pun rasanya cukup penting penting karena akan berdampak langsung pada keuangan. Terlebih kini hampir setiap objek wisata memiliki tarif masuk yang berbeda-beda.

Membuat itinerary secara matang dapat mencegah membengkaknya anggaran liburan, karena dengan itinerary kamu sudah menentukan objek wisata apa saja yang akan dikunjungi serta telah melakukan survei harga.

5. Tempat menginap yang fancy

Hati-hati, 6 Hal Ini Bisa Membuat Biaya Liburanmu Membengkakunsplash.com/Valeriia Bugaiova

Selain transportasi, tempat menginap juga penyerap anggaran terbesar selama berlibur. Untuk menyiasatinya kamu dapat memilih hotel atau rumah sewa yang biasa-biasa saja dalam artian tidak mewah namun tetap nyaman dan bersih. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi pemesanan hotel online dan platform penyewaan rumah online yang biasanya menawarkan harga lebih murah.

Hal yang perlu diingat adalah selama liburan kamu akan menghabiskan waktu lebih banyak di luar penginapan. Maka dalam pemilihan tempat menginap tidak perlu yang terlalu mewah. Betul bukan?

6. Ada juga yang disebut biaya tak terduga

Hati-hati, 6 Hal Ini Bisa Membuat Biaya Liburanmu Membengkakunsplash.com/Zhen Hu

Sebelum pergi berlibur ada baiknya kamu menyiapkan pos anggaran untuk hal-hal yang tidak terduga, misalnya saja terjadi kecelakaan yang mengharuskan kamu pergi ke rumah sakit atau bahkan tergoda akan berbagai diskon souvenir selama berlibur.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu disarankan memiliki pos anggaran tersendiri supaya tidak mengganggu liburan dan kantong.

Jadi, seperti itulah hal-hal yang dapat membuat budget liburan membengkak. Maka siapkan liburanmu dengan matang ya, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan biaya.

Baca Juga: 8 Tips Liburan Anti Sakit, Liburan Jadi Menyenangkan

Agung Destian Putra Photo Verified Writer Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You