Comscore Tracker

5 Momen yang Hanya Kamu Temukan Ketika Traveling dengan Motor 

Traveling dengan motor patut kamu coba

Traveling menggunakan motor adalah pilihan tepat bagi kamu yang ingin jalan-jalan tapi dengan anggaran rendah. Selain dapat menekan biaya pengeluaran, traveling menggunakan motor akan membuat kamu lebih bebas memilih waktu keberangkatan dengan segala suka dukanya.

Traveling menggunakan motor ini populer dengan istilah bikepacking, meski di luar negeri sana istilah ini dipakai untuk mereka yang traveling menggunakan sepeda. Tidak perlu panjang lebar lagi, berikut lima momen yang hanya kamu temukan saat traveling dengan motor!

1. Ketika traveling menggunakan motor, kamu akan lebih membaur dengan masyarakat sekitar

5 Momen yang Hanya Kamu Temukan Ketika Traveling dengan Motor unsplash.com/Banter Snaps

Traveling menggunakan motorberbeda dengan touring. Bikepacking biasanya dilakukan seorang diri atau mungkin berdua dengan teman maupun pasanganmu. Nah, saat traveling dengan motor, biasanya kamu bakal sering bertanya kepada masyarakat sekitar tentang arah lokasi atau destinasi yang akan kamu tuju.

Kamu pun bisa beristirahat di warung sambil berbincang ringan dengan masyarakat sekitar ditemani secangkir kopi hangat. Karena belum tahu lokasi di sekitar, kamu akan lebih sering berinteraksi dengan warga sekitar. Di sisi lain, ini akan memberikan pengalaman dan warna baru untuk perjalananmu.

2. Tersesat di suatu tempat saat kamu sedang mencari jalan alternatif atau jalan tikus

5 Momen yang Hanya Kamu Temukan Ketika Traveling dengan Motor pexels.com/Daria Usanova

Rasa ingin tahumu yang tinggi akan membuatmu nekat untuk mengeksplorasi suatu tempat, meski kamu tidak mengetahui medan di lokasi tersebut. Hal ini didukung oleh kendaraanmu yang mampu menyelinap ke jalan-jalan kecil.

Momen inilah yang bakal membuat perjalananmu lebih menarik dan menantang. Tak jarang, ketika mengeksplorasi suatu tempat dengan motormu, kamu akan menemukan jalan buntu atau bahkan lupa jalan kembali.

Oleh karena itu, tidak sedikit dari para bikepacker yang tersesat saat menerabas jalan-jalan setapak menggunakan motor. Namun, hal ini yang akan membuat perjalananmu lebih berwarna.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Traveling dengan Bus Jadi Nyaman untuk Anak Kecil

3. Kamu bebas berhenti dan beristirahat di mana saja, terlebih ketika ada momen yang jarang ditemukan

5 Momen yang Hanya Kamu Temukan Ketika Traveling dengan Motor unsplash.com/Harley-Davidson

Bikepacking memberikan keleluasaan padamu untuk berhenti dan beristirahat di mana saja, terlebih ketika kamu melihat pemandangan yang indah di perjalanan. Tiada jadwal keberangkatan yang mengikat membuatmu bebas berhenti sesuka hati, meski sekadar untuk mengambil satu atau dua buah gambar.

Berbeda dengan mereka yang traveling menggunakan kendaraan umum, jadwal yang mengikat akan membuat perjalanan mereka cenderung monoton. Tampaknya, kamu perlu mencoba traveling menggunakan motor yang cocok untuk segala kondisi keuanganmu.

4. Kecelakaan saat berkendara dan aksi pemalakan akan mewarnai perjalananmu

5 Momen yang Hanya Kamu Temukan Ketika Traveling dengan Motor pexels.com/Sourav Mishra

Mengendarai motor selama berjam-jam akan membuatmu lelah dan mengantuk. Untuk itu, kamu harus mewaspadai risiko kecelakaan lalu lintas. Selain itu, kondisi blind spot sering kali menjadi alasan kecelakaan lalu lintas terhadap motor sering terjadi.

Apabila kamu lelah dan kantuk, sebaiknya kamu beristirahat sejenak untuk mengembalikan kondisi dan konsentrasimu. Itu karena banyak dari para bikepacker yang mengalami kecelakaan lalu lintas akibat kelelahan dan rasa kantuk.

Bukan sekadar kecelakaan yang kerap dialami para bikepacker saat berkendara, tapi aksi pemalakan oleh pihak-pihak tak bertanggungjawab akan mewarnai perjalananmu. Hindari tempat-tempat sepi, terlebih ketika malam hari. Jangan lupa berdoa sebelum melakukan perjalanan. Periksa kendaraanmu dan berkendaralah dengan aman, Sobat!

5. Perjalananmu akan lebih asyik jika ditemani pasangan

5 Momen yang Hanya Kamu Temukan Ketika Traveling dengan Motor pexels.com/Dio Alif Utomo

Buat kamu yang sudah memiliki pasangan, tidak ada salahnya untuk mengajak pasanganmu traveling menggunakan motor. Pergi ke tempat-tempat indah akan membuat hubungan kalian semakin hangat dan romantis.

Tentunya, kamu tidak ingin menikmati pemandangan indah seorang diri bukan? Mengajak si dia akan membuatmu lebih nyaman di perjalanan dan lebih hati-hati. 

Kita bebas traveling dengan kendaraan apa pun karena esensi dari traveling yang sesungguhnya ketika kamu bisa menikmati perjalananmu. Tetap menjaga diri ketika traveling. Ingat, ada orang terkasih yang sedang menunggumu di rumah. 

Baca Juga: Ini 5 Alasan Melakukan Traveling dengan Campervan, Lebih Seru!

Ahmad Rifa'i Yusuf N Photo Writer Ahmad Rifa'i Yusuf N

Puisi itu suara rampak yang punya dunianya sendiri untuk diselami lebih dalam - Mahasiswa. Ig: @ahmadrifaiy9

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya