Comscore Tracker

5 Budget Penting yang Harus Disisihkan Saat Liburan Bareng Teman 

Hati senang uang di dompet pun gak hanya tinggal kenangan!

Liburan menjadi kegiatan paling menyenangkan apalagi jika dilakukan setelah melewati tekanan dari pekerjaan atau hal sejenisnya. Dan berkumpul dengan teman-teman juga gak kalah menyenangkan dari liburan. Kalau dua-duanya dikombinasikan, maka terciptalah momen terbaik yang langka terjadi. 

Sayangnya liburan bareng teman kadang bikin kamu jadi lepas kendali dan pulang dengan kondisi keuangan yang tak karuan. Benar gak?

Supaya bisa menghindarinya, yuk coba sisihkan 5 budget penting ini saat liburan bareng teman.

1. Transportasi

5 Budget Penting yang Harus Disisihkan Saat Liburan Bareng Teman unsplash.com/@soedemads

Jangan pergi tanpa rencana yang matang. Kamu harus bisa mendaftar apa saja kebutuhan yang sekiranya nanti diperlukan. Yang pertama dan paling penting ialah transportasi. Sedikit atau banyak destinasi yang mau dikunjungi, transportasi tetap harus dipikirkan.

Jika perjalanan jauh lewat jalur darat, ada baiknya kamu dan teman-teman menyewa mobil. Kalau menggunakan transportasi umum maka pesan tiket promo agar lebih murah dan bukan di akhir pekan atau libur panjang. 

2. Akomodasi

5 Budget Penting yang Harus Disisihkan Saat Liburan Bareng Teman unsplash.com/@guoshiwushuang

Berlibur bersama paling enak tinggal di salah satu rumah teman yang dekat dengan tempat tujuan. Tapi kalau gak ada opsi seperti ini maka mau gak mau kamu harus menyisihkan biaya akomodasi bersama. Kalau mau irit, paling enak sewa airbnb atau villa yang murah. Pastikan juga jangan mematok standar yang tinggi jika ingin harga murah meriah.

Baca Juga: 10 Tips Mudah untuk Vegan Traveler, Dijamin Liburan Tetap Menyenangkan

3. Kuliner

5 Budget Penting yang Harus Disisihkan Saat Liburan Bareng Teman unsplash.com/@adliwahid

Budget ini yang biasanya paling membengkak. Kalau sudah berurusan dengan masalah perut memang paling sulit diabaikan ya.

Nah, tapi kamu sebenarnya bisa lho guys menekan biaya ini dengan cara mematok iuran bersama yang bisa digunakan untuk kebutuhan makanan pokok. Cara lain juga bisa dilakukan dengan sharing makanan berbeda-beda yang dibeli masing-masing. Jadi mau makan enak gak perlu bikin kantong jebol!

4. Belanja

5 Budget Penting yang Harus Disisihkan Saat Liburan Bareng Teman unsplash.com/@thinkdeep

Belanja saat liburan itu gak akan jadi masalah jika kita tahu seberapa batas yang tidak boleh dilanggar. Ada baiknya sisihkan uang belanja untuk keperluan yang sudah kamu catat sebelumnya. Misalnya souvenir buat keluarga, barang-barang lucu yang dibeli kembaran bareng teman, atau barang buat diri sendiri sebagai kenang-kenangan. 

5. Darurat

5 Budget Penting yang Harus Disisihkan Saat Liburan Bareng Teman unsplash.com/@rupixen

Yang terakhir dan gak kalah penting adalah dana darurat. Dana ini harus ada karena di sepanjang liburan gak akan ada yang tahu apa saja hal yang bakal terjadi. Bukan berarti menginginkan hal yang gak menyenangkan muncul, tapi berjaga-jaga lebih baik dari pada panik gak karuan saat kejadian. Sisihkan setidaknya 10% dari budget total liburan. 

Meskipun terlihat sepele dan klasik tapi daftar budget di atas tadi penting banget lho buat ketenangan dompetmu. Jadi liburan gak cuma bikin hati senang tapi kondisi dompet pun tetap tenang!

Baca Juga: Cara Membuat Visa untuk Liburan ke Luar Negeri, Kamu Sudah Punya?

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya