Comscore Tracker

5 Tips Berbelanja Kerajinan Tangan khas Nusantara, Wajib Tahu Nih!

Cintai produk lokal dengan tepat dan benar, guys!

Menjelajahi keindahan alam Nusantara gak lengkap rasanya bila kamu melewatkan oleh-oleh atau buah tangan lokal yang menjadi kerajinan khas #DiIndonesiaAja. Demi mendapat kualitas terbaik, kamu harus tahu bagaimana cara menemukan produk asli yang memiliki nilai seni dan arti yang mendalam. 

Sebelum mulai berbelanja kerajinan tangan khas Nusantara, pastikan kamu mengetahui 5 tips di bawah ini ya, guys!

1. Ketahui apa saja kerajinan lokal yang ada di daerah yang ingin kamu kunjungi

5 Tips Berbelanja Kerajinan Tangan khas Nusantara, Wajib Tahu Nih!unsplash.com/@anggakrnwan

#WonderfulIndonesia memiliki keberagaman budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Di setiap wilayahnya itu pula, tersimpan kerajinan tangan khas yang unik nan menarik. Jadi, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah dengan mengetahui apa saja kerajinan lokal yang ada di daerah yang ingin kamu kunjungi.

Catat dan persiapkan barang apa yang sesuai dengan keinginanmu. Kalau perlu, buat wish list dan daftar belanja yang lengkap ya, guys!

2. Banyak bertanya sambil belajar untuk lebih mengenal dan tahu apa yang ingin dibeli

5 Tips Berbelanja Kerajinan Tangan khas Nusantara, Wajib Tahu Nih!unsplash.com/@ayahya09

Sesampainya di kota tujuanmu, jangan ragu untuk bertanya tentang informasi barang yang ingin kamu beli. Sambil belajar mengenal lebih dalam tentang kekayaan Nusantara, kamu bisa meminta tolong warga lokal atau pedagang kaki lima untuk memberi penjelasannya.

Jika ingin yang lebih lengkap lagi, mendatangi langsung tempat produksi kerajinan itu bisa kamu pilih. Kegiatan jalan-jalan jadi lebih edukatif dan menciptakan pengalaman yang seru. 

Baca Juga: 9 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Labuan Bajo yang Wajib Kamu Bawa Pulang

3. Mendatangi langsung tempat produksinya

5 Tips Berbelanja Kerajinan Tangan khas Nusantara, Wajib Tahu Nih!unsplash.com/@agnisyulia

Nah, poin yang ketiga ini adalah bagian yang paling menantang sekaligus menyenangkan. Di daerah wisata, pasti selalu ada tempat produksi kerajinan tangan yang bisa kamu datangi secara langsung. Mulai dari suasana yang hangat, ramah-tamah penduduk lokal hingga berbagai karya indah khas Nusantara, semua bisa kamu dapatkan di tempat ini.

Kamu gak perlu bingung lagi menentukan destinasi atau menyiapkan biaya liburan mahal ke luar negeri, jika semua pengalaman dan keseruan ini bisa kamu dapatkan di #WonderfulIndonesia. Indonesia memiliki keindahan alam, budaya, kuliner, hingga petualangan seru yang tersebar di lebih dari 17.000 pulau. Luar biasa banget gak, nih?

4. Berkunjung ke tempat oleh-oleh yang terpercaya 

5 Tips Berbelanja Kerajinan Tangan khas Nusantara, Wajib Tahu Nih!unsplash.com/@sandercrombach

Kalau kamu takut membeli oleh-oleh berkualitas rendah atau barang palsu, jangan lupa untuk membelinya di tempat yang terpercaya. Di setiap kota, pasti terdapat tempat oleh-oleh ikonik yang memang menampung karya dan berbagai produk asli dari UMKM.

Berbelanja di tempat terpercaya seperti ini, dijamin bikin kamu puas karena kualitas barang dan pilihannya yang lengkap. Dengan begitu, kamu juga bisa berperan dalam membantu penjualan UMKM. 

5. Gunakan sosial media untuk publikasi dan membantu perkembangan UMKM lokal 

5 Tips Berbelanja Kerajinan Tangan khas Nusantara, Wajib Tahu Nih!unsplash.com/@ariefsans

Dan yang terakhir dan paling penting adalah jangan lupa membagikan kegiatanmu di sosial media. Selain jadi budaya generasi millennials, kegiatan ini juga bisa membantu mempromosikan UMKM dan menjadi wadah diskusi terbuka tentang barang yang kamu beli.

Kamu bisa tetap mengikuti tren sekaligus mencintai produk lokal. Pokoknya, dengan  #DiIndonesiaAja kamu juga sudah bisa menikmati keindahan alam, budaya, serta wisata indah yang memanjakan mata. Namun, jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan saat bepergian jauh via kereta maupun pesawat ya.

#WonderfulIndonesia memang menyimpan sejuta pesona. Hanya #DiIndonesiaAja kamu bisa menemukan beragam destinasi menarik, kuliner eksotik, dan pengalaman liburan unik. Untuk informasi wisata Indonesia lainnya, kamu bisa klik https://www.indonesia.travel

Baca Juga: 8 Oleh-oleh Khas Pasuruan yang Praktis Dibawa Pulang, Rasanya Enak

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya