Comscore Tracker

Tips Penting Motret Selama Travelling, Foto Bakal Estetis!

Catet guys!

Sekarang banyak banget nih orang yang berlomba-loimba memperindah feed instagram mereka, apalagi saat traveling. Potret sana sini agar terlihat kekinian. Nah, biar hasil jepretan selama travelling makin kece dan estetis, simak deh tips dari IDN Times kali ini. Dijamin, jepretanmu selama travelling bakal beda dari lainnya. 

1. Cari yang anti-mainstream.

Tips Penting Motret Selama Travelling, Foto Bakal Estetis!unsplash.com/Andre Benz

Dengan menjamurnya foto-foto di Instagram, apalagi kalau kamu sedang liburan ke tempat yang sama dengan ribuan orang di Instagram. Pastikan untuk foto hal yang tidak banyak orang foto, cobalah untuk memotret dengan perspektif kamu sendiri. Jangan terlalu fokus pada “oh aku harus foto ini, soalnya lagi hits banget.” buang jauh-jauh ya pemikiran seperti itu, yang penting adalah kamu bisa menikmati waktu berlibur kamu. Enjoy momen saat traveling, banyaklah ngobrol dengan orang-orang lokal, dan cicipin makanan lokal khas tempat kamu berlibur. Dari situ kamu akan mendapatkan perspektif yang berbeda dan bisa menghasilkan foto yang bermakna juga.

Untuk masalah angle untuk memotret, kamu juga bisa cari angle lain. Tidak usah berpatokan dengan angle foto yang biasanya orang-orang upload di Instagram. Karena ini adalah perjalanan kamu, bukan orang lain. Belajarlah untuk memotret melalui cara pandangmu sendiri, ya.

2. Detail.

Tips Penting Motret Selama Travelling, Foto Bakal Estetis!Braden Barwich/Unsplash

Hal ini bisa menyenangkan banget buat di foto, detail-detail kecil yang ada di sekitar kamu. Misalnya nih tanda-tanda dalam bahasa asing atau bahasa setempat yang tidak pernah kamu lihat sebelumnya. Kafe kecil yang unik bagimu, cangkir kopi yang kamu nikmatin di tempat kamu berlibur, atau bahkan hal apapun yang belum pernah kamu lihat sebelumnya.

Explore hal-hal yang paling menonjol, potretlah. Karena itu bisa jadi kenangan tersendiri bagimu. Dari sini kamu juga bisa menghargai hal-hal kecil disekitarmu, yang biasanya kamu lewatkan begitu saja. Cobalah untuk lebih peka terhadap sekitar, coba lihat komposisi warna yang akan kamu foto.

3. Kamu tidak harus motret semuanya.

Tips Penting Motret Selama Travelling, Foto Bakal Estetis!unsplash.com/matthaeus

Mungkin ini yang biasanya kamu lakukan kalau traveling, kamu akan memotret banyak sekali objek. Kurangin waktu untuk memotret segalanya, jangan sampai kamu gak menikmati perjalananmu. Selain jadi tambah capek, kamu pun nanti terlalu fokus untuk memilih gambar-gambar, yang pada akhirnya juga semua tidak akan kamu simpan atau upload. Banyak foto yang akan kamu delete juga pada akhirnya.

Ingat, banyak hal yang bisa kamu explore dan nikmatin, daripada harus berlama-lama dibelakang kamera. Dengan begitu, kamu akan hanya memotret hal-hal yang memang kamu suka dan kamu rasa perlu untuk motret. Memang sih, foto itu berharga karena banyak momen yang terpotret, tapi ingat kamu akan mendapatkan pengalaman yang lebih menyenangkan lho daripada harus sibuk motret sana-sini.

4. Pahami kamera kamu dan basic dari memotret.

Tips Penting Motret Selama Travelling, Foto Bakal Estetis!unsplash.com/Adam Hollin

Hal ini terdengar klise sih, tapi penting banget. Kamu gak perlu buang-buang waktu untuk setting kamera kamu saat traveling, hal-hal yang mendasar dari kameramu kamu harus paham ya. Siapkan segala sesuatunya seperti lensa apa saja yang mau kamu bawa, siapkan baterai cadangan dan memory card juga. Jangan sampai sudah disana kamu malah kehabisan memory, ya.

5. Ceritakan sesuatu.

Tips Penting Motret Selama Travelling, Foto Bakal Estetis!pinterest.com/RoxxaneGibbs

Pasti kalian pernah deh lihat majalah traveling dimana foto-fotonya kece-kece banget, dan kamu berpikir “kok gak bisa gini ya foto-fotoku?” Kamu bisa nih belajar banyak dari majalah traveling. Bagaimana majalah itu menceritakan makanan khas disana, gang-gang kecil yang menarik, cerita dibalik graffiti yang ada di jalanan, coba deh terapkan. Kamu akan mendapatkan foto-foto sederhana yang justru bermakna. Tidak melulu motret hal-hal yang mainstram yang ada di kota atau negara itu.

6. Potret juga orang lokal disana.

Tips Penting Motret Selama Travelling, Foto Bakal Estetis!unsplash.com

Motret orang-orang lokal juga bisa lho kamu coba, sekalian berkenalan dengan mereka dan dengar cerita-cerita seru dari mereka.

 

Alvita Wibowo Photo Verified Writer Alvita Wibowo

@alvitawibowo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya