Comscore Tracker

Terkenal Ketat, Ini 5 Trik Mudah Menghadapi Petugas Imigrasi di Jepang

Awas, jangan sampai kena random check

Permasalahan imigrasi adalah kendala yang harus dipikirkan dengan baik sebelum berencana berlibur ke luar negeri. Setiap negara pasti akan memberlakukan aturan keamanan yang ketat. Di Asia, Jepang dikenal sebagai negara yang memiliki aturan keamanan yang sangat selektif.

Aturan ketat di Jepang menjadi hal yang wajar, mengingat tingginya penyelundupan tenaga asing ilegal yang masuk ke sana setiap tahunnya. Nah, jika kamu gak mau terjebak proses pemeriksaan panjang di imigrasi, sebaiknya kamu memerhatikan hal-hal berikut ini.

1. Hindari adu argumen

Terkenal Ketat, Ini 5 Trik Mudah Menghadapi Petugas Imigrasi di Jepangpinterest.com

Ini adalah hal penting yang harus kamu persiapkan sebelum memulai perjalanan ke luar negeri. Sebisa mungkin untuk menghindari adu argumen.

Sebab itu akan membuat petugas semakin curiga kepadamu. Jika petugas mengajukan pertanyaan dan permintaan, lakukan dengan baik selagi sesuai dengan aturan keamanan.

2. Bersikap tenang, percaya diri dan hindari aksesori berlebihan

Terkenal Ketat, Ini 5 Trik Mudah Menghadapi Petugas Imigrasi di Jepangpinterest.com

Kalau ke Jepang adalah pengalaman keluar negeri pertama bagimu, tetaplah bersikap tenang. Tidak hanya di Jepang sih, petugas imigrasi di setiap negara menghargai para pengunjung yang bisa diajak bekerja sama dalam proses pemeriksaan.

Hindari bermain gadget atau menggunakan earphone  di depan petugas, apalagi berfoto.  Kalau kamu berpergian dengan aksesori kepala seperti topi atau syal, sebaiknya kamu melepasnya di depan petugas.

Pasalnya, petugas akan memerhatikan pakaianmu dengan baik. Sehingga, jangan sampai terlihat mencurigakan ya.

3. Jangan ribet dengan barang bawaan

Terkenal Ketat, Ini 5 Trik Mudah Menghadapi Petugas Imigrasi di Jepangjapantmes.co.jp

Ingat, kamu ke luar negeri buat liburan, bukan mudik alias pulang kampung. Minimalisir membawa barang yang tidak begitu dibutuhkan.

Jika petugas melakukan pengecekan dengan berbagai metode, misalnya anjing pelacak, kamu gak boleh merespons berlebihan. Kamu harus tetap membiarkan petugas menjalankan proses pengecekan.

Baca juga: 7 Wahana Sepeda Gantung Terbaik di Indonesia, Asyik Banget!

4. Lengkapi dokumen sebelum turun dari pesawat

Terkenal Ketat, Ini 5 Trik Mudah Menghadapi Petugas Imigrasi di Jepangjapantmes.co.jp

Biasanya, beberapa jam sebelum tiba di bandara tujuan, pramugari akan berkeliling menanyakan apakah kamu akan berlibur ke Jepang atau sedang transit saja. Jika berlibur, maka kamu harus meminta dokumen seperti cosdeclaration  dan disembarkation card for foreigner

Isi berkas ini sejujur mungkin, lebih baik lagi kalau kamu menghafalkan apa yang kamu tulis. Sehingga saat ditanya petugas, kamu tidak gugup. Jangan lupa letakkan paspor dan visamu di tempat yang sama dan mudah dijangkau.

5. Antisipasi random check

Terkenal Ketat, Ini 5 Trik Mudah Menghadapi Petugas Imigrasi di Jepangjapantmes.co.jp

Random check  adalah hal yang sering membuat traveler tertahan dalam waktu yang lama di bandara. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kamu mempersiapkan hasil cetak tiket PP, bukti pemesanan hotel selama di Jepang, daftar rencana destinasi liburan, serta kontak hotel atau temanmu di Jepang.

Jika random check  berlanjut, kamu bakal ditanyai kepemilikan uang tunai lho. Jadi siapkan beberapa uang tunai dalam bentuk yen atau USD. Random check  dapat terjadi kepada siapa saja. Jadi, gak ada salahnya untuk berhati-hati dan lebih mempersiapkan diri.

Nah, itu dia hal yang perlu kamu perhatikan agar liburanmu gak terkena kendala imigrasi. Selamat berlibur dan semoga menyenangkan ya.

Baca juga: Terinspirasi Raisa-Hamish, Inilah 10 Lokasi Liburan Terbaik di India!

 

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You