Comscore Tracker

5 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan sebelum Memesan Hotel, Catat! 

Cari tahu dulu, jangan langsung pesan

Menginap di hotel sudah bukan hal yang baru lagi bagi kita, entah untuk perjalanan bisnis, staycation, hingga liburan. Merencanakan untuk menginap di hotel juga bisa dibilang susah-susah gampang. Ada banyak hal yang wajib untuk diperhatikan sebelum memesannya.

Supaya kamu menginap di hotel dengan nyaman dan gak banyak drama saat liburan, ada baiknya kamu perhatikan sejumlah tips berikut ini. Tanpa berlama lagi, langsung saja intip sejumlah tips yang bisa wajib kamu perhatikan sebelum memesan hotel berikut ini.

1. Lihat ulasan hotel di internet 

5 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan sebelum Memesan Hotel, Catat! ilustrasi membaca ulasan hotel di internet (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sebelum memesan hotel ada baiknya simak terlebih dahulu ulasan yang ada di internet. Kamu juga bisa membaca ulasan mengenai hotel tersebut di aplikasi booking hotel yang akan kamu pakai.

Baiknya jangan tergiur dengan harga yang murah, tapi cermati dulu bagaimana ulasan yang diberikan pada mereka yang menginap sebelumnya. Di sisi lain, membaca ulasan tentang hotel juga akan membantu kamu dalam mengetahui bagaimana kurang lebihnya situasi dan kondisi hotel meski belum pernah menginap sekali pun.

2. Cek fasilitas yang ada pada hotel 

5 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan sebelum Memesan Hotel, Catat! hal yang wajib kamu perhatikan sebelum memesan hotel (vecteezy.com/Antoni Shkraba)

Kini di zaman yang sudah sangat modern, kamu bisa melihat fasilitas hotel selain lewat ulasan di internet juga melihat secara langsung lewat video. Baik di media sosial seperti Instagram, TikTok, hingga YouTube, sudah banyak nih orang yang mulai membagikan pengalaman mereka saat menginap di sebuah hotel.

Hal ini bisa jadi pembanding bagi kamu apakah yang tertera di website atau situs booking online sesuai tidak dengan apa yang ada.  Gak cuma itu, kamu bisa menelepon hotel untuk memastikan fasilitas apa saja yang akan kamu dapatkan nanti.

Baca Juga: 7 Tips Memesan Hotel di Online Travel Agent yang Murah dan Aman 

3. Jangan abaikan lokasi hotel 

5 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan sebelum Memesan Hotel, Catat! ilustrasi lokasi hotel (pexels.com/Asad Photo Maldives)

Hal yang gak kalah penting untuk diperhatikan adalah lokasi hotel. Baiknya kamu mencari tahu terlebih dulu berapa jarak antara hotel dengan bandara, stasiun, atau terminal. Selain itu, perhatikan juga berapa jarak antara hotel dengan destinasi yang ingin kamu kunjungi.

Cari tahu akses transportasi di sekitar dan pastinya mengenai tempat makan apabila kamu memesan hotel tanpa sarapan. Kadang, karena terpaku harga atau foto yang instagramable kita kerap abai mengenai lokasi hotel. Cari tahu terlebih dahulu apakah lokasinya mudah dijangkau, jauh dari pemukiman, dan sebagainya.

4. Cermati cara pembayaran pada situs booking hotel 

5 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan sebelum Memesan Hotel, Catat! ilustrasi cara pembayaran hotel (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Baiknya, sebelum memencet pesan hotel kamu baca dengan baik syarat dan ketentuannya. Sebab, setiap situs booking hotel punya beberapa metode yang berbeda. Kamu bisa membayar langsung via debit, memakai pay later, atau bahkan membayar di hotel.

Sebelum kamu benar-benar memesan, perhatikan pula apakah hotel tersebut bisa di-cancel atau tidak. Kadang, di situs tersebut dipasang harga terbaik namun hotel tanggal kunjungan tidak bisa dibatalkan dan uang tidak dapat di-refund. Baiknya, cermati lagi ya sebelum memesan.

5. Manfaatkan promo yang ada 

5 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan sebelum Memesan Hotel, Catat! ilustrasi promo hotel (pexels.com/Karolina Grabowska)

Selain memesan jauh-jauh hari, memanfaatkan promo dari situs booking hotel, bank, atau pembayaran yang akan kamu pakai atau dari website resmi hotel bisa jadi alternatif untuk menghemat budget. Meski begitu perhatikan pula syarat dan ketentuannya, ya!

Sebab, karena terlalu excited kita sering gak membaca syarat dan ketentuan promo yang belaku. Kadang ada promo 50%+20%, karena saking excited-nya kita langsung berburu hotel tanpa melihat berapa jumlah potongan maksimal. Sebab, gak sedikit yang tanpa membaca langsung menjajal promo tetapi potongannya hanya sedikit. Ini bisa dikarenakan jumlah potongan maksimal yang diberikan hanya Rp200 ribu misalnya.

Well, meski menguntungkan tetap baca syarat dan ketentuan dari promo yang akan kamu pakai, ya!

Itulah tadi sejumlah hal yang wajib kamu perhatikan sebelum memesan hotel. Semoga, tips di atas bisa membantu kamu, ya. Selamat memesan hotel, guys!

Baca Juga: 5 Tips Memilih Hotel Kids Friendly untuk Staycation Keluarga

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya