Comscore Tracker

Liburan Akhir Tahun di Korea? Kamu Wajib Download 10 Aplikasi Ini!

Dari aplikasi peta sampai antar-jemput makanan di Korea

Liburan akhir tahun memang paling pas kalau dinikmati dengan jalan-jalan, baik ke luar atau dalam negeri. Salah satu destinasi luar negeri yang saat ini diminati adalah negara Korea Selatan.

Penuh ragam budaya, tempat wisata kece, serta gudangnya belanja maka tidak heran jika Korea Selatan menjadi salah satu destinasi kaum Millennials menghabiskan liburan.

Selain mempersiapkan bujet sampai bawa kamus Korea, ternyata ada aplikasi di smartphone yang sangat membantu turis saat menghabiskan waktunya di negara Ginseng ini. Penasaran apa saja?

1. Naver Maps

Liburan Akhir Tahun di Korea? Kamu Wajib Download 10 Aplikasi Ini!unsplash.com/Jana Sabeth

Naver Maps diklaim lebih akurat daripada menggunakan Google Maps untuk mencari lokasi di Korea Selatan. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menuliskan nama jalan atau bangunan tujuan. Lalu pemilihan rute dapat dipilih melalui mobil, transportasi umum, sepeda atau pejalan kaki.

Keunggulan lain dari aplikasi ini yaitu tersedianya tampilan street view serta rute bus terdekat menuju tujuan dengan menunjukkan stasiun yang harus dituju serta dilewati.

Pengguna aplikasi tidak diharuskan menulis alamat menggunakan tulisan Korea atau hangul karena aplikasi sudah tersedia dalam bahasa inggris.

2. Kakao Metro

Liburan Akhir Tahun di Korea? Kamu Wajib Download 10 Aplikasi Ini!unsplash.com/Manki Kim

Kakao Metro menyediakan rute kereta serta stasiun yang harus diambil agar sampai tujuan. Selain rute kereta, aplikasi ini juga menyediakan jadwal kereta pertama hingga terakhir setiap harinya. Pengguna bisa memilih rute tercepat atau rute tersimpel hingga prediksi jam kedatangan kereta.

Jangan khawatir bagi pengguna yang tidak bisa membaca tulisan Korea karena aplikasi ini menyediakan fitur tulisan latin untuk setiap nama stasiun.

3. Kakao Taxi

Liburan Akhir Tahun di Korea? Kamu Wajib Download 10 Aplikasi Ini!unsplash.com/Ryoji Iwata

Keunggulan Kakao Taxi yang tersedia dalam bahasa Inggris membuat aplikasi ini sering menjadi pilihan turis jika bingung ketika naik bus atau kereta di Korea Selatan. Aplikasi ini juga menawarkan pembayaran via kartu kredit dan tunai. Daripada menunggu taksi di pinggir jalanan kota, aplikasi ini memungkinkan pengguna menunggu di dalam cafe atau tempat indoor sampai dijemput sopir.

Taksi yang dipesan dapat dipilih berdasarkan kebutuhan. Tersedia taksi wanita dengan sopir perempuan, smartcall taxi untuk kebutuhan taksi darurat, serta general request untuk mencari taksi tersedia di sekitar lokasi pengguna.

Sayangnya jika sedang berada di jam sibuk, pengguna akan merasa sedikit kesulitan mencari taksi yang tersedia.

4. Yogiyo dan Baemin

Liburan Akhir Tahun di Korea? Kamu Wajib Download 10 Aplikasi Ini!unsplash.com/Ian Valerio

Bagi pecinta kuliner yang ingin mencicipi makanan khas Korea tanpa ribet keluar dari penginapan, maka disarankan menggunakan aplikasi Yogiyo atau Baemin.

Jika Indonesia menggunakan fasilitas Gofood dan Grabfood maka warga Korea memakai Yogiyo dan Baemin sebagai aplikasi antar-jemput makanan paling populer di Korea.

5. Gmarket

Liburan Akhir Tahun di Korea? Kamu Wajib Download 10 Aplikasi Ini!unsplash.com/Luke Paris

Gmarket merupakan tempat jual beli online populer di Korea Selatan. Aplikasi ini memudahkan turis yang tidak sempat mengelilingi pusat perbelanjaan Korea dapat membeli banyak barang buatan Korea seperti makeup, skincare, fashion, parfum, hingga merchandise idol kpop.

Pembayaran dalam transaksi di aplikasi ini dilakukan menggunakan kartu kredit dan e-banking. Namun, sayangnya harga barang yang dijual online di Korea terkadang jauh lebih mahal daripada barang di toko.

Baca Juga: Liburan ke Korea Selatan Lebih Hemat, Ini Cara Menghitung Budgetnya

6. Club Pass

Liburan Akhir Tahun di Korea? Kamu Wajib Download 10 Aplikasi Ini!unsplash.com/Luke Paris

Bagi turis asing yang ingin memiliki pengalaman clubbing di Korea dapat membuat reservasi klub di Club Pass. Di aplikasi ini pengguna dapat mencari klub terdekat hingga berbagai lokasi, melihat foto bagian dalam klub, serta informasi terkait sebelum kemudian menentukan tanggal serta jam kedatangan.

7. Ya Nol Ja

Liburan Akhir Tahun di Korea? Kamu Wajib Download 10 Aplikasi Ini!unsplash.com/Bundo Kim

Turis yang belum memesan hotel sebelum datang ke Korea atau terpaksa tinggal lebih lama di lokasi tertentu secara mendadak disarankan menggunakan aplikasi Ya Nol Ja.

Ya Nol Ja menawarkan hotel terdekat di sekitar lokasi pengguna. Aplikasi ini secara otomatis menyesuaikan lokasi pengguna, menampilkan harga hotel, foto, fasilitas hingga jumlah ruangan tersedia di hotel, dan kemudian memberi diskon khusus berupa potongan dari aplikasi.

8. Kakao Driver

Liburan Akhir Tahun di Korea? Kamu Wajib Download 10 Aplikasi Ini!unsplash.com/Dan Gold

Turis yang mengendarai mobil atau kendaraan lain untuk bepergian namun tidak bisa membawa kendaraannya kembali ketika pulang dapat menggunakan Kakao Driver. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menyewa sopir untuk mengendarai kendaraan sendiri menuju tujuan bersama pengguna sebagai penumpang.

9. Google Translate

Liburan Akhir Tahun di Korea? Kamu Wajib Download 10 Aplikasi Ini!unsplash.com/Adli Wahid

Google Translate menjadi aplikasi wajib bagi turis yang tidak bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Korea. Aplikasi ini dapat menerjemahkan tulisan Korea melalui foto, suara, atau diketik secara manual.

Google translate juga menyediakan fitur suara yang memungkinkan hasil terjemahan bahasa dibacakan Google untuk didengarkan secara langsung.

10. Air Visual

Liburan Akhir Tahun di Korea? Kamu Wajib Download 10 Aplikasi Ini!unsplash.com/Jana Sabeth

Air Visual menyediakan perkiraan cuaca, suhu udara, serta kadar polusi udara per distrik di wilayah Korea Selatan yang dikategorikan berdasarkan jam dan warna setiap harinya.

Jika aplikasi menampilkan warna oranye diharapkan orang-orang menggunakan masker. Sedangkan warna merah berarti larangan untuk aktivitas luar ruangan.

Itulah beberapa aplikasi yang disarankan untuk kamu unduh sebelum liburan ke Korea Selatan. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Baca Juga: Horor Habis, Ini 6 Tempat Paling Menakutkan di Korea Selatan 

Lil Syifa Photo Verified Writer Lil Syifa

An ordinary girl who loves boba milk tea and sometimes lost on her own universe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya