Comscore Tracker

Solo Traveling, Simak 5 Cara Ini Agar Kamu Jauh dari Kejahatan Seksual

Catat dan ingat baik-baik ya!

Salah satu prioritas dalam perjalanan adalah keamanan diri sendiri dan salah satu bentuknya adalah keamanan akan kejahatan seksual. Di zaman sekarang baik pria ataupun wanita bisa menjadi target kejahatan secara khusus seksual.

Sudah banyak memang pengalaman buruk yang banyak dibahas di media tentang kejahatan seksual yang menimpa traveler. Salah satunya Grace Millane yang dibunuh setelah habis berkencan saat sedang solo traveling.

Untuk menghindari hal nahas tersebut, tindakan preventif tentu patut dilakukan. Berikut ini contohnya. 

1. Selalu beri kabar

Solo Traveling, Simak 5 Cara Ini Agar Kamu Jauh dari Kejahatan SeksualPexels/bongkarnthanyakij

Usahakanlah terus meng-update bagaimana keadaan kamu di perjalanan. Baik itu kepada orang tua, suami/istri, dan orang-orang terdekat lainnya, apalagi bagi kamu yang harus melakukan perjalanan jauh ke luar pulau atau keluar negeri. 

Jangan lupa meminta nomor telepon lokasi penginapan kamu. Baik itu resepsionis hotel atau agen travel yang kamu bisa percayai dan bisa membantumu dalam keadaan darurat. 

2. Akses penginapan yang terjangkau dan aman

Solo Traveling, Simak 5 Cara Ini Agar Kamu Jauh dari Kejahatan SeksualPexels/JoshHild

Beberapa destinasi wisata memang menyediakan lokasi penginapan. Namun tidak menjamin keamanan pelanggannya seperti losmen atau hostel yang bisa saja jadi target kejahatan orang yang tidak bertanggung jawab. 

Makanya sangat perlu meriset dan mencari ulasan dari orang-orang yang pernah menginap di sana, apakah aman atau sering jadi daerah kriminal. 

Baca Juga: 5 Kenikmatan yang Dirasakan Saat Solo Traveling, Kamu Sudah Pernah?

3. Mabuk + pulang malam = no!

Solo Traveling, Simak 5 Cara Ini Agar Kamu Jauh dari Kejahatan SeksualPexels/MaurícioMascaro

Kamu boleh saja tahu bahwa lokasi penginapan atau daerah wisatamu aman-aman saja. Namun seperti yang disebutkan di atas, kejahatan mustahil berhenti. Untuk itu, hindarilah pulang malam apalagi dalam keadaan mabuk. 

Jika pulang sendirian dengan keadaan sadar bisa dibegal, apalagi dengan keadaan mabuk. Oleh karena itu sebisa mungkin hindari berpesta berlebihan saat sedang solo traveling.

4. Membawa alat perlindungan diri

Solo Traveling, Simak 5 Cara Ini Agar Kamu Jauh dari Kejahatan SeksualPexels/Pixabay

Ini hal yang wajib dan masuk list barang bawaan kamu. Mulai dari eyes spray yang bisa jadi pertolongan pertama untuk jadi alat semprot ke mata pelaku kejahatan, peluit untuk memberikan bunyi, hingga baton stick sebagai alat pukul yang tentunya bisa dengan mudah kamu kantongi.

Semua benda-benda tersebut sangat bermanfaat di waktu emergency. Intinya jangan lupakan membawa benda-benda di atas. Dengan benda kecil tersebut kamu bisa mencari pertolongan hingga menolong dirimu sendiri.

5. Jangan terlalu mudah percaya

Solo Traveling, Simak 5 Cara Ini Agar Kamu Jauh dari Kejahatan SeksualPexels/laleshaldarwish

Sebagai seorang solotraveler, kamu punya insting yang kuat dan wawasan dalam membaca orang-orang yang berada di sekitarmu. Hal ini bermanfaat untuk menghindarkanmu dari beragam hal tidak menyenangkan yang kemungkinan bisa terjadi. 

Itulah lima tips bagi kamu agar terhindar dari kejahatan pelecahan seksual. Selain menerapkan tips tersebut, jangan lupa untuk selalu waspada di mana pun kamu berada dan ke mana pun kamu pergi.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Harus Mencoba Solo Traveling, Lebih Bebas dan Seru!

Basri Pakpahan Photo Verified Writer Basri Pakpahan

Pekerja Teks Komersial

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya