Comscore Tracker

9 Tip Mudah Menghemat Uang Saat Melakukan Perjalanan Wisata

Traveling jadi lebih mudah

Ketika melakukan perjalanan, hal yang paling memusingkan adalah mengurus keuangan. Apalagi ketika sedang melakukan perjalanan atau bahkan saat ingin pulang. Hal ini bisa saja disebabkan uang yang dibawa kurang dari yang diprediksi, ada biaya tak terduga, atau adanya banyak destinasi yang ingin dikunjungi.

Berdasarkan This Insider, ada beberapa cara untuk menghemat uang ketika melakukan perjalanan. Ini dia penjelasannya.

1. Catat tujuan wisata yang ingin kamu kunjungi

9 Tip Mudah Menghemat Uang Saat Melakukan Perjalanan WisataPixabay.com/Free-Photos

Sebelum pergi traveling, sebaiknya memang dicatat lebih dahulu destinasi mana saja yang ingin kamu kunjungi. Susun itinerary yang sesuai dengan bujet. Lakukan pula riset mengenai biaya hidup di sana sehingga bujet yang kamu persiapkan benar-benar cukup.

2. Rencanakan jadwal penerbangan dengan bijak

9 Tip Mudah Menghemat Uang Saat Melakukan Perjalanan WisataPixabay.com/Pexels

Saat memulai liburan, sebaiknya pilih hari di mana banyak orang lain tidak punya jadwal libur. Misalnya berangkat di hari selasa dan pulang di hari kamis. Hal ini akan memudahkanmu untuk menghemat bujet.

3. Pilih penerbangan di pagi hari

9 Tip Mudah Menghemat Uang Saat Melakukan Perjalanan WisataPexels.com/Myburgh

Ketika memesan penerbangan, perhatikan pula waktu keberangkatan. This Insider menjelaskan bahwa waktu penerbangan di pagi-pagi benar sering kali lebih murah daripada waktu penerbangan siang ataupun malam hari.

Meskipun butuh effort, hal ini akan membantumu untuk uang yang bisa kamu gunakan untuk keperluan lain.

4. Rencanakan liburan saat "dead week"

9 Tip Mudah Menghemat Uang Saat Melakukan Perjalanan WisataPexels.com/Jason

Dead week adalah minggu di tanggal 2 Januari hingga 15 Januari, menurut NBC. Di hari-hari ini banyak orang yang sudah usai melakukan liburan sehingga harga tiket transportasi dan akomodasi lebih murah. Selain itu tempat-tempat wisata pun jadi lebih sepi sehingga kamu akan lebih menikmati liburan.

Baca Juga: 5 Tips Aman Membawa Kamera Saat Sedang Traveling, Biar Makin Asyik!

5. Berlangganan news letter maskapai

9 Tip Mudah Menghemat Uang Saat Melakukan Perjalanan WisataPexels.com/malcolm garret

Berlangganan news letter sebuah maskapai penerbangan bisa menguntungkanmu. Sebab di dalam news letter ini banyak penawaran diskon berupa kode promo yang kamu ketahui lebih cepat daripada mereka yang tidak berlangganan news letter tersebut.

Selain promo, dengan membeli tiket di situs maskapai tersebut, maka kamu bisa mendapatkan poin yang bisa di-redeem dengan banyak keuntungan di belakangnya.

6. Follow media sosial seluruh maskapai

9 Tip Mudah Menghemat Uang Saat Melakukan Perjalanan WisataPexels.com/Pixabay

Cara lain untuk tetap mendapatkan informasi terbaru tentang penawaran perjalanan adalah dengan mengikuti situs perjalanan di platform sosial mereka, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. 

Menurut tarif Go Banking, beberapa maskapai penerbangan terkadang akan memiliki penjualan kilat untuk penerbangan selanjutnya yang dapat memungkinkan kamu untuk mendapatkan tiket murah ketika membaca informasi di media sosial mereka.

 

7. Pertimbangkan kapal pesiar untuk transportasi perjalanan kamu

9 Tip Mudah Menghemat Uang Saat Melakukan Perjalanan WisataPixabay.com/Ed Judkins

Kapal pesiar memang bukan untuk semua orang. Tetapi menurut Go Banking, beberapa jalur pelayaran menawarkan diskon jika sebuah kapal belum menjual banyak kamar untuk keberangkatan yang akan datang. 

Jadi, jika kamu berminat untuk liburan di menit terakhir yang murah dan tidak keberatan menghabiskan waktu di atas kapal, periksa jalur pelayaran di daerah mana kamu bisa mengikutinya dan tentunya mendapatkan diskon tiket. 

 

8. Coba juga naik kereta api untuk perjalanan wisata yang mudah dijangkau. Pasti lebih murah!

9 Tip Mudah Menghemat Uang Saat Melakukan Perjalanan WisataPixabay.com/Shutterbug75

Naik kereta api bisa lebih murah dibanding naik pesawat. Jika sering memperhatikan perbedaan harga tiket pesawat dan tiket kereta di beberapa aplikasi, harga tiket kereta api bisa lebih murah Rp500 ribu. 

Opsi ini bisa dipilih oleh kamu yang traveling dengan waktu lama.

9. Lakukan perjalanan ringan tanpa membawa banyak barang

9 Tip Mudah Menghemat Uang Saat Melakukan Perjalanan WisataPixabay.com/Yong

Penerbangan tanpa biaya bagasi tentu akan lebih murah, terutama bagi kamu yang memiliki maskapai lowbudget. Selain lebih murah, kamu juga tidak akan diribeti dengan banyaknya barang bawaan. Perjalanan akan terasa lebih ringan dan enteng.

Nah, itulah trik yang bisa kamu lakukan untuk menghemat uang ketika ingin melakukan perjalanan. Jika memang benar-benar bertekad untuk melakukan perjalanan, pasti banyak cara masuk akal yang bisa kamu usahakan, termasuk berhemat. Semoga trik atas bisa membantumu yang sering traveling.

Baca Juga: 8 Tips Traveling Aman dan Nyaman Saat Musim Hujan, Gak Bikin Crancky!

Cahaya Padang Photo Writer Cahaya Padang

We have only today, Let us begin!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya