Comscore Tracker

Rawat Keindahan Bawah Laut Raja Ampat untuk Masa Depan, Ini Caranya

Gak cuma menikmati tapi juga merawat!

Sebagai negara kepulauan, sudah pasti Indonesia punya banyak pantai dan laut dengan berbagai keindahan di dalamnya. Salah satunya, Raja Ampat yang berlokasi di Papua Barat. Tak hanya menyuguhkan lanskap yang cantik, tapi lokasi wisata ini juga merupakan rumah bagi berbagai jenis biota laut dan diketahui ada 450 jenis terumbu karang lho!

Nah, agar kamu dan generasi selanjutnya masih bisa menikmati keindahannya, kita wajib menjaganya. Melalui Instagram Live yang bertajuk “Keindahan Alam Bawah Laut yang Lebih Mempesona di Masa Depan”, Citra bekerja sama dengan IDN Times mengundang Dr. Miftahul Huda, M.Si selaku Direktur Jasa Kelautan Ditjen Pengelolaan Ruang Laut KPP, Syifa Fauziyyah, S.Tr.Par selaku Ecotourism Specialist dan representatif Yayasan Terumbu Karang Indonesia (TERANGI) serta Ayla Dimitri selaku content creator.

Instagram Live yang diadakan pada hari Selasa (8/6) berlangsung seru lho. Para pembicara membahas secara detail beberapa langkah bisa kamu lakukan untuk menjaga keindahan alam bawah laut. Penasaran? Simak lebih lanjut yuk!

1. Datang dan nikmati langsung keindahannya, kamu bakal rela untuk menjaganya!

Rawat Keindahan Bawah Laut Raja Ampat untuk Masa Depan, Ini CaranyaInstagram Live Citra #LestarikanCantikIndonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Miftahul Huda menjelaskan jika ingin mengetahui keindahan di Raja Ampat, masyarakat bisa mengunjunginya secara langsung dan rasakan sendiri pesona alamnya. Melihat dari topologi dan geomorfologinya, Raja Ampat memang indah. Keindahan laut, keramahtamahan warga sekitar, budaya serta makanannya bisa dinikmati. 

Ayla Dimitri juga sependapat, ia bercerita bahwa sudah dua kali traveling ke Raja Ampat dan ingin kembali lagi. “Memang benar, Raja Ampat harus dinikmati secara langsung. Karena it’s very majestic, terutama pulau-pulau yang terbentuk dari gunung-gunung vulkanik. Selain itu, keindahan underwater-nya, kamu bisa lihat biota-biota laut secara langsung,” ungkap Ayla.

Baca Juga: Walau di Rumah, Kamu Tetap Bisa Rasakan Sensasi dari 5 Tempat Ini Lho

2. Lindungi 450 jenis terumbu karang yang ada di Raja Ampat beserta ekosistemnya

Rawat Keindahan Bawah Laut Raja Ampat untuk Masa Depan, Ini CaranyaProgram penanaman terumbu karang (YouTube/IDN Times)

Menurut Syifa selaku perwakilan dari Yayasan TERANGI, Raja Ampat merupakan lokasi yang kaya dengan berbagai jenis terumbu karang. Manfaat terumbu karang ini sangat banyak. Mulai dari segi sosial, ekonomi, masyarakat serta ekologi. Seperti kegiatan pariwisata, kegiatan perikanan dan sebagainya.

Aksi nyata akan dilakukan oleh Yayasan TERANGI sebagai mitra Citra dalam rangka kampanye #LestarikanCantikIndonesia untuk melestarikan terumbu karang yang ada di Raja Ampat. Tepatnya di Pulau Urai aktivitas ini akan dilaksanakan dengan melibatkan wanita dan masyarakat sekitar untuk melakukan penanaman.

Selain itu, Miftahul Huda juga menambahkan manfaat terumbu karang ini secara alamiah juga bisa sebagai pelindung atau barrier ketika ada gelombang. “Ketika terumbu karang tidak ada, maka pantai akan terlihat kotor, abrasinya tinggi dan sebagainya. Jika kita melestarikan terumbu karang, maka ikan akan melimpah sehingga nelayan akan mudah mencari ikan,” jelasnya.

3. Ketahui faktor penyebab terumbu karang rusak dan mencari solusinya

Rawat Keindahan Bawah Laut Raja Ampat untuk Masa Depan, Ini CaranyaInstagram Live Citra #LestarikanCantikIndonesia (YouTube/IDN Times)

Kerusakan terumbu karang ini bisa disebabkan oleh faktor antropogenik dan perubahan iklim. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kelestariannya, terutama di Raja Ampat. Bukti nyata telah dilakukan oleh Yayasan TERANGI yang menjadi mitra dari kampanye Citra terkait dengan Gerakan #LestarikanCantikIndonesia yang melakukan kegiatan pelestarian alam di bawah laut dengan penanaman 500 bibit terumbu karang.

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk menyelamatkan kawasan Raja Ampat di beberapa lokasi yang kondisinya rusak. Namun, TERANGI juga ingin meningkatkan partisipasi dari masyarakat yang akan dilibatkan untuk pembuatan instalasi media penanaman hingga perawatan. Harapannya, hal ini juga bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar.

4. Kontribusi nyata bisa kamu lakukan dari sekarang, simpel dan gak ribet!

Rawat Keindahan Bawah Laut Raja Ampat untuk Masa Depan, Ini CaranyaInstagram Live Citra #LestarikanCantikIndonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Buat kamu yang masih belum siap untuk traveling karena pandemik tapi ingin berkontribusi untuk ikut melestarikan terumbu karang, ada cara yang gampang nih!

Citra yang bekerja sama dengan TERANGI telah menyediakan 500 bibit terumbu karang yang bisa diadopsi. Saat kamu menggunakan produk Limited Edition Citra Citra Cantik Indonesia, kamu dapat berdonasi untuk kegiatan pelestarian lingkungan khususnya terumbu karang di Raja Ampat bersama TERANGI. 

Kegiatan ini akan dilakukan dalam 2 periode, yaitu pada bulan Juni dan Juli 2021. Dampak dari kegiatan ini nantinya bisa meningkatkan partisipasi masyarakat, memberikan alternatif pendapatan untuk masyarakat. Selain itu, juga menyediakan habitat pada hewan yang tinggal di sekitar terumbu karang, serta peningkatan kualitas ekosistem terumbu karang.

Tak hanya itu aja, rangkaian kegiatan Gerakan #LestarikanCantikIndonesia juga telah menanam 500 bibit pohon cemara di Gunung Bromo bersama National Geographic Indonesia dan Forum Sahabat Gunung, serta 500 bibit mangrove di Bali bersama Seasoldier. 

Nah, setelah membaca artikel ini apakah kamu siap ikut menjaga kelestarian terumbu karang di Raja Ampat? Yuk, tunjukkan kontribusi nyatamu! (WEB)

Baca Juga: Lestarikan Cantik Gunung Bromo, Ini 5 Langkah Citra Ajak Anak Muda 

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya