Comscore Tracker

9 Alasan Kenapa Liburan ke Bali Saat Perayaan Nyepi Itu Seru Banget

Jangan lewatkan momen seru yang cuma ada saat Nyepi

Selain destinasi wisatanya, budaya tradisional Bali juga menjadi hal yang menarik bagi para wisatawan. Termasuk perayaan besar di Pulau Dewata ini, yakni Nyepi. Hari Raya Nyepi memiliki keistimewaan sendiri, karena semua aktivitas dibatasi sejak malam sebelumnya sampai keesokan harinya.

Meski aktivitas warganya dibatasi, wisatawan tetap bisa liburan ke Bali. Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus ke Bali saat perayaan Nyepi. 

1. Ada paket promo hotel

9 Alasan Kenapa Liburan ke Bali Saat Perayaan Nyepi Itu Seru Bangetpinterest.com/organicallymade

Saat Nyepi, hotel-hotel di Bali kerap menawarkan paket menginap, lho! Biasanya sudah termasuk sarapan, makan siang, dan makan malam.

Selain itu, dilengkapi pula diskon khusus untuk melakukan aktivitas menarik di dalam hotel, seperti spa atau yoga. One stop entertainment ya!

2. Bisa menikmati udara Bali yang lebih bersih dan segar

9 Alasan Kenapa Liburan ke Bali Saat Perayaan Nyepi Itu Seru Bangetpinterest.com/polkadotpp

Ketika perayaan Nyepi selesai, kamu bisa merasakan udara Bali yang lebih bersih dan segar. Sebab, selama Nyepi, gak ada kendaraan bermotor selama kurang lebih 24 jam, sehingga udara jadi lebih segar, gak terkontaminasi polusi. 

3. Pantai yang sepi setelah perayaan Nyepi

9 Alasan Kenapa Liburan ke Bali Saat Perayaan Nyepi Itu Seru Bangetpinterest.com/1inalifejourney

Kalau biasanya pantai-pantai di Bali selalu ramai pengunjung, kondisi berbeda bisa kamu dapatkan sehari setelah Nyepi. Nah, kalau mau menikmati suasa pantai yang sepi, waktu yang tepat adalah saat pagi hari setelah Nyepi. Cocok banget buat tempat menghilangkan penat, nih. 

4. Menyaksikan pawai ogoh-ogoh

9 Alasan Kenapa Liburan ke Bali Saat Perayaan Nyepi Itu Seru Bangetpinterest.com/jldweb

Salah satu ritual tradisional Bali menjelang Nyepi adalah upacara Ngrupuk. Salah satu kegiatan upacara ini adalah menerangi rumah dan seluruh pekarangan dengan obor untuk mengusir Buta Kala, simbol kejahatan.

Setelah itu, dimeriahkan dengan pawai ogoh-ogoh berupa patung Buta Kala yang diarak keliling desa. Setelah acara selesai, Buta Kala akan dibakar untuk mengusir kejahatan.

5. Melihat langit malam yang penuh bintang

9 Alasan Kenapa Liburan ke Bali Saat Perayaan Nyepi Itu Seru Bangetpinterest.com/youpicworld

Karena gak ada aktivitas sepanjang hari selama Nyepi, polusi udara pun berkurang. Sehingga bintang di langit akan terlihat terang dan sangat indah.

Buat kamu pencinta astrofotografi, pasti menantikan momen indah ini. Kamu bisa menyaksikan langit malam yang penuh bintang dengan mata telanjang dari jendela hotel. 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Hits di Bali, Jujugan Favorit Para Turis

6. Bisa menikmati fasilitas hotel sepuasnya

9 Alasan Kenapa Liburan ke Bali Saat Perayaan Nyepi Itu Seru Bangetpinterest.com/travelmsa

Meskipun warga Bali sedang merayakan Nyepi, tapi wisatawan boleh beraktivitas di dalam hotel. Yang terpenting, jangan membuat gaduh atau menimbulkan keributan ya! Sebagai wisatawan, kamu harus menjaga sikap supaya gak mengganggu ketenangan ibadah warga Bali. 

Kamu bisa menggunakan fasilitas hotel sepuasnya. Karena fasilitas hotel jadi lebih sepi, kamu bisa merasa lebih nyaman dan terasa memiliki hotel pribadi. Seru banget, kan?

7. Menyaksikan tradisi unik omed-omedan

9 Alasan Kenapa Liburan ke Bali Saat Perayaan Nyepi Itu Seru Bangetpinterest.com/dyaniratha

Setelah perayaan Nyepi selesai, ada perayaan unik yang bisa kamu saksikan di Bali. Omed-omedan merupakan upacara tahunan yang digelar pemuda-pemudi Bali yang belum menikah.

Prosesi dimulai dengan ibadah bersama untuk meminta keselamatan. Setelah itu, peserta akan dibagi kelompok sesuai jenis kelamin.

Peserta akan diarak dan saling berhadapan. Setelah dinyatakan mulai, pemuda dan pemudi yang berada di barisan depan akan saling berpelukan, tarik-menarik, dan berciuman sambil disiram air. Tradisi ini bertujuan untuk memperkuat rasa asah, asih, dan asuh antar warga.

8. Menyaksikan Upacara Melasti

9 Alasan Kenapa Liburan ke Bali Saat Perayaan Nyepi Itu Seru Bangetpinterest.com/carlottersen

Upacara Melasti biasanya dilakukan sebelum Nyepi. Melasti merupakan upacara penyucian diri dengan menghanyutkan kotoran menggunakan air alami seperti laut. Upacara ini dilakukan di pinggir pantai dengan tujuan menyucikan diri dari segala perbuatan buruk di masa lalu dan membuangnya ke laut. 

Selain melakukan ibadah, mereka juga akan membersihkan benda sakral yang ada di pura. Benda-benda tersebut akan diarak keliling desa sambil membawa sesajian.

9. Tips yang bisa kamu terapkan

9 Alasan Kenapa Liburan ke Bali Saat Perayaan Nyepi Itu Seru Bangetpinterest.com/fourseasons

Ada beberapa tips yang bisa  kamu terapkan kalau mau liburan ke Bali saat perayaan Nyepi, antara lain:

  • Sebaiknya datang satu hari sebelum Nyepi, karena Bandara Ngurah Rai tutup total saat Nyepi.
  • Wisatawan yang datang ke Bali saat Nyepi tetap dapat beraktivitas di dalam lingkungan hotel. Jadi, pastikan memilih hotel dengan fasilitas yang nyaman. 
  • Siapkan uang tunai secukupnya, karena ATM akan offline sehari sebelum Nyepi.
  • Hargai warga sekitar dengan mematikan lampu kamar dan gak menimbulkan kegaduhan di kamar hotel. 
  • Jika tiba-tiba sakit saat Nyepi, segera melapor ke petugas hotel untuk menelepon rumah sakit terdekat dan memanggil ambulans. Karena cuma ambulans yang diizinkan bepergian selama Nyepi.

Itulah beberapa alasan dan tips jika ingin liburan ke Bali saat Nyepi. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 9 Tempat Wisata di Bali yang Cocok Dikunjungi Bareng Orangtua

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya