Comscore Tracker

5 Tips Traveling bersama Drone, Pahami biar Gak Rugi

Siap menerbangkan drone saat liburan?

Drone merupakan salah satu alat dokumentasi yang sangat menarik. Pengambilan gambar yang berkualitas dan kesan mewah membuat drone digandrungi sebagian orang. 

Selain untuk mendokumentasikan, drone juga menciptakan kesan tersendiri bagi penggunanya. Sebagian orang menggunakan drone untuk tujuan rekreasi hingga hanya untuk bersenang-senang. 

Namun, alat yang satu ini perlu perhatian khusus, terutama saat membawanya untuk bepergian atau liburan. Nah, buat kamu yang sudah siap menerbangkan drone, simak dulu beberapa hal yang harus kamu pahami berikut ini!

1. Perhatikan ukuran baterai drone

5 Tips Traveling bersama Drone, Pahami biar Gak RugiIlustrasi peralatan drone (unsplash.com/dose)

Jika kamu akan bepergian dengan pesawat, sebaiknya mengosongkan daya baterai dan lepaskan dari drone. Bawa baterai ke dalam kabin pesawat untuk menghindari insiden yang terjadi.

2. Periksa aturan penerbangan setempat sebelum pergi

5 Tips Traveling bersama Drone, Pahami biar Gak RugiIlustrasi mulai menerbangkan drone (unsplash.com/dyana)

Selain itu, pastikan untuk memperhatikan aturan penerbangan dan fotografi setempat. Lebih baik jika kamu mengajukan izin terlebih dahulu sebelum menerbangkan drone. 

Sebab, beberapa daerah memiliki aturan tersendiri mengenai penerbangan drone. Jika kamu gak mencari tahu terlebih dulu, maka bisa dianggap ilegal. 

3. Siapkan rencana penerbangan drone

5 Tips Traveling bersama Drone, Pahami biar Gak RugiIlustrasi menerbangkan drone (unsplash.com/ianebaldwin)

Sebaiknya kamu mencari tahu karakteristik medan setempat. Periksa cuaca, pepohonan, hingga bangunan tinggi sebelum menerbangkan drone. Cara ini untuk mengurangi risiko kesulitan mencari drone yang hilang akibat kondisi yang gak menentu. 

Baca Juga: 10 Kebiasaan yang Dinilai Sangat Mengganggu di Pesawat, Menyebalkan!

4. Waktu terbaik

5 Tips Traveling bersama Drone, Pahami biar Gak RugiIlustrasi drone (unsplash.com/jeisblack)

Sebenarnya, gak ada waktu terbaik untuk menerbangkan drone. Karena hal ini bergantung pada kebutuhan kamu sendiri. Namun, hal utama yang harus diperhatikan adalah cuaca, karena memengaruhi pencahayaan.

5. Siapkan peralatan cadangan

5 Tips Traveling bersama Drone, Pahami biar Gak RugiIlustrasi drone untuk traveling (unsplash.com/aaronburden)

Untuk antisipasi kerusakan, sebaiknya kamu membawa peralatan drone cadangan. Salah satunya seperti baling-baling cadangan. Selain itu, pastikan kamu sudah siap dengan repair kit, sehingga bisa langsung diperbaiki saat drone mengalami gangguan. 

Itulah beberapa tips sebelum liburan dengan drone. Pastikan kamu sudah menyiapkan beberapa hal penting ini supaya bisa menerbangkan drone dengan lancar dan aman. Siap bertualang?

Baca Juga: 10 Hal Unik yang Ditemukan di Bandara dan Pesawat, Menarik Banget!

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya