Comscore Tracker

Tips Traveling dan Rekomendasi Wisata di Yogyakarta ala Mas Dolan

Wajib tahu hal ini biar liburan maksimal di Yogyakarta

Bagi sebagian orang, Yogyakarta menjadi destinasi yang spesial. Selain dijuluki Kota Gudeg, Yogyakarta juga dijuluki Kota Wisata, lho. 

Mungkin Yogyakarta menjadi salah satu destinasi impianmu, bahkan destinasi favoritmu. Selain terkenal dengan biaya hidup yang murah, Yogyakarta juga memiliki segudang daya tarik yang gak boleh kamu lewatkan.

Travel influencer, Satria Kurnia Jaya, atau lebih dikenal sebagai Mas Dolan berbagi tips traveling dan rekomendasi wisata di Yogyakarta dalam segmen IG Live #NgobrolSeru Mbolang ke Yogyakarta bareng Mas Dolan di IDN Times pada Kamis (30/06), kemarin. Seperti apa, selengkapnya simak informasi di bawah ini, ya!

1. Tips solo traveling

Tips Traveling dan Rekomendasi Wisata di Yogyakarta ala Mas DolanIlustrasi liburan di Bukit Pengilon (instagram.com/dolan.aja)

Jika kamu memerhatikan, konten-konten di Instagram @dolan.aja identik dengan solo traveling. Cara ini bisa menjadi pilihan tepat buat kamu yang ingin liburan sendiri.

Menurut Mas Dolan, solo traveling bakal seru untuk dilakukan dan terasa lebih nyaman, terutama bagi kamu yang ingin membuat konten. "Mungkin karena kondisinya gak memungkinkan, aku lebih suka solo traveling. Kalau sama teman lebih cocok untuk menikmati momen daripada ngonten," ucap pria yang tinggal di Yogyakarta ini.

Solo traveling juga dinilai lebih cepat dan fleksibel. "Kalau sendiri lebih cepet bikin konten, jadi gak mempertimbangkan keinginan orang lain dan lebih fleksibel, makanya aku pilih solo traveling," katanya.

Jika kamu tertarik untuk solo traveling seperti Mas Dolan, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan. Mulai dari uang yang cukup, tripod, botol minum, dan camilan yang mengenyangkan. Karena kalau kamu traveling di alam, akan lebih sulit menemukan warung makan. 

2. Menjaga alam saat traveling itu penting

Tips Traveling dan Rekomendasi Wisata di Yogyakarta ala Mas DolanPotret Mas Dolan liburan di pantai (instagram.com/dolan.aja)

Selain itu, Mas Dolan menyatakan kalau menjaga alam saat traveling itu penting. Ia mengingatkan untuk selalu membawa pulang sampah, terutama saat traveling di alam. "Sampahnya jangan lupa dibawa pulang, karena kita harus menjaga lingkungan," tuturnya. 

Wisata hidden gem menjadi salah satu destinasi yang hits. Namun, kerap ramai pengunjung dan menimbulkan banyak sampah. Mas Dolan menyatakan kalau dirinya senang saat melihat tempat wisata yang ramai, tetapi banyak yang mengabaikan soal etika di tempat wisata. 

"Senang karena bisa membantu perekonomian masyarakat sekitar, tetapi kita gak bisa mengatur sikap wisatawan yang datang, apalagi yang sikapnya kurang bagus ke alam, kalau cinta alam aku yakin etikanya juga bagus, sampahnya pasti di bawa pulang," katanya.

Mas Dolan menyarankan kita harus menjaga keindahan alam dan jangan sampai merusak daya tarik di sana. Menurutnya, kalau kita semua bisa ikut mengingatkan orang untuk membuang sampah yang benar, maka dampaknya bisa sangat bagus. 

3. Cara dapat momen yang indah saat traveling

Tips Traveling dan Rekomendasi Wisata di Yogyakarta ala Mas DolanIlustrasi liburan ke air terjun (instagram.com/dolan.aja)

Konten-konten di Instagram @dolan.aja terlihat sangat menarik. Hal ini membuat para pengikutnya betah untuk scroll di dalam akunnya. 

Mungkin kamu juga bertanya-tanya bagaimana ia bisa mendapatkan momen-momen terbaik. Mas Dolan menyatakan kalau momen terbaik bergantung pada kondisi alam. Saat musim kemarau, ia menyarankan untuk liburan ke daerah Bantul atau Kedung Jati. 

Selain itu, wajib memperhatikan cuaca. '"Selain melihat perkiraan cuaca, aku suka mengamati cuaca sendiri, bisa dikira-kira kalau cuacanya bagus cocoknya ke mana, atau kalau mendung berarti aku hanya bisa ke wisata indoor," jelasnya.

Mas Dolan juga memberi tahu tips liburan ke wisata alam biar dapat momen yang bagus. "Supaya gak zonk, kalian harus tahu dulu waktu yang tepat, misalnya ke air terjun saat kemarau, ya gak ada airnya," ucap pria yang berusia 25 tahun ini. 

Setelah tahu cara mendapatkan momen yang indah, kita juga perlu menggunakan peralatan konten yang mendukung. Biasanya Mas Dolan hanya membawa beberapa barang yang praktis, yakni ponsel, tripod, dan bluetooth. 

Baca Juga: [QUIZ] Member EXO Kesayanganmu Ungkap Wisata Yogyakarta yang Cocok untukmu!

4. Rekomendasi wisata Yogyakarta untuk pemula

Tips Traveling dan Rekomendasi Wisata di Yogyakarta ala Mas DolanIlustrasi piknik di Candi Abang (instagram.com/dolan.aja)

Untuk wisatawan yang baru pertama kali ke Yogyakarta, Mas Dolan punya beberapa rekomendasinya. "Kalian bisa ke daerah kota dulu, seperti Jalan Malioboro, lalu ada Angkringan Pak Tomi, kalau sore pemandangannya cantik. 

Selain itu, Yogyakarta juga memiliki beberapa museum dan pameran yang gratis. Cocok buat kamu yang ingin merasakan suasana kental khas Yogyakarta.

Kalau ingin ke pantai, kamu bisa berkunjung ke Pantai Parangtritis, Pantai Depok buat makan seafood, atau Bukit Paralayang yang bagus untuk melihat sunset.

Yogyakarta juga memiliki beberapa tempat piknik yang bagus, seperti Potrobayan River Camp atau Candi Abang. Untuk tempat wisata lainnya, kamu bisa cek Instagram @dolan.aja.

5. Tips liburan di Yogyakarta

Tips Traveling dan Rekomendasi Wisata di Yogyakarta ala Mas DolanPotret liburan ala Mas Dolan (instagram.com/dolan.aja)

Selain memberikan rekomendasi tempat wisata Yogyakarta, Mas Dolan juga berbagi beberapa tips wisata di Yogyakarta. Khususnya buat kamu yang ingin menghindari tempat yang ramai. 

"Sebaiknya memang saat weekday, tetapi kalau ingin yang agak sepi kita harus ke tempat yang tersembunyi dan butuh usaha lebih, seperti trekking atau melewati medan yang sulit," ucapnya.

Sebagai pencinta alam, Mas Dolan lebih senang trekking terlebih dahulu untuk datang ke tempat wisata yang sepi. "Dijamin sepi kalau pergi ke tempat tersembunyi saat weekday," jelasnya. 

Itu dia sharing tips dan rekomendasi wisata Yogyakarta ala Mas Dolan. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu yang pertama kali liburan ke Yogyakarta, atau seorang perantau yang tinggal di Yogyakarta. 

Baca Juga: 10 Wisata Yogyakarta untuk Trekking, Dibuat Takjub dengan Alamnya   

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya